gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pemilihan Bahan Terbaik untuk Table Top Dapur: Solusi yang Cocok untuk Ruang Dapur Anda

Wed Apr 03 2024

Pemilihan Bahan Terbaik untuk Table Top Dapur: Solusi yang Cocok untuk Ruang Dapur Anda

Wed Apr 03 2024


Buat Anda yang hobi memasak, table top dapur ini rasanya penting banget. Seluruh aktivitas kita di dapur rasanya berorientasi di atas table top ini, mulai dari memotong bahan makanan sampai menaruh masakan yang sudah jadi.

Baca juga: 5 Inspirasi Kitchen Set Mewah Elegan yang Estetis

Apa itu Table Top Dapur?

Table top adalah lapisan pada permukaan meja dapur kabinet bawah dalam kitchen set yang menyerupai daun meja.Memilih table top memang ga bisa sembarangan. Kita membutuhkan table top yang kuat, minim pori, tahan air, tahan goresan, dan tentunya tahan panas.

Baca juga: Begini Sistem Triangle Kitchen Untuk Dapur Estetik!

Rekomendasi Bahan Material Table Top

Jadi, untuk urusan table top ini biasanya ada beberapa material yang direkomendasikan. Berikut diantaranya;

  • Material Table Top Granit

Granit terkenal sebagai material yang kuat, tahan goresan, dan tahan panas. Granit juga memberi kesan mewah ke tabletop karena bisa dipoles licin dan teksturnya yang khas! Jika ingin menggunakan granit, pastikan untuk melapisinya dengan coating yang baik. Selain itu, material kitchen set juga harus kuat untuk menahan beban granit yang cukup berat.

  • Material Table Top Marmer

Marmer adalah batu alam yang permukaannya halus dan memiliki warna dan corak yang beragam. Karena anti gores, tahan panas, dan berkesan mewah, material marmer untuk table top ini jadi favorit! 

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Dapur Terbuka

  • Material Table Top Solid Surface

Berbeda dengan material granit dan marmer yang langsung dari alam, solid surface ini merupakan material pabrikan. Solid surface terbuat dari resin akrilik yang dicampur dengan material lain seperti kepingan akrilik, pigmen warna dan filler lainnya. Campuran resin dan isiannya ini kemudian dicetak dan dihaluskan sehingga memiliki permukaan yang halus dan solid. Solid surface ini harganya cukup murah dibandingkan table top granit dan marmer. Solid surface juga tahan panas, tahan benturan dan tidak berpori sehingga mudah dibersihkan!

  • Material Table Top Keramik

Tabletop keramik ini mungkin yang paling sering ditemui di rumah-rumah kita. Biasanya sepaket dengan meja dapur dari bata atau beton. Selain tergolong murah, mudah dibersihkan, tabletop keramik ini juga mudah dipasang. Materialnya pun tidak seberat granit atau marmer. Kekurangannya, karena keramik dipasang dengan nat, permukaannya jadi tidak begitu halus.

Baca juga: Memilih Keramik Backsplash di Dapur? Jangan Salah Jenis!

  • Material Table Top HPL

Material High Pressure Laminates (HPL) juga jadi favorit. Permukaan laminasinya halus dan terbuat dari material serupa plastik jadi pasti ringan dan tahan air. Tabletop HPL ini cocok untuk dapur kecil dan pantry.

  • Material Table Top Beton

Tabletop beton ini ada yang berupa slab dan ada juga yang dicor. Karena beton adalah material yang berpori, biasanya tabletop beton ini masih diberi coating supaya mudah dibersihkan dan tahan goresan. Tabletop beton ini cocok untuk interior bergaya industrial!

  • Material Table Top Stainless steel

Sering ditemui di kitchen profesional, karena perawatannya mudah, kuat, dan tahan lama. Tabletop jenis ini juga bikin dapur berkesan lebih industrial.

Bagaimana Cara Memilih Material Table Top Dapur yang Tepat?

Memilih material yang tepat untuk table top dapur penting untuk memastikan kepraktisan, daya tahan, dan penampilan yang sesuai. Pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  1. Bahan: Material yang umum digunakan meliputi granit, marmer, kayu, keramik, laminasi, dan stainless steel. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya dapur Anda.
  2. Ketahanan: Pertimbangkan sejauh mana material tersebut tahan terhadap panas, goresan, noda, dan kelembapan.
  3. Biaya: Sesuaikan anggaran Anda dengan material yang Anda pilih. Material seperti granit dan marmer biasanya lebih mahal dibandingkan laminasi atau kayu.
  4. Penampilan: Pilih material yang sesuai dengan estetika dapur Anda, sesuai warna dan tekstur yang diinginkan.
  5. Perawatan: Pertimbangkan ketersediaan waktu Anda untuk merawat dan membersihkan table top.
  6. Kesesuaian dengan Aktivitas Dapur: Sesuaikan material dengan aktivitas memasak Anda, misalnya, stainless steel cocok untuk dapur yang sering digunakan, sementara kayu cocok untuk tampilan yang lebih alami.

 

Cara Membersihkan Table Top Solid Surface dengan Mudah

  • Panduan Perawatan: Gunakan air sabun atau pembersih amonia untuk menghilangkan kotoran dan noda dari solid surface. Lap kering untuk menghindari bercak air. Noda air sadah bisa dihilangkan dengan air cuka.
  • Mencegah Kerusakan: Gunakan alas tahan panas untuk melindungi permukaan dari panas. Peralatan panas seperti panci harus diletakkan di atas tatakan kaki tiga.
  • Pencegahan Kerusakan Permanen: Hindari penggunaan bahan kimia keras. Bersihkan tumpahan cat kuku dengan pembersih khusus. Gunakan cutting board saat memotong makanan.
  • Perbaikan Solid Surface: Solid surface dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan, namun hasilnya tergantung pada tingkat kerusakan. Tim profesional dapat membantu dalam pemulihan.
  • Panduan Pembersihan & Perawatan Granit: Bersihkan dengan air hangat dan sedikit cairan pencuci piring, lalu keringkan. Bersihkan tumpahan segera untuk menghindari noda.
  • Menjaga Kebersihan: Dengan menjaga permukaan tetap bersih, Anda dapat memudahkan proses pembersihan.
  • Hindari Memotong Langsung: Meskipun tahan gores, disarankan untuk menggunakan cutting board saat memotong makanan di atas permukaan granit.

Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel