gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Ukuran Rumah Type 36: Rumah Ideal & Efisien untuk Anak Muda

Fri Nov 10 2023

Ukuran Rumah Type 36: Rumah Ideal & Efisien untuk Anak Muda

Fri Nov 10 2023


Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Ukuran rumah type 36 telah menjadi salah satu opsi populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Luas tanah yang pas untuk pasang muda atau keluarga kecil, rumah type 36 menjadi pilihan yang efisien dan nyaman bagi banyak orang. 

banner-maintenance copy.png

Ingin tahu lebih banyak tentang ukuran rumah type 36 sebelum memutuskan untuk beli atau membangun? Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang kelebihan dan keterbatasan rumah type 36 .

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Baca Juga: Begini Konsep Rumah Tumbuh yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Type 36?

Salah satu tipe rumah yang sering diburu keluarga baru adalah rumah type 36. Rumah type 36 umumnya didirikan di atas tanah dengan luas 60 sampai 72 meter persegi ini memiliki ukuran yang lebih luas jika dibandingkan dengan tipe 21 dan lebih kecil jika dibandingkan dengan rumah type 70. Cocok untuk kebutuhan ruangan yang baru terdiri dari 3-4 penghuni. Biasanya rumah tipe ini berisi 1-2 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur yang menyatu dengan ruang makan. 

banner-pesan-tukang copy.png

Rumah Type 36 Luas Tanah dan Luas Bangun Berapa?

Bicara tentang ukuran rumah type 36 sebenarnya sangat banyak. Biasanya tergantung dari seberapa luas tanah yang Anda miliki. 

Biasanya rumah type 36 dibangun dengan dimensi 6 x 6 meter atau 4 x 9 meter. Untuk luas tanahnya biasanya berukuran 60 meter hingga 72 meter, bahkan hingga 90 meter persegi. 

Jadi, berikut ukuran rumah type 36 yang populer di Indonesia:

  • Rumah type 36 / 60
  • Rumah type 36 / 72
  • Rumah type 36 / 90

Baca juga: Panduan Membangun Rumah Kontainer Sebagai Hunian Alternatif

Berapa Ukuran Kamar untuk Rumah Type 36?

Untuk ukuran rumah type 36 umumnya ideal untuk dua kamar tidur dengan masing-masing ukuran 3x3 meter dan 3x2 meter atau 3x2.5 meter. 

Selain ruang tamu, dapur dan kamar mandi, ukuran rumah type 36 juga mencukupi untuk punya service area mini atau taman minimalis. 

Plus Minus Memilih atau Membangun Rumah Type 36

Setiap tipe rumah tentu menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau bangun rumah tipe 36. Yuk, kenali dulu kelebihan dan kekurangannya!

Baca Juga: Cek disini aturan renovasi rumah subsidi pemerintah

Kelebihan Rumah Tipe 36 

  • Harga Relatif Terjangkau 

Luas tanah yang relatif kecil menjadikan harga rumah type 36 lebih terjangkau. Apalagi jika menerapkan finishing yang standar saja misalnya dengan keramik, cat, dan sanitary. 

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Bangun Rumah 2023

  • Mudah didesain 

Meski ukuran rumah type 36 kecil, banyaknya peminat menjadikan rumah tipe 36 justru memiliki banyak referensi desain yang dapat Anda pilih. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan kehabisan ide dalam mendesain rumah tipe 36. Pada dasarnya, untuk efisiensi ruang, rumah type 36 disarankan memiliki  2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 1 dapur. Ditambah dengan desain interior minimalis akan mempermudah Anda untuk mempercantik setiap ruangan dalam bangunan ini. 

Baca juga: Ini dia desain rumah type 45 terbaik 2023

  • Biaya Listrik Lebih Hemat 

Salah satu yang menjadi perhitungan dalam pengeluaran bulanan adalah biaya listrik. Biaya listrik di rumah type 36 dapat ditekan karena tidak memerlukan pencahayaan lampu yang banyak. Meski demikian, perlu diperhatikan juga penggunaan alat elektronik lainnya yang akan berpengaruh pada tagihan listrik Anda.  

rumah-type-36-72

(Sumber foto: thesmartlocal.com)

  • Lebih Mudah dibersihkan

Mudah khawatir soal kebersihan rumah? Di rumah type 36 ini, lagi-lagi karena terbatasnya ruang. Anda dapat dengan mudah melakukan pembersihan dan maintenance di rumah. Apalagi jika Anda belum memiliki asisten rumah tangga untuk membantu perawatan dan pembersihan rumah, ruangan yang tidak terlalu luas akan lebih mudah dibersihkan. 

Baca juga: Ini dia desain rumah type 72 terbaik 2023

  • Lebih Hangat 

Terbatasnya ruang justru dapat dimanfaatkan bagi keluarga kecil untuk membangun kedekatan dan kehangatan di rumah. Interaksi yang dekat antar ruang memudahkan keluarga kecil Anda untuk berinteraksi satu sama lain. Bahkan kesan lebih hangat juga dapat ditampilkan dari bentuk desain rumah type 36 mulai dari depan rumah. 

foto-rumah-type-36

(Sumber foto: Homeshabby.com)

Kekurangan Rumah Type 36

  • Keterbatasan Ruang Gerak 

Dengan luas tanah 60 sampai 70 meter persegi termasuk bangunan, tak jarang ditemukan keterbatasan ruang di rumah type 36. Jika Anda mengundang keluarga besar, kenyamanan bisa jadi terganggu karena keterbatasan ruang. Terlebih jika Anda berencana membangun ruangan tambahan seperti kamar tamu, tempat ibadah tersendiri, maupun penambahan kamar mandi akan menjadi kesulitan di rumah type 36. Kecuali, jika Anda berencana membangun rumah type 36 dengan dua lantai. 

Baca juga: Begini aturan renovasi rumah subsidi terbaru

  • Warna Cat Terbatas 

Berhubung luas tanah yang terbatas, Anda disarankan tidak mengaplikasikan berbagai macam warna di rumah type 36. Salah-salah, bisa berakibat pada keindahan yang akan ditampilkan dari rumah Anda. Untuk memberi kesan luas, Anda disarankan menggunakan cat dinding yang minimalis. 

Baca juga: Tips Buat Ruangan Rumah Berfungsi Maksimal dengan Program Ruang

rumah-type-36-contoh-desain.jpg

(Sumber gambar: Behance-Verdant Studio)

  • Rawan Kebisingan 

Sudah menjadi kesepakatan di rumah type 36 sangat memaksimalkan setiap ruangan yang ada. Hal ini akan dapat memicu kebisingan yang terjadi di dalam rumah karena suara mudah dihantarkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Tapi Anda dapat menyiasatinya dengan peredam suara ruangan agar lebih kedap suara. 

Baca juga: Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari rumah type 36. Apa pun pilihannya pastikan Anda dan keluarga merencanakan pembelian atau pembangunan rumah dengan matang. Termasuk untuk urusan biaya bangun rumah type 36 atau RAB (Rencana Anggaran Biaya), desain interior, dan tukang bangunan. Supaya rumah impian Anda dapat terwujud, pastikan tukang-tukang yang mengerjakan proyek Anda ahli dan terampil seperti tukang-tukang ahli di Gravel!

Baca juga: Bagaimana mengetahui kontraktor nakal?


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel