gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Model Railing Tangga Terkini (Update Maret 2024)

Wed Mar 20 2024

Model Railing Tangga Terkini (Update Maret 2024)

Wed Mar 20 2024


Struktur tangga merupakan salah satu elemen yang diperhatikan jika Anda yang hendak memiliki properti bertingkat. Bukan terbatas hanya memikirkan posisi atau desain anak tangga, Anda pun dituntut memikirkan bagaimana kondisi railing tangga. Baik itu material maupun desain railing tangga.

Hal ini akan menjadi tambah rumit juga, untuk Anda yang saat ini sedang membangun rumah atau meningkatkan rumah dengan proses renovasi. Jangan sampai model railing tangga yang Anda pilih tidak sesuai dengan nuansa atau konsep dari hunian Anda.

Apa Itu Yang Dimaksud dengan Railing Tangga?

Lebih dikenal dengan nama pegangan tangga, railing tangga adalah media atau material yang dipasang di pinggir tangga untuk pegangan mobilisasi naik turun tangga.

Fungsi Railing Tangga

Fungsi railing tangga sendiri tentu sangat jelas yakni untuk menjadi pengaman mobilisasi naik turun tangga dan meminimalkan risiko jatuh dari tangga. Salin dari aspek keamanan, railing tangga berfungsi untuk memberikan karakter dalam sebuah ruangan.

Berapa Tinggi Railing Tangga yang Baik?

Berkaitan dengan tinggi railing tangga, sebenarnya itu semua tergantung preferensi dari penghuninya. Namun, bicara tinggi railing tangga yang baik dan banyak dijadikan patokan guna memberikan aspek keamanan dan kenyamanan berada di kisaran 1 meter (100 cm).

Rekomendasi Desain Railing Tangga Populer

  • Railing Tangga Stainless
gambar-railing-tangga-stainless-steel.webp

Sebagai salah satu pilihan terpopuler, railing tangga stainless diketahui banyak dipilih dikarenakan materialnya yang anti karat. Dalam model railing tangga stainless yang populer, Anda dapat memilih railing tangga stainless kotak ataupun railing tangga stainless hollow.

  • Railing Tangga Besi
gambar-railing-tangga-besi.jpg

Sama populernya dengan yang sebelumnya, alasan memilih railing tangga besi dikarenakan harga jualnya yang tergolong lebih murah dibanding material railing tangga stainless. Jika tertarik memilih railing ini, Anda bisa memilih railing tangga besi hollow atau variasi railing tangga besi tempa yang paling banyak ditemukan di pasar. 

  • Railing Tangga Kaca
gambar-railing-tangga-kaca.jpg

Material kaca dalam railing tangga kaca disini maksudnya adalah bukan menjadi pegangan tangga, namun sebagai sekat pembatas yang terletak di bawah pegangan tangga. Railing tangga kaca diketahui biasanya dikombinasikan dengan pegangan tangga stainless atau pegangan tangga besi.

  • Railing Tangga Kayu
gambar-railing-tangga-kayu.jpg


Berbanding terbalik dengan sebelumnya, kayu dalam railing tangga kayu disini memang difungsikan paling banyak pada gagang atau pegangan tangga. Menggunakan kayu baik secara keseluruhan (pegangan + sekat/jari-jari), diketahui populer untuk memunculkan karakter dalam ruangan. Tidak heran railing tangga kayu disebut menjadi daftar teratas dalam model railing tangga unik

  • Railing Tangga Kawat
gambar-railing-tangga-kawat.jpg

Seperti halnya kaca, railing tangga kawat juga merupakan bagian dari sekat yang dikombinasikan dengan pegangan material stainless, besi dan kayu. Railing tangga kawat saat ini menjadi pilihan terpopuler juga untuk hunian-hunian industrial atau minimalis yang estetik dan kekinian.

  • Railing Tangga Spiral

Railing tangga dengan pola melilit di sepanjang jalur ini biasanya terbuat dari baja dengan desain custom untuk membentuk spiral. Karena terbuat dari baja, model railing tangga ini memiliki kapasitas penahan beban yang kuat dengan daya tahan waktu yang sangat lama. Desain railing tangga spiral juga bervariatif.

model railing tangga-n.letunova.avif
  • Railing Tangga Laser Cutting

Model railing tangga yang menggunakan teknologi laser cutting adalah inovasi terbaru dalam desain interior modern. Teknik pemotongan laser presisi memungkinkan pembuatan tangga dengan detail yang rumit dan halus, menciptakan tampilan yang elegan dan futuristik. Dengan berbagai pilihan desain, mulai dari motif geometris hingga ornamen artistik, railing tangga laser dapat dibuat menggunakan berbagai jenis bahan, tergantung  preferensi dan kebutuhan desain, termasuk baja, aluminium, stainless steel, dan bahkan akrilik atau plastik khusus yang memungkinkan transparansi. 

Laser cut railing.lightwavelaser.com.jpeg

Panduan Penting dalam Memilih Railing Tangga Minimalis

  • Desain Garis Sederhana
    Desain railing tangga minimalis sering kali mengedepankan garis-garis vertikal atau horizontal tanpa tambahan hiasan yang berlebihan. Simplicity is key untuk mempertahankan estetika minimalis yang elegan.
  • Pilihan Warna Standar
    Warna-warna standar seperti kelabu, hitam, atau perak sangat cocok untuk railing tangga minimalis, memberikan sentuhan modern dan netral. Bahan dasar seperti logam, stainless steel, kaca, dan beton menjadi pilihan yang umum untuk keamanan dan estetika.
  • Opsi Railing Tangga Akrilik
    Railing tangga dari bahan akrilik merupakan alternatif berkualitas tinggi yang tidak hanya aman dan tahan lama, tetapi juga memberikan kesan modern dan elegan pada desain rumah Anda.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Railing Tangga?

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasang railing tangga:

  • Pastikan railing tangga dipasang dengan benar dan kuat untuk mendukung beban yang ada
  • Perhatikan faktor keamanan saat memilih material dan model railing tangga
  • Pastikan railing tangga dipasang dengan jarak yang sesuai untuk meminimalkan risiko terjatuh
  • Pastikan railing tangga dijaga kebersihannya untuk menghindari tumpukan debu dan kotoran yang dapat menjadi sumber penyakit

Bahan Material Railing Tangga

Railing tangga bukan lagi hanya elemen fungsional dalam rumah, melainkan juga bagian penting dari desain interior yang estetis. Dalam era inovasi konstruksi, pemilihan bahan untuk railing tangga memiliki peran krusial dalam menentukan keamanan, kekokohan, dan tampilan visual yang memukau. 

Baja stainless, misalnya, telah menjadi pilihan utama karena kekuatannya yang luar biasa dan daya tahan terhadap korosi. Sementara itu, kaca tempered memberikan sentuhan modern dan transparansi yang mempercantik ruang, sambil tetap memastikan keamanan penghuni rumah.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel