gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Rahasia Cara Pemasangan Granit untuk Kualitas Terbaik!

Tue Sep 19 2023

Rahasia Cara Pemasangan Granit untuk Kualitas Terbaik!

Tue Sep 19 2023


Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Memiliki sifat yang kokoh, kuat, keras, dan ditambah dengan keindahannya, bahan granit sering dipilih sebagai penutup lantai. Meski harganya relatif mahal, banyak orang tetap mengincar granit karena beberapa keunggulan yang dimiliki, seperti memiliki daya tahan yang bagus dan kilau permukaannya yang akan memperindah suatu hunian atau ruangan. 

cara-pemasangan-granit-gravel

Sumber: www.tukanggranit.com

Agar granit yang bagus dan mahal ini terpasang indah di lantai dan agar terhindar dari kesalahan pemasangan granit, ayo simak bagaimana cara pemasangan granit yang baik dan benar. 

banner-pesan-tukang copy.png

Baca juga: Ikuti Cara Ini Agar Pemasangan Paving Block Merata

Cara Pemasangan Granit yang Baik dan Benar 

  • Cek Kondisi Granit 

Sebelum melakukan pemasangan, hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan granit dalam kondisi yang baik dan siap pasang. Jangan sampai ada goresan atau keretakan yang menimbulkan kerusakan pada saat pemasangan. 

  • Persiapan Dasar Lantai 

Pembuatan lantai dasaran ini sebenarnya bersifat opsional untuk mempermudah pemasangan dan memastikan granit dipasang dengan rata. Pastikan dasaran dibuat dengan rata dengan bantuan selang waterpass untuk melihat kerataan lantai atau ada bekas bobokan. Jika belum ada dasaran Anda bisa membuatnya dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 3:1. Anda bisa pasang Granit jika dasaran tersebut sudah mengering. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam pemasangan granit.

banner-maintenance copy.png

  • Menentukan Titik Awal & Pembuatan Pola 

Agar granit nantinya terpasang dengan indah, Anda perlu menentukan titik awal pemasangan. Biasanya dimulai dari pintu utama ruangan atau titik as ruangan. Anda perlu menentukan pola dari granit yang akan dipasang agar rapi, jika nantinya ada potongan sisa dapat ditempatkan di sudut ruangan atau tempat yang sekiranya akan ada furniture agar tidak terlihat. 

Anda dapat menarik benang waterpass dan benang titik awal pemasangan dan sesuaikan dengan panjang lembaran granitnya. Pemasangan benang ini bertujuan sebagai panduan dalam pemasangan granit nantinya. Sesuaikan panjangnya dengan lembaran granit. Perhatikan dengan baik saat melakukan pemasangan benang agar tidak ada sudut runcing maupun granit yang tidak siku. 

  • Pembuatan Perekat 

Anda perlu ketahui bahwa perekat dalam pemasangan granit sedikit berbeda dengan pemasangan keramik. Untuk pemasangan granit Anda perlu menyiapkan adukan kering agar tidak mengalami penyusutan berlebihan saat kering. Adukan perekat untuk granit biasanya terdiri dari pasir dan semen yang dicampur dengan komposisi 3:1 dengan campuran air yang tidak banyak. Anda juga dapat menggunakan semen instan atau lem perekat khusus granit jika dirasa lebih mudah dan praktis.

cara-pemasangan-granit-gravel

Sumber: jasapolesmarmer.net

  • Pemasangan Granit 

Jika posisi benang yang sudah dipasang dan perekat sudah siap, proses pemasangan granit pun dapat dilakukan. Ratakan perekat tadi di lantai yang akan dipasang granit, pastikan tidak terlalu tebal atau melebihi ambang pintu.  Lalu letakan lembaran granit di atasnya secara perlahan. Tekan permukaan granit agar terpasang dengan sempurna. Saat ditekan nanti akan ada lebihan perekat, namun tidak selalu karena yang utama adalah granit terikat dengan baik. Jika sudah dipasang, cek dengan waterpass untuk memastikan granit terpasang dengan rata dan rapi. 

Web Banner_Gravel Borongan.png

  • Finishing Lantai

Setelah pemasangan granit dilakukan, Anda perlu melakukan pemantauan. Jangan sampai lantai granit diinjak sebelum mengering sempurna. Biasanya lantai granit dengan perekat adukan semen akan memakan waktu 4-5 hari, sedangkan jika menggunakan semen instan bisa kering dalam 2-3 hari. 

Jika sudah kering, proses pembersihan dengan cairan pembersih bisa dilakukan, setelahnya keringkan.

Pasang granit sebaiknya pakai nat atau tidak?

Nat pada granit adalah celah sambungan penting yang memiliki peran utama dalam mencegah rembesan air, meningkatkan kekuatan struktur, dan melindungi lantai dari potensi kerusakan. Oleh karena itu, saat memasang granit, pastikan untuk selalu menyediakan nat dengan jarak minimal 1mm hingga 2mm antar batu granit untuk hasil yang optimal. Cara pemasangan granit ini, Anda dapat memastikan instalasi granit yang kokoh dan tahan lama. Nah, kalau Anda butuh menggunakan nat bisa dilakukan sekarang. Carilah warna grout nat yang cocok dan tidak merusak warna yang ditampilkan pada lantai granit Anda. Setelah semua selesai bersihkan kembali dan lakukan perawatan lantai granit secara rutin agar tetap mengkilap. 

Baca juga: Daftar Jenis Lantai untuk Rumah Terpopuler 2023

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda pelajari tentang cara pemasangan granit yang baik dan benar. Untuk memastikan granit dapat terpasang dengan baik dan benar sesuai rencana dan impian Anda, serahkan langsung pemasangannya pada ahlinya, ya!

cara-pemasangan-granit-gravel

Sumber: www.surabayamarmergranit.com

Baca juga: Apa itu Plint Lantai?


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel