gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

7 Jenis Lantai Paling Favorit untuk Hunian

Wed Mar 27 2024

7 Jenis Lantai Paling Favorit untuk Hunian

Wed Mar 27 2024


Lantai merupakan salah satu elemen penting dari suatu hunian. Tak hanya keberfungsian, keamanan, dan kekuatannya, jenis lantai turut memengaruhi estetika rumah. Apalagi setiap ruangan memiliki keberfungsian, nuansa, dan luas  yang berbeda-beda. Yuk, pilih jenis lantai yang sesuai dengan budget dan desain interior untuk memaksimalkan hasil terbaik dalam hunian Anda. 

Baca juga: Ini Dia Cara Pemasangan Granit yang Baik dan Benar

Sebelum masuk ke rekomendasi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih lantai rumah:

  • Mudah Dibersihkan: Penting untuk memilih jenis lantai yang mudah dibersihkan. Ini akan mengurangi waktu dan usaha yang Anda butuhkan untuk merawat lantai. Seiring berjalannya waktu, kemudahan perawatan akan membuat rumah Anda terlihat selalu bersih dan teratur.
  • Kekuatan dan Ketahanan: Material lantai harus kuat dan tahan lama. Ini akan membantu mencegah kerusakan dan keausan yang sering terjadi pada lantai dengan kualitas rendah. Investasi dalam lantai yang tahan lama dapat menghemat uang dalam jangka panjang.
  • Luas Ruangan dan Jenis Lantai: Sesuaikan luas ruangan dengan jenis lantai yang sesuai. Lantai yang cocok untuk ruangan besar mungkin tidak cocok untuk ruangan kecil dan sebaliknya.
  • Estetika Jangka Panjang: Pertimbangkan bagaimana tampilan lantai akan terlihat beberapa tahun ke depan. Apakah lantai tersebut akan tetap sesuai dengan gaya dan warna yang Anda inginkan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Kesulitan Perawatan: Perhatikan tingkat kesulitan perawatan lantai. Beberapa jenis lantai memerlukan perawatan rutin yang lebih intensif daripada yang lain. Pastikan Anda siap untuk mengelola tingkat perawatan yang diperlukan sesuai dengan pilihan lantai Anda.

Apa Saja Rekomendasi Jenis Lantai untuk Rumahmu? 

Lantai Keramik 

Lantai keramik adalah jenis lantai yang banyak ditemukan di Indonesia. Alasan banyak orang yang memilih lantai keramik adalah motif dan teksturnya beragam bahkan bisa menyerupai granit, kayu, dan bata. Meski harganya relatif murah, dari segi kekuatan lantai keramik cukup bisa diandalkan dan perawatannya pun mudah. 

jenis-lantai-keramik-gravel

Anda dapat dengan mudah menemukan jenis lantai keramik di pasaran. Mulai dari tekstur halus yang kinclong untuk kebutuhan ruang tamu dan kamar tidur sampai lantai keramik bertekstur untuk pemasangan di kamar mandi atau ruangan yang dekat dengan air agar tidak mudah licin. 

Baca juga: Apa itu Plint Lantai?

Lantai Kayu 

Lantai kayu bisa jadi pilihan jika Anda menginginkan hasil ruangan dengan suasana natural dan penuh kehangatan. Berbeda dengan lantai keramik yang mudah dalam perawatan, Anda perlu perawatan ekstra untuk lantai kayu. Seperti, jika terkena noda harus segera dibersihkan, perlu perhatian lebih saat menggeser perabotan atau benda yang berada di atas lantai kayu, dan rajin memoles agar tampilan tetap oke. Untuk pemasangan lantai kayu, Anda tak perlu khawatir karena proses instalasinya mudah.

jenis-lantai-kayu-gravel

Lantai Granit

Granit sering menjadi lantai pilihan alternatif marmer dengan harga yang lebih efisien. Terbuat dari batu alami, lantai granit memiliki efek yang lebih adem, tahan gores dan anti noda. Lantai Granit juga memiliki banyak pilihan warna. Yang perlu diperhatikan, lantai granit terasa lebih licin jika terkena air, jadi harus lebih hati-hati. 

jan-antonin-kolar-KXED2PLneek-unsplash.jpg

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual granit 2024

Lantai Tegel 

Lantai tegel merupakan lantai yang terbuat dari campuran material pasir dan semen, lalu diberi pewarna di permukaannya. Lantai tegel banyak dipakai di rumah zaman dulu dan awet karena memiliki kekuatan tinggi dan kokoh. Sekarang, pemilik rumah masa kini pun ada yang mengincar lantai tegel karena tampilan vintage dan kesan klasik yang kuat, serta dapat mudah disesuaikan dengan berbagai desain interior rumah.  

jenis-lantai-tegel-gravel

Dalam pemasangannya lantai tegel mudah diinstalasi. Jika Anda ingin tampilan klasik dan memilih lantai tegel, Anda harus bersiap untuk mencari lantai tegel terbaik karena saat ini agak sulit ditemukan. Perlu menjadi perhatian Anda juga bahwa lantai tegel ini mudah kusam, jadi perlu perawatan khusus. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Jenis Lantai Kamar Mandi yang Estetik

Lantai Marmer 

Nah, ini dia salah satu jenis lantai yang memiliki harga cukup mahal. Lantai marmer merupakan lantai yang terbuat dari material batu alam dan memiliki pola atau corak yang terbentuk dari hasil metamorfosis batu kapur atau gamping. Harganya yang mahal sepadan dengan keindahan dan kemewahan yang ditampilkan oleh lantai marmer. 

jenis lantai marmer

Lantai marmer tak hanya memberikan kesan mewah tapi juga adem. Lantai marmer pun cukup kuat untuk menahan beban. Anda dapat memilih lantai marmer tanpa kekhawatiran soal perawatan karen lantai marmer mudah dirawat. Anda bisa membersihkan lantai marmer dengan rutin membersihkannya setiap hari dengan mengepelnya. Kecuali pada marmer dengan pori-pori besar, Anda harus hati-hati jika ada noda tertinggal maka harus segera dibersihkan. 

Baca juga: Ikuti Cara Ini Agar Pemasangan Paving Block Merata

Lantai Vinyl 

Mau cari jenis lantai dengan kesan mewah dengan harga lebih murah? Anda bisa pilih lantai vinyl. Lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis yang tahan lama dan mudah dipasang. Lantai vinyl juga tahan terhadap air dengan berbagai jenis motif. Bahkan ada yang bermotif kayu dengan tampilan yang realistis. Tak hanya menyerupai kayu, lantai vinyl juga ada yang bermotif seperti keramik atau marmer. 

jenis lantai vinyl

Lantai Plester/Semen

Saat ini lantai plester atau lantai semen kembali trendi, terutama untuk hunian bergaya industrial dan rustic. Meskipun sangat menarik dan enak dilihat, lantai plester membutuhkan perhatian ekstra agar tampilannya terjaga dan tetap awet. Hal ini disebabkan noda di lantai plester suka berbekas jika tidak dibersihkan dengan benar. Lantai plester juga rentan retak jika tertimpa benda berat. 

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual semen 2024


Perawatan yang baik terhadap berbagai jenis lantai rumah sangat penting untuk menjaga keindahan dan kualitasnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam merawat lantai rumah Anda:

  • Bersihkan Secara Rutin:
    Membersihkan lantai secara rutin adalah kunci untuk menghindari penumpukan kotoran dan kerusakan. Gunakan sikat lembut atau alat pembersih sesuai dengan jenis lantai yang dimiliki, seperti kain lembut untuk lantai kayu dan alat pembersih yang sesuai untuk lantai keramik.
  • Hindari Bahan Kimia yang Kuat:
    Jangan menggunakan bahan kimia yang kuat karena dapat merusak permukaan lantai. Pilihlah bahan pembersih yang ramah lingkungan dan aman untuk membersihkan lantai.
  • Segera Perbaiki Bila Ada Kerusakan:
    Jika terdapat kerusakan pada lantai, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Perbaiki atau ganti lantai yang rusak agar tetap menjaga tampilan dan kualitas lantai Anda.
  • Hindari Goresan yang Berbahaya:
    Perhatikan objek yang diletakkan di atas lantai untuk menghindari goresan yang dapat merusak lantai. Hindari meletakkan benda berat atau tajam langsung di atas lantai untuk mencegah kerusakan. Perhatikan aktivitas sehari-hari yang dapat menyebabkan goresan tidak disengaja, seperti mendorong lemari atau terkena benda tajam. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat menjaga keindahan dan kualitas lantai rumah Anda untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Pemasangan Vinyl Lantai Kayu

Bagaimana sudah tahu ingin memilih jenis lantai yang mana? Semoga menemukan pilihan terbaik untuk memberikan kenyamanan dan keamanan di rumah Anda. Untuk pemasangan keramik, Anda bisa percayakan dengan tukang ahli dan berpengalaman di Gravel!

Baca Juga: Lantai Semen Ekspos untuk Percantik Rumah Industrial


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel