gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Indoor Vertical Garden: Solusi Penghijauan Ruangan yang Estetis

Wed Mar 27 2024

Indoor Vertical Garden: Solusi Penghijauan Ruangan yang Estetis

Wed Mar 27 2024


Indoor Vertical Garden, atau taman vertikal dalam ruangan, adalah tren yang semakin populer dalam desain interior. Konsep ini menggabungkan keindahan alam dengan kepraktisan ruang dalam rumah, kantor atau pun gedung. 

Tak hanya sebagai media hijau, Indoor Vertical Garden juga menawarkan kebebasan artistik yang tinggi dan menciptakan suasana alami yang dekat dengan alam, khususnya dalam lingkungan perkotaan yang padat dan minim lahan hijau. Dengan desain yang inovatif dan ramah lingkungan, taman vertikal ini menjadi pilihan desain interior yang populer untuk ruang terbatas.

Apa itu Indoor Vertical Garden?

Taman Vertikal dalam ruangan, atau Indoor Vertical Garden, adalah konsep lansekap yang mengadaptasi keindahan dan manfaat Taman Vertikal ke dalam lingkungan dalam ruangan. Terlepas dari keterbatasan ruang, Indoor Vertical Garden memungkinkan orang untuk menikmati kehijauan dan elemen alam di dalam rumah atau bangunan. Hal ini terutama berguna dalam kota-kota yang sering memiliki lahan terbatas. Indoor Vertical Gardens menyajikan sentuhan estetika dan kenyamanan, menciptakan ruang hijau yang menyegarkan, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dan memberikan solusi kreatif untuk meredakan stres. Mereka juga dapat berfungsi sebagai elemen dekoratif yang unik dan menawan di lingkungan dalam ruangan.

Baca juga: Ini Dia Tanaman Pembersih Udara Anti Polusi Jakarta

5 Fungsi Indoor Vertical Garden 

Berikut adalah lima fungsi dan manfaat penting Indoor Vertical Garden yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan Kualitas Udara: Indoor Vertical Garden membantu membersihkan udara di dalam ruangan dengan menyaring polutan dan menghasilkan oksigen segar. Tanaman dalam taman mungil vertikal ini dapat menyerap polutan dan partikel debu yang terdapat di udara, sehingga meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup setiap hari. Dengan adanya Indoor Vertical Garden, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman di dalam ruangan.
  2. Menyediakan Sumber Makanan Segar: Salah satu keuntungan besar dari Indoor Vertical Garden adalah kemampuannya untuk menanam berbagai jenis tanaman sayuran dan herbal. Dengan memiliki taman vertikal ini di dalam rumah, Anda dapat menanam sayuran organik sendiri, seperti tomat, selada, atau cabai. Hal ini tidak hanya memberikan akses mudah ke makanan segar dan bergizi, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada produk-produk yang dihasilkan secara massal.

Baca Juga: Tanaman Pembersih Udara yang Viral

  1. Mempercantik Ruangan: Indoor Vertical Garden juga berfungsi sebagai dekorasi yang menarik. Dinding hijau yang dipersembahkan oleh taman vertikal ini akan memberikan sentuhan alami dan menyegarkan bagi ruangan Anda. Anda dapat memilih berbagai jenis tanaman dengan warna dan tekstur yang berbeda-beda untuk menciptakan tampilan yang unik dan menawan. Selain itu, Indoor Vertical Garden juga dapat menjadi titik fokus atau aksen menarik dalam desain interior Anda.
  2. Mengoptimalkan Penggunaan Ruang: Salah satu keunggulan utama dari Indoor Vertical Garden adalah kemampuannya untuk memanfaatkan ruang vertikal yang terbatas. Dinding atau rak vertikal yang ditata dengan tanaman akan memaksimalkan penggunaan ruang dalam rumah atau kantor Anda. Tidak hanya itu, taman vertikal ini juga memberikan nuansa kehidupan yang segar tanpa harus mengorbankan banyak ruang lantai.

Baca juga: Inspirasi Taman Rumah Minimalis 2023

  1. Memberikan Efek Tenang dan Meningkatkan Mood: Tanaman dalam Indoor Vertical Garden juga dapat menenangkan hati dan pikiran. Menatap kehijauan tanaman dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan produktivitas. Ruangan yang didekorasi dengan taman vertikal ini akan memberikan suasana yang lebih segar dan alami, menciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk relaksasi dan pemulihan.

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Indoor Vertical Garden

Memilih jenis tanaman yang tepat adalah kunci untuk membangun Indoor Vertical Garden yang indah dan tahan lama. Berikut beberapa jenis tanaman yang cocok untuk Indoor Vertical Garden:

1. Tanaman Merambat

  • Sirih Gading (Epipremnum aureum): Tanaman merambat yang mudah perawatannya dan tahan terhadap cahaya redup.
  • Philodendron: Memiliki berbagai jenis dan bentuk daun yang menarik, Philodendron menjadi pilihan populer untuk Indoor Vertical Garden.
  • Ivy (Hedera helix): Tanaman merambat klasik dengan daun hijau yang lebat.

2. Tanaman Hias Daun

  • Pakis (Nephrolepis exaltata): Tanaman pakis memiliki tekstur daun yang indah dan dapat memberikan nuansa sejuk pada ruangan.
  • Lidah Buaya (Aloe vera): Selain bermanfaat untuk kesehatan, Lidah Buaya juga dapat menjadi dekorasi yang menarik di Indoor Vertical Garden.
  • Aglaonema: Memiliki berbagai jenis dan corak daun yang cantik, Aglaonema menjadi pilihan populer untuk Indoor Vertical Garden.

3. Tanaman Bunga

  • Anggrek (Orchidaceae): Bunga anggrek memberikan sentuhan elegan dan mewah pada Indoor Vertical Garden.
  • Anthurium: Memiliki bunga berwarna cerah dan tahan lama, Anthurium menjadi pilihan populer untuk Indoor Vertical Garden.
  • Kalanchoe: Tanaman sukulen dengan bunga berwarna cerah yang mudah dirawat.

Tertarik untuk punya Indoor Vertical Garden di rumah atau kantor Anda?
 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel