gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

6 Jenis Keramik Kamar Mandi yang Aman dan Menawan

Wed Mar 20 2024

6 Jenis Keramik Kamar Mandi yang Aman dan Menawan

Wed Mar 20 2024


Jenis Keramik Kamar Mandi Hero Image - Rumah123 x Gravel.jpg

Kamar mandi adalah salah satu area rumah yang membutuhkan perhatian khusus dalam pemilihan material lantai. Pasalnya, area ini sering basah, lembap, dan rentan licin. Supaya tidak membahayakan, pilihlah jenis keramik kamar mandi yang tepat!

Baca juga: Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Jenis dan Karakter Keramik yang Cocok untuk Kamar Mandi

Sebelum kita membahas rekomendasi keramik kamar mandi, ketahui dulu jenis-jenis keramik kamar mandi: 

  • Porselen - Karakter keramik tahan air dengan tingkat kekerasan yang tahan gores dan noda.
  • Keramik Kasar - atau rough tile, tekstur permukaan tidak rata mampu memberikan daya cengkram yang lebih baik dibanding keramik halus. 
  • Keramik Granit - Karakter tahan air dan kelembapan, cocok untuk lantai yang sering terkena air.
  • Keramik Terakota - Tampilan hangat dan natural, beberapa jenis memiliki permukaan yang cukup kasar. Dapat diterapkan di lantai maupun dinding. 
  • Keramik Seramik - Cukup tahan air, namum membutuhkan perawatan ekstra untuk area basah. Kelebihannya memiliki banyak warna dan desain. 
  • Keramik Kaca - Selain tahan air, keramik ini memiliki tampilan visual yang indah dengan pantulan cahaya. 

Rekomendasi Jenis Keramik Kamar Mandi Terbaik

Keramik yang tepat bukan hanya persoalan material serta tekstur permukaannya, tapi termasuk pula tampilannya. Ada banyak pilihan keramik khusus lantai kamar mandi dengan antiselip  yang tampilannya aesthetic, loh. Yuk, tengok beberapa jenis keramik lantai kamar mandi di bawah ini. 

  • Keramik Vintage Kombinasi
     
Jenis Keramik Kamar Mandi Vintage
Sumber: iStock

Kamar mandi dengan suasana vintage kini kembali menjadi tren. Umumnya kamar mandi dengan konsep ini mengedepankan penggunaan peralatan kamar mandi tua yang direstorasi dan nuansa dekorasi yang memiliki banyak motif. Soal warna, kamar mandi vintage banyak menggunakan sentuhan warna bumi seperti hijau dan coklat. 

Buat kamu yang menginginkan konsep kamar mandi seperti ini, pilihlah jenis keramik kamar mandi yang memadukan dua warna. Contohnya bisa dilihat pada foto di atas. Biasanya, bagian permukaan keramik yang putih menggunakan anti-selip, sementara aksen wajik di tengahnya lebih mengilap dan sedikit licin. 

  • Keramik Mozaik Putih Anti Selip
Jenis Keramik Kamar Mandi Mozaik Putih
Sumber: iStock


Keramik mozaik punya tampilan yang sangat aesthetic dan cocok untuk segala ruangan. Bukan hanya bisa jadi elemen dekoratif pada dinding, keramik mozaik pun sangat cocok untuk lantai kamar mandi. Ukurannya yang mini membuat lantai jadi lebih bertekstur sehingga dapat mengurangi licin dan meminimalisir kecelakaan. 

Baca juga: Tips Memilih Keramik Mozaik untuk Kolam Renang

Keramik mozaik umumnya dijual dalam ukuran tertentu, baik itu 3x3, 4x4, hingga 6x6. Jadi kamu tidak perlu pusing untuk menempelkan keramik kecil satu per satu pada lantai. Harganya memang relatif lebih mahal dari keramik jenis biasa, tapi hasil yang diberikan sangat cantik, bukan?

  • Keramik Antiselip Motif Batu Alam Hitam
Jenis Keramik Kamar Mandi Motif Batu
Sumber: Shutterstock


Keamanan adalah faktor penting dalam memilih keramik untuk lantai kamar mandi. Untuk mencegah para penghuni rumah tergelincir di kamar mandi, pilihlah keramik dengan permukaan antiselip. Salah satu yang biasanya dipakai adalah keramik kamar mandi motif batu alam seperti gambar di atas ini.

Jenis keramik kamar mandi memiliki tekstur atau lapisan khusus yang memberikan daya cengkram yang lebih baik ketika terkena air atau kelembapan. Ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan di kamar mandi, terutama jika ada anggota keluarga yang lebih tua atau anak-anak.

Baca juga: Begini Panduan Kamar Mandi dalam Kamar Tidur yang Benar!

  • Jenis Keramik Kamar Mandi Pola Herringbone
Jenis Keramik Kamar Mandi Pola Herringbone
Sumber: Shutterstock


Pilihan keramik kamar mandi yang tidak licin lainnya adalah lantai doff pola herringbone. Pola herringbone kerap menjadi pilihan dalam menyusun keramik lantai maupun dinding karena bentuknya yang unik. Usut punya usut, dinamakan herringbone, karena ternyata pola keramik ini menyerupai tulang ikan herring. 

Cukup banyak kok jenis keramik khusus kamar mandi yang punya bentuk persegi panjang dan dapat dipasang dengan pola herringbone. Namun, bila ingin memanfaatkan yang persegi, perhatikan ukuran keramik kamar mandi tersebut saat hendak memotong ya agar hasilnya presisi dan sesuai keinginan. 

  • Lantai Kamar Mandi dengan Motif Moroccan
Jenis Keramik Kamar Mandi Motif Moroccoan
Sumber: Shutterstock

Kamu pasti sering deh menemukan keramik dengan motif di atas ini pada di beberapa kamar mandi hotel maupun rumah. Ya, ini adalah jenis keramik kamar mandi motif maroko atau moroccan. 

Penampakannya mungkin terlihat mengilap, tapi sebenarnya keramik ini punya permukaan yang kesat dan tidak licin, loh. Alhasil, selain tampak aesthetic, kamar mandi rumah pun jadi sangat aman bila memilih keramik ini. 

  • Jenis Keramik Kamar Mandi Berpola Hexagonal
Jenis Keramik Kamar Mandi Motif Beehive Hexagon
Sumber: Shutterstock

Pilihan keramik kamar mandi lain yang juga kerap digunakan adalah jenis hexagonal. Pola keramik ini terinspirasi dari beehive alias sarang lebah. Karena memang sedang tren, banyak produsen yang membuat keramik hexagonal dengan permukaan mengilap untuk kebutuhan dinding dan juga dengan finishing kesat yang umumnya digunakan untuk kamar mandi. Buat kamu yang ingin memasang jenis keramik kamar mandi ini, pastikan untuk memasangnya dengan sangat teliti ya, terutama dalam pengisian nat!

Untuk pemasangan keramik kamar mandi, pesan tukang keramik dari aplikasi Gravel. 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel