gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Membuat Taman Kaktus Minimalis di Halaman Rumah

Fri Oct 13 2023

Membuat Taman Kaktus Minimalis di Halaman Rumah

Fri Oct 13 2023


Taman kaktus minimalis kian populer belakangan ini dan sering dijadikan pilihan. Selain indah, unik dan berkesan modern, taman kaktus minimalis juga sesuai dengan gaya hidup minimalis yang sedang tren saat ini. 

banner-pesan-tukang copy.png

Sebenarnya kaktus sendiri sudah dikenal dan ditanam sejak lama di Indonesia, dan termasuk kategori tumbuhan hias. Kaktus kembali tren karena kaktus memiliki jenis, bentuk, dan warna yang sangat beragam, dan alasan yang paling utama karena tergolong mudah perawatannya. Jadi cocok bagi orang-orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk merawat taman.

Taman kaktus minimalis biasanya ditempatkan di area terbuka seperti teras rumah, atau di dalam ruangan sebagai tambahan dekorasi. Taman kaktus minimalis juga cocok dijadikan sebagai taman penghijauan kecil di kota yang memiliki lahan terbatas.

Baca Juga: 7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis yang Estetik

taman-xeriscape.jpeg

Makna Tanaman Kaktus di Rumah

Kaktus dapat melambangkan ketahanan dan keteguhan karena kemampuannya untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti daerah yang kering dan berpasir serta sinar matahari yang terik. Selain itu, kaktus juga dapat melambangkan keberanian dan keberhasilan dalam mengatasi tantangan karena kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang di kondisi lingkungan yang sulit. Kaktus juga dapat menjadi simbol kesederhanaan karena bentuk dan warnanya yang sederhana dan minimalis.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Persiapan Membuat Taman Kaktus Minimalis di Rumah

Untuk membuat taman kaktus minimalis, pertama-tama yang perlu disiapkan adalah beberapa peralatan dan bahan yang diperlukan, seperti:

  1. Lahan atau pot atau wadah untuk menanam kaktus hias. Pot harus disesuaikan dengan ukuran kaktus dan memiliki lubang drainase di bagian bawahnya agar air tidak tergenang.
  2. Tanah khusus untuk kaktus yang telah dicampur dengan pasir dan arang sebagai substrat.
  3. Beberapa kaktus hias yang diinginkan. Pilih jenis kaktus yang sesuai dengan ukuran pot dan kondisi iklim di tempat Anda tinggal.
  4. Alat-alat seperti pisau pemangkas, gunting, atau sekop untuk menanam dan merawat tanaman.

Baca juga: Ini Dia Tanaman Pembersih Udara Anti Polusi Jakarta

Cara Membuat Taman Kaktus Minimalis 

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan di atas, berikut langkah-langkah untuk membuat taman kaktus minimalis:

  1. Siapkan pot atau wadah yang diinginkan. Jika menggunakan pot baru, pastikan untuk membersihkan pot tersebut dengan air dan sabun sebelum menanam tanaman.
  2. Jika langsung di lahan atau tanpa pot, pastikan lahan siap tanam, rapi dan tidak ada rumput liar. Pastikan Anda memilih lahan yang terkena cahaya matahari langsung, karena kaktus membutuhkan cukup cahaya agar bisa tumbuh dengan baik.
  3. Isi pot dengan tanah khusus untuk kaktus hias atau campuran tanah, pasir, dan arang. Pastikan tanah cukup subur dan tidak terlalu lembab. Tanam kaktus hias ke dalam pot. Gunakan sekop untuk membuka lubang yang cukup besar untuk menampung tanaman. Kemudian letakkan kaktus ke dalam lubang tersebut dan tutup lagi dengan tanah.
  4. Beri air secukupnya. Kaktus hias tidak membutuhkan banyak air, jadi pastikan untuk tidak memberi terlalu banyak air. Air tanaman hanya saat tanah mulai kering, dan pastikan air tidak tergenang di bagian bawah pot.
  5. Tata tanaman kaktus sesuai preferensi dengan mengkombinasikan jenis, bentuk dan warna. 
  6. Rawat tanaman secara teratur. Sesekali, potong duri yang tajam yang terlalu panjang atau yang sudah mati dengan gunting atau pisau pemangkas. 
  7. Cek kadar air tanah, tambahkan sedikit air dan pupuk khusus untuk kaktus agar tanaman tetap sehat.

Kisaran Biaya Membuat Taman Kaktus Minimalis

Biaya untuk membuat taman kaktus minimalis bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kaktus yang dipilih, lokasi lahan taman dibuat, pot yang digunakan, dan perlengkapan yang dibutuhkan. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya membuat taman kaktus minimalis:

  1. Jenis kaktus. Harga kaktus hias bervariasi tergantung pada jenisnya. Beberapa jenis kaktus hias yang populer seperti kaktus Saguaro atau kaktus Barrel mungkin lebih mahal dibandingkan dengan jenis kaktus hias lainnya.
  2. Ukuran pot atau wadah. Biaya untuk membeli pot atau wadah juga bervariasi tergantung pada ukurannya. Pot atau wadah yang lebih besar mungkin lebih mahal dibandingkan dengan pot atau wadah yang lebih kecil.
  3. Lokasi tempat taman dibuat. Biaya untuk membuat taman kaktus minimalis juga bisa dipengaruhi oleh lokasi tempat taman dibuat. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari toko tanaman atau pasar tanaman, maka biaya untuk membeli kaktus dan pot mungkin lebih tinggi karena harus membayar biaya transportasi yang lebih tinggi.
  4. Dekorasi pelengkap. Jika ingin menambahkan elemen batu atau pasir hias, maka ini juga harus diperhitungkan dalam budget Anda. 
  5. Pupuk dan obat anti hama. Opsional dan tidak harus dipersiapkan ketika sedang pembuatan taman, namun perlu dipersiapkan untuk perawatan.
     

Perkiraan biaya untuk membuat taman kaktus minimalis bisa berkisar mulai dari Rp100.000 hingga Rp1 juta atau lebih tergantung pada faktor-faktor di atas. Jika Anda memiliki budget yang lebih rendah, Anda dapat mengurangi biaya dengan membeli kaktus dan pot yang lebih murah atau dengan menggunakan pot atau wadah yang sudah ada di rumah.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel