gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Tips Mendesain Rumah Hook Minimalis yang Menawan

Sat Mar 16 2024

Tips Mendesain Rumah Hook Minimalis yang Menawan

Sat Mar 16 2024


Rumah hook minimalis semakin menjadi pilihan populer bagi banyak orang. Kombinasi desain minimalis nan elegan dengan lokasi yang strategis membuat rumah hook memiliki daya tarik yang tinggi. 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Bentuk L yang Populer

Rumah hook adalah rumah yang letaknya di ujung blok atau di persimpangan dengan 2 sisi terbuka. Umumnya rumah hook ini memiliki ukuran lahan yang luas karena berbatasan dengan tetangga di dua arah saja dan pakai sisa kavling yang lebih besar. Dari posisi dan luas tanah saja membuat harganya lebih mahal, apalagi ditambah dengan desain minimalis yang menarik dan disukai banyak orang, tentu saja menjadikan harga rumah hook minimalis menjadi relatif lebih mahal lagi. 

Apa saja yang membuat rumah hook minimalis menarik? Mari kita kupas bersama.

Baca juga: Apa itu Rumah Split Level

Keuntungan Rumah Hook

  • Bisa Punya 2 Muka

Rumah hook punya 2 sisi fasad membuat kita bisa memaksimalkan sirkulasi udara dan matahari, jadi rumah pasti lebih terang dan segar.

  • Pemandangan Lebih Luas

Punya 2 sisi fasad otomatis jadi punya 2 pemandangan yang berbeda, yaitu bagian depan dan samping. View yang didapat juga jadi lebih luas dibandingkan dengan rumah yang letaknya bukan di sudut.

  • Dapat Ekstra Lahan
    Rata-rata di kompleks perumahan, rumah hook memiliki kelebihan lahan. Lahan ini bisa dimanfaatkan pemilik hunian berdasarkan kebutuhan dan preferensinya. 

Desain minimalis menjadikan tampilan rumah hook semakin menonjol di lingkungan. Selain itu, dengan berbekal kreatifitas pemilik rumah juga mengoptimalkan penggunaan lahan di rumah hook. 

Baca Juga: Begini Ukuran Rumah Type 36

Penggunaan Lahan di Rumah Hook Minimalis

  • Taman Minimalis
    Satu hal yang menjadi kekurangan rumah hook, yaitu mendapatkan kebisingan dari perbatasan 2 sisi jalan. Namun, dengan membangun taman dan menempatkan banyak tanaman masalah ini dapat teratasi. Bagi penghuni yang senang bercocok-tanam, kelebihan lahan ini bisa juga dijadikan kebun. Di taman juga bisa ditambah bangunan non-permanen seperti gazebo selama tidak menyalahi sempadan bangunan.

Baca juga: Begini Caranya Membuat Rumah Lantai Mezzanine yang Estetik 

  • Bisnis Rumahan
    Dengan letak rumah hook yang berada persis menghadap 2 sisi jalan, rumah hook memiliki posisi strategis sebagai tempat usaha, ditambah dengan desainnya yang minimalis membuat tempat usaha semakin mudah  terlihat. Perlu diingat, pastikan peruntukan bangunannya sesuai, ya.
  • Perluasan Rumah
    Kelebihan lainnya dari rumah hook minimalis adalah pemilik rumah mudah melakukan renovasi rumah atau melakukan perluasan rumah, karena masih tersedia lahan tambahan dan melakukan penyesuaian desain yang serupa bangunan utama. Adapun biaya bangun rumah untuk perluasan pun kini bervariatif tergantung kebutuhan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Hook

Perhatikan Garis Sempadan Jalan Rumah Hook

Rumah hook memiliki 2 Garis Sempadan Jalan (GSJ) yang harus dipatuhi, yaitu GSJ sisi samping dan sisi depan bangunan. Karena letaknya di ujung blok, pastinya rumah hook akan memiliki GSJ dan GSB yang lebih lebar dibandingkan dengan rumah yang letaknya bukan di hook, jadi batas terbangunnya juga jadi lebih terbatas. 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel