gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Begini Cara Menghitung Ukuran Kitchen Set yang Pas!

Fri Nov 10 2023

Begini Cara Menghitung Ukuran Kitchen Set yang Pas!

Fri Nov 10 2023


Web Banner_Gravel Borongan.png

Di zaman modern sekarang, memiliki kitchen set dalam area dapur merupakan hal yang biasanya terdapat dalam tempat tinggal masyarakat. Selain dapat ditemukan melalui jasa desain interior dapur, tidak sedikit pemilik hunian juga mengaplikasikan pembuatan kitchen set secara mandiri. Kini, model dan ukuran kitchen set dapat dengan mudah ditemukan via internet.

banner-pesan-tukang copy.png

Meskipun model dan ukuran kitchen set sangat mudah ditemukan, tidak sedikit pemilik tempat tinggal merasa kurang puas saat pengaplikasikannya. Permasalahan yang paling banyak ditemukan sendiri datang dari kurang pas-nya ukuran kitchen set saat diaplikasikan. Nah, bagi Anda pemilik hunian yang mengalami permasalahan seperti ini, mari kita simak bagaimana ukuran kitchen set yang benar dan pengaplikasiannya.

banner-maintenance copy.png

Apa itu Kitchen Set?

Sebelum mengetahui ukuran kitchen set yang benar, ada baiknya untuk memahami definisi kitchen set itu sendiri. Penafsiran definisi kitchen set pada dasarnya banyak ditemukan. Secara sederhana, kitchen set adalah satu set perangkat dapur modern yang terdiri dari lemari kabinet untuk menyimpan perlengkapan dapur, kompor, bak cucian, dan meja dapur. Melihat sifatnya yang permanen, kitchen set adalah kesatuan di dalam dapur yang diatur secara mendetail sejak pertama kali didesain hingga diaplikasikan.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Dapur Terbuka

Apa Saja Elemen pada Kitchen Set?

Adapun kitchen set sendiri meliputi beberapa elemen yakni:

  • Kabinet atau lemari penyimpanan
  • Counter table atau table top
  • Backsplash
  • Cooker hood atau tempat memasak (meliputi kompor, oven, grilled set)
  • Rak dinding terbuka atau rak ambalan
  • Area penempatan kulkas

Baca juga: Renovasi Dapur Triangle Kitchen yang Kekinian

Bagaimana Menentukan Ukuran Kitchen Set yang Benar?

Melihat pendesainan kitchen set harus dilakukan dari awal sebelum pengaplikasiannya, tentu sangat penting dalam memperhatikan ukuran kitchen set. Ukuran kitchen set ini harus disesuaikan dengan luas dapur dan ukuran tubuh penghuninya, supaya aktivitas memasak jadi aman dan nyaman. Untuk itu, perhatikan ukuran komponen penting dalam kitchen set di bawah ini !

  • Tinggi Kitchen Set (Table Top) - Setelah keramik kering sempurna dan tidak bergeser, lepaskan tile tinggi permukaan kitchen set (table top) setinggi pinggang kita, atau sekitar 75-85cm. Hal ini untuk meminimalisasi pembungkukan badan saat menyiapkan bahan makanan, memasak, hingga mencuci piring. Untuk bagian dengan cooktop atau menggunakan kompor biasa, turunkan permukaan bagian kompor sampai permukaan cooktop sejajar dengan tinggi permukaan kitchen set.
aturan-ukuran-kitchen-set-gravel
  • Lebar Meja Dapur - Ukuran kitchen set bagian meja sangat esensial fungsinya. Ini adalah area untuk memilah bahan makanan, menghitung bumbu, memotong, dan sebagainya. Jadi, pastikan area ini bisa membuat Anda leluasa bekerja. Idealnya untuk meja dapur atau countertop adalah 50 cm hingga 70 cm, namun dapat disesuaikan mengikuti kebutuhan dan ukuran kitchen set. 

Baca juga: Aturan Letak Tangga Menurut Feng Shui

  • Jarak Permukaan Table Top dengan Dasar Kabinet Atas - Kitchen set biasanya dilengkapi dengan kabinet di bagian atas, yang digunakan sebagai penyimpanan. Di Indonesia, ukuran kitchen set untuk lebar kabinet atas adalah 35 cm sampai 50 cm. Jadi, beri jarak (headroom) 50 cm hingga 70 cm dari permukaan tinggi permukaan kitchen set (tinggi table top), supaya kepala kita tidak terbentur saat memasak atau mencuci, tapi juga cukup nyaman untuk mengambil barang di kabinet.
jarak-ukuran-kitchen-set-gravel
  • Area Kompor dan Cooker Hood - Sebenarnya cooker hood adalah optional, namun tidak ada salahnya sedari awal perhitungan ukurannya sudah dipersiapkan, mengingat fungsinya penting untuk menyedot asap dan bau makannya. Jarak ukuran kitchen set antara area kompor dan cooker hood idealnya 50 cm hingga 70. Ketika mengukur kitchen set untuk cooker, pertimbangkan juga model yang digunakan bisa bongkar pasang tanpa menggangu ruang gerak. 

  Baca juga: Ini 6 Inspirasi Fasad Rumah Minimalis yang Populer

  • Ukuran Bak Cuci Piring - Area ini juga menjadi bagian penting dalam pengukuran kitchen set. Idealnya adalah 80 cm hingga 90 cm, dapat menggunakan satu bak atau dua bak cuci piring. Jika memungkinkan, tambahkan sedikit ruang untung meniriskan air peralatan yang baru dicuci di samping bak atau di area dinding untuk pemasangan ambalan rak penirisan piring.

Baca juga: 5 Inspirasi Kitchen Set Mewah Elegan yang Estetis

  • Lebar Area Berdiri - Selain tinggi kitchen set, khusus untuk kitchen set yang dilengkapi meja dapur terpisah atau model island, jarak ini harus cukup leluasa untuk buka-tutup rak dan bisa dilewati dua orang. Jarak idealnya sekitar 120cm.
ukuran-kitchen-set-gravel

Baca juga: Aturan Hadap Rumah Menurut Fengshui yang Benar

 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel