gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Ungkap Penyebab Atap Bocor dan Cara Mengatasinya

Fri Apr 19 2024

Ungkap Penyebab Atap Bocor dan Cara Mengatasinya

Fri Apr 19 2024


Atap bocor adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik hunian, terutama saat musim hujan tiba. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada struktur bangunan, merusak interior rumah, dan mengurangi kenyamanan penghuninya. Untuk mengatasi masalah ini dengan efektif, Anda perlu memahami penyebab utama dari atap yang bocor. Simak penjelasan Gravel mengenai penyebab atap bocor dan cara mengatasinya.

banner-maintenance copy.png

Baca juga: Cara Perbaikan Atap Bocor Mandiri

Faktor Penyebab Atap Bocor

  • Usia dan Kualitas Material Atap

Salah satu penyebab utama atap bocor adalah usia dan kualitas material atap itu sendiri. Material atap yang sudah tua atau rendah kualitasnya cenderung lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari, hujan, angin, dan cuaca ekstrem lainnya. Retakan, perubahan bentuk, atau kerapuhan pada material atap dapat menyebabkan air hujan menembus dan menyebabkan kebocoran.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Baca juga: Apa itu Aluminium Foil Atap dan Apa Fungsinya?
 

  • Pemasangan Atap yang Tidak Tepat

Pemasangan atap yang buruk atau tidak tepat juga bisa menjadi penyebab atap bocor. Jika atap tidak dipasang dengan benar oleh kontraktor atau tidak dilakukan pengawasan yang baik selama proses pemasangan, kemungkinan celah atau sambungan yang tidak rapat menjadi lebih besar. Akibatnya, air hujan dapat merembes melalui celah tersebut dan menyebabkan atap bocor.

Baca Juga: Begini Pemasangan Atap Bitumen

  • Penumpukan Debu dan Kotoran

Penumpukan debu, dedaunan, dan kotoran lainnya di atas atap dapat menjadi penyebab atap bocor. Material organik ini bisa menahan air hujan dan menyebabkan atap tergenang. Lama kelamaan, air yang tergenang ini dapat meresap ke dalam lapisan atap dan mengakibatkan bocor.

Baca juga: Teritisan Atap: Apa Kelebihannya?

  • Bocor pada Sistem Pembuangan Air

Saluran pembuangan air seperti bak pencengangan dan talang yang rusak atau tersumbat juga bisa menyebabkan atap bocor. Jika air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar, air akan mencari celah untuk merembes ke dalam rumah melalui atap.

Baca juga: Ini Dia Cara Pemasangan Atap Sirap

  • Dampak Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem seperti badai, angin kencang, atau hujan deras dapat menyebabkan kerusakan pada atap dan mengakibatkan bocor. Atap yang telah mengalami kerusakan ringan sebelumnya dapat menjadi lebih parah akibat dampak cuaca ekstrem ini.

Baca Juga: Ini Cara Pemasangan Atap Transparan Solartuff

Untuk mencegah terjadinya kerusakan atap pada hunian Anda, salah satunya diperlukan pengawasan rutin kepada hunian Anda. Cek teratur seluruh yang rentan terhadap kerusakan. Lewat jasa Surveyor dari layanan Gravel Maintenance, Anda dapat dengan mudah mengetahui atap atau apa saja bagian rumah yang perlu perbaikan atau peremajaan. 

Baca juga: Bagaimana Kemiringan Atap yang Benar? Cek Disini!

Pada kasus atap, tentunya Anda dapat mempercayakan perbaikan atau perawatan atap rumah Anda pada jasa tukang perbaikan atap Gravel pastinya. Sebelum kerusakan atap merembet dan bikin masalah baru, yuk segera selesaikan masalah atap rumah ke tukang atap Gravel yang pastinya sudah berpengalaman.

Baca juga: Atap Rumah Roboh? Kenali Penyebabnya


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel