gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

7 Prinsip Feng Shui Kamar Tidur: Energi Positif Masuk, Energi Negatif Keluar

Fri Mar 22 2024

7 Prinsip Feng Shui Kamar Tidur: Energi Positif Masuk, Energi Negatif Keluar

Fri Mar 22 2024


Fengshui merupakan seni yang bertujuan untuk menciptakan harmoni antara lingkungan dan individu dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar dari arah, warna, bentuk, tekstur, dan material. Buat sebagian orang, prinsip feng shui dipercaya bisa mengelola energi dan mendorong lingkungan yang sehat. 

Baca juga: Bagaimana Fengshui Hadap Rumah yang Benar?

Feng shui kamar tidur merupakan salah satu ruangan dalam rumah yang perlu diperhatikan peletakan desain interiornya. Dalam menata kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari segi Feng Shui untuk menciptakan suasana yang nyaman dan damai.

Baca: Fengshui Letak Tangga

7 Aturan Feng Shui Kamar Tidur 

Berikut aturan Feng Shui kamar tidur untuk mengundang energi positif dan hoki ke dalam rumah:

Jauhkan Tempat Tidur dari Toilet 

Dalam ilmu Feng Shui, selain memastikan toilet dalam kondisi tertutup, Anda juga perlu memastikan letak tempat tidur tidak dekat dari toilet. Hindari memasang kepala tempat tidur langsung bersandar pada dinding toilet. Dalam beberapa kasus untuk kamar tidur yang sempit, Anda bisa memasang cermin sebagai pembatas sebagai langkah untuk membuang energi negatif yang masuk. 

feng-shui-kamar-tidur

Pilih Warna Tepat untuk Kamar Tidur

Warna cat kamar sangat berpengaruh terhadap energi yang akan dipancarkan di dalam kamar tidur Anda. Warna yang sesuai untuk kamar tidur adalah warna-warna yang tenang dan damai. Warna-warna terang atau mencolok di kamar tidur akan mengalirkan energi yang terlalu kuat ke dalam ruangan, sehingga dapat mengganggu tidur. Contoh warna yang bisa Anda gunakan adalah putih, abu-abu, biru tua atau teal, dan krem. 

feng-shui-kamar-tidur

Pencahayaan Alami yang Cukup

Tanpa cahaya alami yang cukup, tidur Anda bisa terganggu dan Anda bisa merasa lebih sulit untuk bangun di pagi hari. Buka jendela kamar tidur Anda selama beberapa jam setiap hari agar dapat mendapatkan cahaya alami yang cukup. Hal ini bisa menambah aura positif sejak Anda memulai hari di dalam kamar tidur. 

feng-shui-kamar-tidur

Perhatikan Bentuk dan Tekstur Perabotan 

Barang-barang yang berbentuk tajam atau berbahaya akan mengalirkan energi negatif ke dalam ruangan. Selain itu, barang-barang tersebut juga dapat mengganggu tidur karena terlalu banyak yang harus diproses oleh otak saat tidur. Anda juga perlu menjauhkan barang-barang yang tidak perlu dari kamar tidur. Barang-barang yang tidak perlu tersebut dapat mengalirkan energi yang tidak perlu ke dalam ruangan.

Pastikan Kamar dalam Kondisi Rapi 

Kamar yang cenderung kacau dan tidak tertata rapi dapat menghalangi aliran bebas chi. Pastikan kamar Anda dalam kondisi rapi karena ini akan membantu Anda juga untuk mendapatkan aliran energi positif masuk ke dalam kamar. Seringkali untuk menghindari kekacauan nampak di permukaan, barang-barang disembunyikan di bawah kasur. Hal tersebut sebaiknya juga dihindari.

Posisi Tempat Tidur yang Tepat

Posisikan tempat tidur Anda dengan tepat. Menurut feng shui kamar tidur, tempat tidur harus terletak di tempat yang paling tenang dan jauh dari pintu masuk. Juga, pastikan bahwa kepala tempat tidur Anda tidak terletak di dekat jendela atau di depan cermin, karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

feng-shui-kamar-tidur

Memasang Pajangan yang tepat

Gunakan pajangan yang tepat. Jangan menggunakan gambar atau patung yang menunjukan unsur kekerasan atau kemarahan di kamar tidur Anda, karena hal tersebut dapat mengganggu tidur. Sebaliknya, gunakan pajangan yang dapat menciptakan suasana tenang dan damai, seperti gambar-gambar nuansa alam. 

Bagaimana Cara Mencegah Energi Negatif di Kamar Tidur Berdasarkan Prinsip Feng Shui?

Untuk mencegah energi negatif di kamar tidur berdasarkan prinsip feng shui, beberapa langkah yang dapat diambil:  

  • Jaga kebersihan dan kerapihan kamar tidur 
  • Hindari penumpukan barang di bawah tempat tidur 
  • Gunakan pencahayaan yang lembut dan menenangkan 
  • Hindari cermin yang menghadap langsung ke tempat tidur
  • Hindari memiliki tiga deret kamar dalam satu rumah tidak disarankan

Nah, itu dia beberapa tips mengenai Feng Shui kamar tidur yang bisa Anda terapkan untuk mengalirkan energi positif di ruangan yang paling sering dihuni di rumah. Bagaimana sudah dapat inspirasi untuk merombak kamar tidur? 


Kamu Mungkin Suka

image

Kondisi & Tarif Tol Purbaleunyi Terbaru (Update Mei'24)

Kamis, 16 Mei 2024

image

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Banggai Laut

Rabu, 15 Mei 2024

image

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Singkawang

Rabu, 15 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel