gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Ini Dia Rekomendasi Warna Cat Rumah Populer di Tahun 2024

Mon Feb 19 2024

Ini Dia Rekomendasi Warna Cat Rumah Populer di Tahun 2024

Mon Feb 19 2024


Hero Image rekomendasi warna cat rumah 2023 - 99 Group x Gravel (1).jpg
Shutterstock

Cat putih masih jadi warna favorit untuk menghiasi dinding rumah karena mampu memberikan kesan timeless dan efek ruangan yang lapang. Namun begitu, tren warna rumah terus berkembang loh dari tahun ke tahun. Apa ya rekomendasi warna cat rumah yang lagi ngehits?

Ternyata, berdasarkan pencarian Google, sentuhan warna lembut paling banyak dicari pada awal tahun 2024. Sebut saja sage, beige, dan tone lembut lainnya. Ini dia beberapa rekomendasi warna cat rumah minimalis 2024 yang bisa dipertimbangkan untuk kamu pilih!

Inspirasi Warna Cat Rumah Terpopuler untuk Diaplikasikan di Hunianmu

  • Warna Cat Rumah Sky Blue

Warna biru punya berbagai turunan yang cantik dan cocok dijadikan cat rumah. Salah satu warna turunan biru yang sedang banyak dicari ialah sky blue.

Secara psikologis, warna biru kerap diasosiasikan dengan kesan damai, tenang, aman, dan stabil. Supaya bisa membangun mood dengan optimal, pulaskan warna cat blue sky ini di area beristirahat seperti ruang keluarga atau kamar tidur anak. 

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat yang Sejuk untuk Ruang Tamu pada Hunian Anda

Apabila kamu ingin ruangan lebih berwarna, padukanlah warna sky blue dengan warna lain. Warna putih adalah pilihan yang sangat tepat untuk disandingkan karena mampu memperkuat nuansa damai. 

  • Cat Rumah Warna Ivory
Foto 1 rekomendasi warna cat rumah 2023 - 99 Group x Gravel.jpg
Shutterstock

Biarpun banyak yang kerap menggunakannya sebagai cat rumah, tak banyak orang yang mengetahui warna ivory. Apa itu warna ivory? Warna ivory dikenal sebagai warna putih gading di Indonesia karena tone-nya yang serupa dengan gading gajah. Kesan yang dihantarkan dari warna rumah ini begitu sederhana namun elegan. Cocok banget nih buat kamu yang mencari warna cat rumah sederhana untuk hunian. 

Guratan warnanya dominan ke spektrum krem namun dan putih. Ivory yang menjadi salah satu rekomendasi warna cat rumah 2024 ini punya kesan lembut yang kerap diasosiasikan dengan kemurnian, ketenangan, berserah diri, serta spiritual. Dengan demikian, ivory cocok banget banget buat kamu kalau dipulas ke kamar utama atau ruangan musala. 

Baca juga: Rekomendasi Contoh Warna Cat Rumah Minimalis 2024

  • Cat Rumah Warna Kuning Telur

Warna kuning erat dikaitkan dengan nuansa semangat, ceria, penuh optimisme, dan juga mampu memberikan kehangatan. Namun demikian, banyak orang yang ragu untuk memilih warna kuning sebagai cat rumah karena kerap disebut norak dan terlalu terang. 

Walaupun begitu, uniknya, warna kuning telur sedang menjadi cat rumah favorit, loh. Hal ini mungkin karena warna tersebut memiliki spektrum yang lebih gelap sehingga tidak menyilaukan.

  • Warna Hijau Sage 

     
Foto 2 rekomendasi warna cat rumah 2023 - 99 Group x Gravel.jpg
Shutterstock

Nah, ini dia rekomendasi warna cat rumah 2024 yang tak hanya cocok di dalam rumah tapi juga di luar rumah. Warna hijau sage merupakan perpaduan antara hijau dan abu-abu dan merepresentasikan warna daun yang mengering. 

Tak seperti warna hijau lainnya yang terang, sage punya sentuhan warna yang lebih tua dan sendu. Oleh karena itu akan sangat cocok bila kamu memadukannya dengan warna netral seperti putih, hitam, atau coklat. Bila memadukannya dengan tepat, sage bisa jadi warna cat rumah bagian luar yang elegan sehingga hunian jadi nampak mewah!

  • Warna Cat Ungu Pastel

Selain warna kuning, ungu juga menjadi corak yang cukup dihindari sebagai cat rumah karena kesannya yang norak. Walaupun begitu, banyak sekali orang yang menyukai ungu pastel, terutama untuk mewarnai interior rumah. 

Warna ungu muda atau ungu pastel dianggap memancarkan energi yang menyenangkan dan perasaan romantis. Dengan demikian, cat warna ungu muda bisa diaplikasikan di mana saja baik itu di ruangan keluarga, dapur, kamar mandi, hingga eksterior rumah. 

  • Cat Rumah Warna Cream
Foto 3 rekomendasi warna cat rumah 2023 - 99 Group x Gravel.jpg
Shutterstock

Nah, rekomendasi warna cat rumah 2024 yang terakhir jatuh pada cream. Sejak dulu, warna cream cukup banyak digunakan sebagai penghias interior maupun eksterior rumah. Soalnya, cream menawarkan kesan elegan dan di sisi lain, tak mudah kotor.

Selain elegan, warna cream pun terkesan hangat dan tidak monoton. Sehingga, sangat cocok untuk memulaskan warna ini di berbagai area ruangan mulai dari dapur hingga kamar tidur. 

6 Tips Menentukan Warna Cat Rumah

Apabila Anda masih bingung dalam menentukan warna cat rumah yang tepat, berikut beberapa tips ala Gravel: 
 

  • Pilih warna yang sesuai dengan selera Anda. Dalam pemilihan warna cat, pilihlah warna yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Rumah akan terasa lebih nyaman jika Anda dikelilingi oleh warna yang Anda sukai. Selain itu, pastikan Anda memadukan warna tersebut dengan skema warna yang tepat. Misalnya, warna biru seringkali cocok dengan putih, krem, hitam, pink, dan lainnya.
  • Dekorasi dari gelap ke terang secara vertikal. Saat Anda memilih kombinasi warna untuk lantai, dinding, dan langit-langit, ingatlah untuk memulai dengan warna tergelap di bagian bawah ruangan dan berangsur-angsur menuju warna yang paling terang di bagian atas.
  • Awali pemilihan warna di ruangan yang lebih formal, seperti ruang tamu, ruang makan, dan ruang masuk. Setelah itu, Anda dapat mengambil satu warna dari skema warna tersebut sebagai referensi untuk ruangan yang lebih pribadi, seperti kamar tidur.
  • Gunakan aturan 60-30-10. Pemilihan komponen warna dapat diatur dengan rasio 60-30-10. Gunakan warna dominan sebanyak 60% untuk dinding, warna kedua sebanyak 30% misalnya untuk sofa atau meja, dan gunakan warna ketiga sebanyak 10% sebagai dekorasi atau aksen.
  • Padukan kontras warna yang hangat dan dingin. Campurkan warna yang memberikan kesan hangat, seperti beige, kuning muda, atau pastel, dengan warna yang memiliki sentuhan dingin, seperti abu-abu atau biru. Dengan cara ini, ruangan akan terlihat dinamis dan menarik.
  • Ikuti aturan "Rule of Three." Batasi pilihan warna cat hingga tidak lebih dari tiga warna untuk setiap ruangan. Terlalu banyak warna dapat membuat ruangan terlihat berantakan dan tidak nyaman. Pastikan pilihan warnanya juga saling cocok satu sama lain.

Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel