gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Finishing Lantai Semen Ekspos dalam Rumah Berkonsep Industrial

Fri Nov 10 2023

Finishing Lantai Semen Ekspos dalam Rumah Berkonsep Industrial

Fri Nov 10 2023


Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Dalam desain bangunan industrial, proses finishing merupakan kunci yang paling penting untuk membentuk nuansa industrial yang dikehendaki. Meskipun sering mendapatkan label 'desain yang belum jadi', sebenarnya bangunan dengan konsep industrial telah melewati proses finalisasi atau finishing. 

banner-pesan-tukang copy.png

Alih-alih menggunakan cat pada tembok atau granit pada lantai, proses finishing dalam bangunan industrial pada dasarnya menggunakan semen ekspos, baik pada tembok maupun lantai semen ekspos.  

Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Baca juga: Begini Cara Membuat Plamir Tembok Mudah

Apa itu Semen Ekspos

Bicara tentang definisi semen ekspos, sebenarnya dapat ditelusuri dari dua sisi Semen ekspos sebagai material bangunan, dan semen ekspos sebagai teknik finishing. Dalam sisi material bangunan, semen ekspos merupakan campuran dari semen homogen untuk melapisi dinding atau lantai. 

banner-maintenance copy.png

Di sisi teknik, semen ekspos adalah teknik finishing yang menggunakan semen tanpa menggunakan acian dan cat guna menonjolkan warna material semen itu sendiri. Sering disebut juga sebagai coating semen ekspos, teknik finishing ini akan menghasilkan tekstur semen yang alami, berwarna abu-abu yang halus dimana dapat diaplikasikan pada tembok dan juga lantai semen ekspos.

Baca juga: Cara Mengurus IMB Secara Online 2023

Pengaplikasian Lantai Semen Ekspos

Tidak hanya tembok semen ekspos, pada bangunan berkonsep industrial finishing lantai pun banyak yang menggunakan lantai semen ekspos. Untuk mengaplikasikan finishing lantai semen ekspos ini sebenarnya tidak sulit, mirip seperti melakukan pekerjaan plester dinding. Meskipun terkesan mudah, ada beberapa kriteria tersendiri yang harus Anda perhatikan lebih spesifik untuk hasil yang maksimal

banner-pesan-tukang copy.png

Tips Cara Membuat Lantai Semen Ekspos

  • Campuran Semen Homogen

Untuk mendapatkan finishing yang rapi dan warna tidak belang-belang, upayakan campuran semen ekspos berasal dari semen yang homogen, atau semen dengan warna yang sama.

  • Pilih Ruangan Tertentu

Sebaiknya, lantai semen ekspos diaplikasikan dalam ruangan minim terkena air, seperti ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Mengingat material lantai semen ekspos yang licin.

Baca juga: Sekilas Tentang Detail Pondasi Cakar Ayam

  • Aplikasikan Coating Lantai

Jika Anda berkehendak mengaplikasikan lantai semen ekspos di ruangan yang rentan terkena air, ada baiknya untuk mengaplikasikan clear coating tahan air pada lantai semen ekspos agar tidak tergenang dan menghindari keretakan.

  • Tukang Finishing Berpengalaman

Sekalipun tukang tersebut sering melakukan pekerjaan plesteran, Anda harus mempekerjakan tukang finishing berpengalaman untuk hasil yang maksimal.

banner-konsultasi.png

Baca Juga: Jenis Lantai untuk Hunian Anda !

Kombinasi Lantai dan Tembok Semen Ekspos

Jika Anda berniat membuat konsep rumah industrial atau rumah semen ekspos, Anda pun harus lihai dalam mengkombinasikan kondisi material semen ekspos dengan beberapa komponen agar mendapat kesan yang maksimal. Warna abu-abu dari lantai atau dinding semen ekspos dapat menimbulkan kesan dingin pada ruangan, namun warna abu abu ini pula dapat memberikan kesan yang membosankan. Untuk meminimalkan kesan 'terlalu dingin' atau 'cepat bosan', baiknya untuk mengkombinasikannya dengan furnitur/aksesoris kayu/rotan serta gunakan pencahayaan lampu berwarna kuning untuk meningkatkan kesan hangat pada ruangan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Peredam Suara Sendiri di Rumah

Bagaimana Cara Merawat Lantai Semen Ekspos?

Lantai semen ekspos memerlukan perawatan khusus agar tampilannya tetap indah dan tahan lama. Begini cara mudah merawatnya!

  1. Segera bersihkan noda yang muncul dengan cairan pembersih yang tidak mengandung asam.
  2. Hindari penggunaan alat pembersih kasar yang dapat merusak permukaan lantai.
  3. Lakukan perawatan rutin dengan mengoleskan lapisan pelindung untuk melindungi permukaan lantai dari kerusakan akibat aus dan goresan.
  4. Jangan biarkan air atau cairan lain tergenang di atas lantai semen ekspos, segera lap dengan kain lap yang lembut.
     

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Dalam Mengaplikasikan Konsep Rumah Industrial!


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel