gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Taman di Tengah Rumah: Rahasia Suasana Segar di Dalam Rumah!

Fri Mar 22 2024

Taman di Tengah Rumah: Rahasia Suasana Segar di Dalam Rumah!

Fri Mar 22 2024


Memiliki taman di tengah rumah akan memberikan keindahan suasana yang menyegarkan pada hunian Anda. Tak hanya efek kesegaran dan keindahan saja, taman di tengah rumah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kualitas hidup penghuninya. 

Untuk Anda yang ingin membuat taman mungil indah di tengah rumah namun memiliki lahan yang terbatas, tak usah khawatir. Gravel punya tips penting untuk ciptakan keindahan hijau alami di rumah Anda sendiri.

Baca Juga: Inspirasi Taman Rumah Minimalis

Taman di Dalam Rumah Disebut Apa?

Taman yang terletak di dalam atau di tengah rumah sering kali disebut sebagai "courtyard" atau "taman di tengah bangunan." Jika Anda tertarik untuk menciptakan sebuah courtyard di rumah Anda, ada berbagai desain yang dapat Anda jadikan referensi. Courtyard adalah elemen arsitektur yang memberikan sentuhan alam ke dalam hunian Anda, menciptakan ruang terbuka yang menyegarkan dan sering kali berfungsi sebagai pusat perhatian dalam desain rumah. Dengan memilih desain courtyard yang tepat, Anda dapat menciptakan suasana yang unik dan menambah nilai estetika serta kenyamanan bagi rumah Anda.

Baca juga: Apa itu Inner Courtyard?

Di mana Posisi yang Bagus untuk Taman di Tengah Rumah?

Idealnya posisi taman berada di jantung rumah agar dapat dilihat dari bagian rumah sisi mana pun dan sirkulasi udara dapat menyebar rata. 

Banyak juga yang menempatkan taman dalam rumah di sebelah dapur. Namun, bentuk dan tata letak rumah berbeda-beda, jadi tidak ada ketentuan khusus. Tinggal menyesuaikan dengan ketersediaan lahan di dalam rumah saja.

Apa Manfaat Punya Taman di Tengah Rumah?

Tahukah Anda, taman di tengah rumah bukan hanya sekadar unsur dekoratif, tetapi juga memberikan banyak manfaat buat penghuninya: 

  • Taman di tengah rumah dapat meningkatkan kualitas udara dan kesejukan ruangan karena tanaman menghasilkan oksigen. 
  • Taman di tengah rumah dapat menangkal polusi.
  • Taman di tengah rumah juga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan, membantu menciptakan suasana yang tenang dan damai. 
  • Taman di tengah rumah menjadi area untuk bersantai di rumah atau kumpul keluarga
  • Wadah menyalurkan kreativitas bagi mereka yang hobi berkebun.
     

Tanaman Apa yang Cocok untuk Taman di Tengah Rumah?

Ada banyak jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam rumah. Berikut beberapa contohnya: 

  • Tanaman Lidah Mertua
  • Palem Bambu
  • Sirih Gading
  • Philodendurm Heart Leaf
  • Kaktus, dan masih banyak lagi

Apa Tips Membuat Taman di Tengah Rumah?

  • Tidak Mesti Lahan Besar

Jika memiliki halaman belakang yang sempit, Anda dapat mencoba membuat taman vertikal dengan tanaman merambat atau dinding hijau. Dapat juga membuat taman gantung hias menggunakan pot berukuran kecil dapat ditempatkan di teras atau balkon untuk menciptakan suasana alami di tengah perkotaan.

Baca: Indoor Vertical Garden Solusi Hijau untuk Ruang Terbatas

  • Pemilihan Tanaman

Pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran dan kondisi lingkungan di dalam rumah. Pertimbangkan juga tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan, seperti tanaman hias daun lebar atau tanaman kaktus. Selain itu, jika area Anda memungkinkan, tanam pohon yang tak terlalu besar untuk memberikan suasana segar dan sejuk.

  • Pencahayaan

Pastikan taman Anda mendapatkan cahaya yang cukup. Jika ruangan memiliki akses cahaya matahari yang terbatas, gunakan lampu grow light untuk membantu pertumbuhan tanaman. Selain itu, perhatikan juga pemilihan pintu kaca yang menghadap ke arah koridor atau patio untuk memberikan kesan lebih luas pada taman di tengah rumah Anda.

  • Perawatan Tanaman

Jangan lupakan perawatan rutin seperti penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan. Periksa juga apakah tanaman Anda mengalami masalah hama atau penyakit secara berkala. Untuk menghidupkan area taman, letakkan tanaman hijau dalam pot agar taman tak terlihat kaku.

  • Dekorasi

Tambahkan elemen dekoratif seperti batu-batuan, air mancur mini, hammock, atau patung kecil untuk menambahkan sentuhan estetika yang menarik pada taman Anda. Penggunaan batu split sebagai bagian dari dekorasi dapat mempermudah maintenance dibandingkan dengan penggunaan rumput hidup atau batu koral putih.

  • Lantai 

Untuk kesan yang natural dan tropis, gunakan kayu ulin yang tahan panas, hujan, dan rayap atau lantai PVC yang minim perawatan sebagai lantai taman Anda.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel