gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Lantai Vinyl Kayu: Pilihan Ideal untuk Nuansa Alami pada Hunian

Tue Sep 26 2023

Lantai Vinyl Kayu: Pilihan Ideal untuk Nuansa Alami pada Hunian

Tue Sep 26 2023


Setiap penghuni rumah tentu ingin memiliki hunian yang nyaman dan menawan di setiap sudut dan dekorasinya, salah satunya pada dekorasi lantai. Vinyl lantai kayu menjadi salah satu pilihan bagi para penghuni rumah, yang dinilai memberikan kesan yang natural sekaligus menambah estetika pada interior rumah. Selain memiliki kualitas yang tahan lama, vinyl lantai kayu yang terbuat dari bahan sintetis ini juga memiliki tampilan keindahan seperti kayu asli. Hal-hal yang menjadi nilai tambah bagi para penghuni rumah untuk memilih vinyl lantai kayu adalah proses pemasangan, pembersihan, dan juga perawatan yang mudah untuk dilakukan. 

Baca juga: Begini Cara Pemilihan Keramik Lantai Motif Kayu yang Benar!

Cara Pemasangan Vinyl Lantai Kayu

Pemasangan vinyl lantai kayu adalah cara yang populer untuk memberikan tampilan kayu alami pada lantai tanpa perlu menghadapi perawatan yang rumit. Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk menginstal vinyl lantai kayu dengan mudah:

  • Pemilihan Vinyl Lantai Kayu. Pertama, pilihlah vinyl lantai kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Vinyl lantai kayu tersedia dalam berbagai desain, warna, dan ketebalan. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan tampilan yang ingin Anda ciptakan.
  • Persiapan Lantai. Bersihkan permukaan lantai dengan cermat. Anda dapat menggunakan alkohol atau pembersih lainnya untuk memastikan lantai bebas dari debu, kotoran, dan lemak. Pastikan lantai dalam kondisi yang bersih dan kering sebelum melanjutkan.
  • Pemasangan Lem. Pasang lem perekat vinyl secara merata pada permukaan lantai yang telah dibersihkan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen dalam penggunaan lem yang tepat.
  • Pemasangan Vinyl Lantai Kayu. Letakkan gulungan vinyl lantai kayu perlahan-lahan di atas lantai yang sudah diberi lem. Pastikan untuk mengejar garis lurus dan menghindari kantong udara di bawah vinyl. Anda dapat menggunakan alat seperti rol untuk membantu meratakan permukaannya.
  • Finishing. Setelah vinyl lantai kayu terpasang dengan rapi, langkah terakhir adalah menjepit sisi-sisinya agar tersembunyi dengan rapi. Anda dapat menggunakan pisau utilitas untuk memotong excess vinyl di pinggirannya.

Langkah Pembersihan Vinyl Lantai Kayu

Pada tahapan pembersihan, Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran halus yang ada pada permukaan vinyl. Agar lebih bersih dan menjangkau area yang lebih sulit, Anda juga bisa menggunakan lap basah serta sabun dan pel lantai yang tidak licin. Untuk pembersihan, juga tidak disarankan menggunakan cairan pembersih yang keras dan sikat yang kasar karena dapat merusak lapisan permukaan vinyl lantai kayu.

Tips Merawat Vinyl Lantai Kayu agar Tahan Lama

Tahapan terakhir yang penting untuk diperhatikan adalah perawatan. Tahapan ini berguna untuk menjaga ketahanan dan keindahan kayu selama bertahun-tahun. Hal yang perlu diperhatikan misalnya, untuk tidak menumpahkan air supaya menjaga permukaan vinyl lantai kayu tetap kering. Sehingga, ketika melakukan pembersihan tidak menggunakan lap basah atau bahkan menghindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung alkohol yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan permukaan vinyl lantai kayu.

Kelebihan Menggunakan Vinyl Lantai Kayu bagi Para Penghuni Rumah

Dengan kualitas yang ditawarkan, harga vinyl lantai kayu masih dapat dikatakan terjangkau meskipun bergantung pada jenis dan kualitasnya, yaitu dengan harga mulai dari Rp150,000 hingga Rp450,000 per meter persegi. Dengan harga tersebut, vinyl lantai kayu jika dibandingkan dengan jenis lantai lainnya mampu memberikan kesan natural pada interior rumah serta didukung dengan daya tahan yang lama diikuti dengan cara pembersihan dan perawatan yang dijaga dengan baik.

Apakah Vinyl Lantai Kayu Ramah Lingkungan?

Vinyl lantai kayu bisa memiliki varian yang ramah lingkungan, seperti vinyl dengan label "Low VOC" (Volatile Organic Compounds) atau menggunakan bahan daur ulang. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua vinyl lantai kayu diproduksi dengan standar ramah lingkungan. Pilihlah produk yang memiliki sertifikasi atau label yang menunjukkan keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Penulis : Nathasya Christio Gabriella


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel