gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Tren Baru di Dapur: Sistem The Kitchen Work Triangle

Mon Jul 08 2024

Tren Baru di Dapur: Sistem The Kitchen Work Triangle

Mon Jul 08 2024


Semua orang pasti ingin dapur di rumahnya nyaman, baik itu beriringan sejak tempat tinggal dibangun ataupun saat melakukan renovasi dapur.

Tata letak adalah salah satu kunci kenyamanan dari sebuah dapur. Dan ternyata, tata letak perangkat utama dapur itu ada sistemnya, bukan asal taruh di sana sini aja. Desain tata letak inilah yang bikin aktivitas di dapur jadi lebih efisien. Bicara tentang sistem tata letak yang paling populer digunakan saat ini, misalnya saja seperti triangle kitchen (the kitchen work triangle)

banner-maintenance copy.png

Apa itu Triangle Kitchen?

Ketika melakukan aktivitas di dapur, tidak disadari aktivitas kita berputar pada tiga area. Yaitu area menyiapkan makanan (meja dan bak cuci piring), area memasak, dan tempat menyimpan makanan (kulkas). Ketiga faktor ini adalah komponen triangle kitchen. Secara sederhana, triangle kitchen adalah sistem segitiga di dapur yang mengefisiensikan 3 area dalam aktivitas dapur (memasak, menyiapkan makanan, dan menyimpan makanan).

Baca juga: Cek aneka model railing tangga yang estetik 2023

kitchen triangle.jpg

[sumber: unsplash.com, Dylan James - R Architect]

Secara lengkap, The Kitchen Work Triangle atau Triangle Kitchen adalah konsep desain tata letak yang dapat membantu menciptakan penggunaan ruang dapur yang efisien. Menurut sistem segitiga ini, area memasak, menyiapkan dan menyimpan makanan harus didesain membentuk pola segitiga. Pola segitiga ini dibentuk atas dasar efisiensi waktu dan tenaga, karena ketiga kegiatan ini saling berhubungan dan meminimalisir gerakan bolak-balik dari antar area kegiatan. 

Baca juga: Memilih Keramik Backsplash di Dapur? Jangan Salah Jenis!

Apakah Sistem Triangle Kitchen Masih Digunakan?

Meskipun banyak hal telah berubah sejak tahun 1940-an, prinsip sistem triangle kitchen masih berlaku hingga saat ini. Dengan banyak dapur modern yang berfungsi sebagai tempat serbaguna, dan ruangnya seringkali sangat berharga, mengoptimalkan tata letak dapur Anda tetap sama pentingnya seperti sebelumnya.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Dapur Terbuka

Apa Manfaat dari Pengaplikasian Sistem Triangle Kitchen?

Manfaat dari menggunakan sistem triangle kitchen adalah dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam mengakses berbagai area utama dapur seperti area sink, area kompor, dan area lemari es. Sistem triangle kitchen dapat mengurangi jarak yang ditempuh dalam mempersiapkan dan memasak makanan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan pada penggunanya.

Baca juga: Kegunaan Alumunium Foil Pada Atap

Kaidah Triangle Kitchen

Di ketiga area kegiatan dapur harus ada ruang yang memungkinkan penggunanya untuk beraktivitas di dapur secara leluasa. Idealnya, jarak antar area minimal 1.2 meter hingga sekitar 2.5 meter. Antar satu area dengan area lainnya tidak boleh ada benda-benda penghalang, seperti kursi atau meja, agar tidak mengganggu sirkulasi. Akan lebih baik lagi jika antar area punya jarak yang sama. 

Kitchen Work Triangle.jpg

[tata letak sistem segitiga. Sumber: kbcrate.com]

Baca Juga: Jenis Keramik Dinding Dapur Estetik Terbaru

Apakah Aturan ini Berlaku di Semua Bentuk Dapur?

Aturan ini dapat berlaku di semua bentuk dapur, namun yang membedakan adalah jarak antar areanya. Jika Anda sedang melakukan renovasi dapur, sesuaikan saja dengan luas dapur rumah Anda. 

banner-pesan-tukang copy.png

Baca juga: Cara Mengurus IMB Secara Online 2023

Penerapan Sistem Segitiga Dapur

  1. Pikirkan hal-hal yang Anda suka dan biasa Anda hindari di dapur. Misalnya, Anda suka ambil sesuatu berkali-kali dari kulkas saat masak di kompor, atau Anda tidak suka tempat sampah berjauhan dengan bak cuci piring. 
  2. Pertimbangkan bentuk dapur dan pola kerja Anda saat ini, baru putuskan apa yang perlu disesuaikan agar kegiatan di dapur lebih efisien. Apakah jarak setiap titik terlalu jauh atau dekat? Apakah ada penghalang di jalur segitiganya? Jika ya, berarti dapur butuh penyesuaian. 

Baca juga: Apa Saja Material Table Top Dapur yang Terbaik?

  1. Apa dapur digunakan sekedar untuk memasak atau sekalian untuk area komunal? Sekarang banyak juga yang merenovasi dapur untuk menjadi ruang serbaguna. Jika itu yang anda incar, maka pertimbangkan area yang lebih besar untuk ruangan masak, sekaligus untuk makan dan berkumpul. Pikirkan juga agar kegiatan-kegiatan dapur dan non dapur tidak saling mengganggu, dan semua orang tetap merasa nyaman.

Sekarang setelah tahu sistem segitiga yang diinginkan, saatnya renovasi dapur dilakukan. Diskusikan dengan kontraktor yang Anda percaya, dan untuk urusan tukangnya, cari tukang berkualitas dan berpengalaman di aplikasi Gravel. 

Baca juga: Rekomendasi Desain Taman Kaktus Minimalis

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Cek juga sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan dan renovasi properti milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Atap Rumah Limasan: Bisa Punya Ruang Loteng di Rumah

Senin, 15 Juli 2024

image

Rekomendasi 2024 Plafon Anti Air Terbaik untuk Hunian Anda

Senin, 15 Juli 2024

image

Cek 5 Tips Bikin Kamar Tidur Utama Super Mewah & Nyaman

Senin, 15 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel