gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Rumah Split Level: Hunian di Lahan yang Terbatas

Tue Sep 24 2024

Rumah Split Level: Hunian di Lahan yang Terbatas

Tue Sep 24 2024


Gravel Harian_Website Banner_1140x380px-01.webp

Pengertian Rumah Split Level

Rumah split level adalah sebuah konsep desain di mana setiap lantainya saling bergantung satu sama lain. Rumah split level ini juga dikenal sebagai rumah 1,5 lantai, dikarenakan di antara 2 lantai terdapat lantai rumah mezzanine yang juga difungsikan sebagai ruang.

Gravel_Website Banner_Cashback 500K_1140x380px-01.webp

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Bentuk L yang Populer

Konsep ini cocok untuk yang memiliki lahan terbatas, namun memiliki fungsi ruang yang banyak dan tidak ingin terlihat sempit. Split level ini juga tepat untuk mengakali kontur lahan yang tidak rata. Dalam artikel ini, Gravel akan membahas sejarah, kelebihan, dan kekurangan dari konsep rumah split  level.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Hook Minimalis Terpopuler

Gravel Material 2_Website Banner_1140x380px-01.webp

Sejarah Rumah Split Level

Desain rumah split level mulai mencuat dan mendapatkan popularitas pada pertengahan abad ke-20, terutama di wilayah Amerika Utara. Gaya rumah split level menjadi favorit di kalangan masyarakat pinggiran kota yang sedang berkembang, terutama mereka yang memiliki lahan dengan kontur tertentu. Pada masa Perang Dunia Kedua, popularitas rumah split level semakin meningkat, dan sejak itu, desain ini terus menyebar dan menjadi ciri khas arsitektur yang masih relevan hingga saat ini. Desain rumah split level telah membuktikan fleksibilitasnya dalam memenuhi kebutuhan perumahan, serta menjadi simbol dari adaptasi desain rumah terhadap perubahan lingkungan perkotaan. Dengan karakteristik uniknya, rumah split level terus menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pemilik rumah yang mencari tampilan dan konsep rumah yang berbeda

Baca Juga: Begini Panduan Sukses Membangun Rumah di Lahan Miring

Berapa Tinggi Rumah Split Level?

Tinggi rumah split level dapat bervariasi tergantung pada desain dan jumlah lantai yang dimiliki. Namun, umumnya, perbedaan ketinggian antar lantai pada rumah split level berkisar antara 1 hingga 1,5 meter.

Sebagai contoh, jika rumah split level memiliki 3 lantai, maka ketinggian total rumah tersebut bisa mencapai sekitar 4,5 hingga 6 meter, dengan asumsi ketinggian masing-masing lantai adalah 3 meter.

Perlu diingat bahwa ini hanya perkiraan umum. Tinggi sebenarnya dari rumah split level dapat berbeda-beda tergantung pada desain spesifik dan preferensi pemilik rumah.

Kelebihan Konsep Rumah Split Level

  • Sirkulasi Udara yang Baik
    Dengan bentuk rumah split level yang berundak-undak dan umumnya mengusung konsep yang terbuka dengan langit-langit yang tinggi, membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar dan segar. Penggunaan jendela di setiap lantainya juga membuat sinar matahari bisa masuk dengan mudah dan tersebar merata.
  • Dinamis & Estetik
    Penggunaan tangga untuk menghubungkan setiap lantainya membuat rumah jadi terasa lebih dinamis dan tidak terkesan monoton. Selain itu, rumah dengan konsep split level ini secara visual bisa menambah kesan estetik pada rumah.

Kekurangan Rumah Split Level


  • Konstruksi yang Lebih Rumit
    Jika dibandingkan dengan rumah pada umumnya di lahan yang sempit, konsep rumah split level ini memiliki rancangan konstruksi yang lebih rumit. Kenapa lebih rumit? Karena memiliki banyak anak tangga untuk pembagian ruang, dan setiap lantainya saling bergantung satu sama lain, sehingga harus dipersiapkan secara matang.
  • Kurang Ramah Anak & Orang Lanjut Usia
    Sayangnya rumah dengan konsep split level ini kurang cocok diterapkan untuk keluarga yang memiliki anak kecil atau orang yang sudah lanjut usia. Dikarenakan banyaknya undakan-undakan tangga yang bisa membahayakan anak kecil, serta mempersulit orang lanjut usia untuk berpindah tempat dan bergerak.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan rumah split level, silakan tentukan sendiri apakah konsep rumah ini cocok dengan Anda.
 

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Dapatkan juga jasa tukang bangunan terbaik serta sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Cara Menghitung Borongan Atap Baja Ringan & Estimasi Harganya

Jumat, 11 Oktober 2024

image

SEPTEMBER CERIA: PERBAIKAN HUNIAN LEBIH HEMAT SAMBIL BELANJA BAHAN BANGUNAN

Rabu, 4 September 2024

image

Panduan Praktis Paham Biaya Borongan Pipa

Jumat, 20 September 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel