gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Merancang Tata Letak Dapur dengan Prinsip Feng Shui

Tue Apr 02 2024

Merancang Tata Letak Dapur dengan Prinsip Feng Shui

Tue Apr 02 2024


Aliran feng shui diketahui memiliki visi dalam menempatkan/membangun ruang-ruang dalam bangunan guna memberikan keberuntungan dan kesejahteraan bagi orang-orang yang menempati bangunan tersebut. Semua ruang pada dasarnya penting untuk diperhatikan secara feng shui. Misalnya saja sumber kehidupan dalam hunian, yakni dapur.

banner-maintenance copy.png

Pada artikel ini, Gravel akan membahas bagaimana feng shui dapur yang baik melalui dua pendekatan, yakni pendekatan denah dan arah dapur.

Feng Shui Berdasarkan Denah Dapur

Jangan Dekatkan Dapur Di Samping Kamar Mandi

Dapur yang berdekatan dengan kamar mandi dapat menjadi masalah dalam feng shui, karena keberadaan kamar mandi di dekat dapur dapat mengganggu aliran energi positif (chi) yang dianggap penting dalam feng shui.

banner-pesan-tukang copy.png

Baca Juga: Begini Aturan Feng Shui untuk Kamar Tidur yang Benar

Jangan Tempatkan Dapur Di Bawah Tangga

Dapur yang terletak di bawah tangga menurut feng shui diketahui dapat menyebabkan aliran chi yang tidak sehat dan menghambat keberuntungan. Karena aliran chi dapat terhambat oleh tangga tersebut. Terdapat kepercayaan pula menurut feng shui, dapur di bawah tangga dapat menyebabkan kekacauan dan ketegangan dalam keluarga.

Baca juga: Memilih Keramik Backsplash di Dapur? Jangan Salah Jenis!

Tempatkan Di Bagian Belakang Rumah

Denah dapur berdasarkan feng shui yang paling disarankan yakni di bagian belakang rumah dan terbuka. Selain memberikan keberuntungan dan energi yang positif, menempatkan sisi terbuka di bagian belakang rumah pada dapur dapat membuat aliran chi untuk bebas mengalir keluar dari dapur.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Dapur Terbuka

Feng Shui yang Baik Berdasarkan Arah Dapur

Feng shui pada dasarnya berkaitan dengan arah penempatan, begitu pula dengan ruang dapur. Bicara tentang arah dapur menurut feng shui diketahui sangat tricky. Bukan berarti sulit untuk diaplikasikan, namun tricky disini yakni bisa diaplikasikan berdasarkan kemana arah rumah Anda. Dalam sejumlah literasi, feng shui dapur rumah hadap timur serta hadap selatan adalah yang terbaik dan membawa keberuntungan. Namun kembali ke pernyataan pertama yakni kemana arah rumah Anda. Jika berdasarkan hadap mana rumah yang paling bagus, posisi rumah Anda harus menghadap ke selatan maupun utara.

Yang Harus Diperhatikan saat Menata Dapur Berdasarkan Feng Shui

  • Pisahkan Elemen Air dan Api
    Feng shui menekankan pentingnya memisahkan elemen air dan api dalam tata letak dapur. Hindari menempatkan dapur berhadapan langsung dengan kamar mandi, karena keduanya memiliki elemen yang bertentangan. Misalnya, kompor yang melambangkan elemen api sebaiknya tidak berdekatan dengan tempat cuci piring atau kulkas yang mewakili elemen air.
  • Perhatikan Arah Mata Angin
    Menurut prinsip feng shui, arah mata angin menggambarkan elemen tertentu. Kompor sebaiknya menghadap ke arah selatan atau timur untuk mendapatkan energi yang positif. Hindari meletakkan kompor di sudut ruangan yang menghadap ke arah barat atau utara, karena ini tidak sesuai dengan elemennya dan dapat mengganggu aliran energi positif. Selain itu, pertimbangkan juga arah dan penempatan perabotan lainnya agar harmonis dengan elemen-elemen feng shui yang ada. Jika diperlukan, Anda dapat mengonsultasikan seorang ahli feng shui untuk membantu menata dapur dan ruangan lainnya agar mendapatkan energi yang seimbang dan harmonis.

 

Baca juga: Apa Saja Material Table Top Dapur yang Terbaik?

5 Warna Yang Disarankan untuk Dapur Berdasarkan Feng Shui

  • Warna merah muda atau merah jambu dapat merangsang nafsu makan dan energi positif
  • Warna hijau segar melambangkan kesehatan dan kesuburan, cocok untuk area memasak
  • Warna oranye memberikan semangat dan kehangatan dalam dapur
  • Warna kuning cerah menciptakan suasana ceria dan energi positif
  • Warna cokelat atau tanah memberikan kesan stabil dan menenangkan
  • Warna putih atau krem memberikan kesan bersih dan terorganisir

Perlu diperhatikan juga, jika Anda berniat mengikuti benar, ada baiknya untuk mengolaborasikan dua pendekatan feng shui dapur baik dari denah dan juga arah mata angin untuk hasil yang lebih optimal. Semoga bermanfaat!
 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel