gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Keramik Backsplash Dapur: Rahasia Dapur di Rumah Terlihat Bersih, Rapi & Kinclong

Fri Mar 22 2024

Keramik Backsplash Dapur: Rahasia Dapur di Rumah Terlihat Bersih, Rapi & Kinclong

Fri Mar 22 2024


Dapur seringkali menjadi area yang rentan terkena kotoran, seperti percikan minyak goreng, cipratan cairan dari daging yang sedang dimasak, dan bahkan noda dari minuman. Banyak upaya yang dilakukan untuk menjaga kebersihan dapur, termasuk pemilihan material meja dan lantai yang sesuai. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan backsplash dapur. 

Backsplash Dapur Itu Apa?

Backsplash dapur adalah permukaan dinding dapur yang dapat berupa ubin atau papan khusus yang dipasang pada dinding dapur, khususnya area kompor. 

Backsplash dapur memiliki lapisan material anti-cairan. Gunanya untuk melindungi dinding dari cipratan minyak atau air ketika sedang memasak, mencuci piring, atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan masak-memasak. 

Baca juga: 5 Inspirasi Kitchen Set Mewah Elegan yang Estetis

4 Alasan Pentingnya Keramik Backsplash Dapur:

  1. Melindungi Dinding: Keramik backsplash tahan air, minyak, dan noda, melindungi dinding dari kerusakan.
  2. Mempertinggi Kebersihan: Mudah dibersihkan, menjaga dapur higienis, penting untuk kesehatan keluarga.
  3. Meningkatkan Estetika: Hadir dalam beragam warna dan desain, mempercantik tampilan dapur.
  4. Menambah Nilai Jual Rumah: Backsplash cantik dan fungsional, meningkatkan daya tarik pembeli.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memasang Backsplash Dapur

  • Perhatikan Letak Stop Kontak dan Keran. Supaya aman dan lebih mudah saat mengerjakan backsplash, matikan listrik dapur, dan lepas penutup stop kontak supaya nantinya pemasangan backsplash bisa rapi.
  • Pasang Keramik Backsplash dari Bawah ke Atas. Untuk mencegah keramik backsplash melorot saat dipasang, setelah diaplikasikan perekat keramik, segera tempel keramik satu per satu mulai dari bawah. Jangan lupa sesuaikan keramik pada bagian yang terpotong lubang stop kontak atau keran supaya rapi.
  • Gunakan Tile Spacer. Supaya jarak antar keramik tetap rapi dan tidak turun saat menunggu perekat kering, pasang tile spacer di antara keramik. Tunggu sampai perekat keramik benar-benar kering sempurna, baru tile spacer bisa dilepas.
  • Aplikasikan Nat Tahan Air. Jangan lupa setelah perekat keramik kering seluruhnya, aplikasikan nat di sela-sela keramik. Sangat disarankan untuk memakai nat yang tahan air, seperti nat epoxy, supaya tidak ada kelembaban yang bisa melewati sela-sela keramik.

Baca juga: Apa itu Epoxy Mortar yang diaplikasikan di Lantai Bangunan?

Perbedaan Jenis Keramik Biasa dengan Keramik Backsplash Dapur

Jangan sampai salah, ya. Keramik lantai sama dinding itu beda, dari segi fungsi, ukuran dan karakteristik. Berikut perbedaan antara keramik lantai dan keramik dinding: 

  • Keramik lantai biasanya lebih tebal dan lebih tahan tekanan, karena bakal menahan beban orang maupun barang di atasnya, sedangkan keramik dinding biasanya lebih tipis supaya gampang ditempel di dinding dan gak membebani dinding.
  • Keramik lantai yang biasa kita temui seringnya berbentuk kotak persegi, ukurannya 30x30 cm, 40x40 cm, 60x60 cm, atau 20x20 cm. Sedangkan keramik dinding bentuk dan ukurannya lebih bervariasi. Ada yang berbentuk persegi panjang, bujur sangkar, kecil-kecil dan juga bentuk geometris lainnya.
  • Keramik lantai biasanya lebih tebal dan lebih tahan tekanan, karena bakal menahan beban orang maupun barang di atasnya. Sedangkan keramik dinding biasanya lebih tipis supaya gampang ditempel di dinding dan gak membebani dinding.
  • Dari tekstur permukaan, keramik lantai punya permukaan yang sedikit lebih kasar supaya tidak licin diinjak. Sedangkan keramik dinding, karena untuk ditempel di backsplash dapur atau tembok kamar mandi, biasanya lebih licin supaya mudah dibersihkan.

Nah, itulah hal-hal dasar dan tips yang perlu kita ketahui sebelum memasang keramik backsplash dapur. Semoga membantu!


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel