gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

10 Inspirasi Membuat Taman Rumah Minimalis dan Estetis

Thu Sep 21 2023

10 Inspirasi Membuat Taman Rumah Minimalis dan Estetis

Thu Sep 21 2023


Web Banner_Gravel Borongan.png

Sejak pandemi, kegiatan berkebun semakin dinikmati oleh masyarakat, segala macam tanaman pun dicoba untuk dirawat. Baik itu untuk mempercantik taman rumah maupun mengisi waktu luang. Hal ini yang menjadikan taman rumah minimalis semakin diminati karena selain keberfungsiannya untuk membuat rumah tampak lebih asri. Suasana dan udara di rumah pun bisa semakin segar jika tanaman dirawat dengan baik.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Baca juga: Apa itu Inner Courtyard?

Tanaman di rumah yang tidak ditata dengan rapi malah menyebabkan penampakan yang berantakan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mulai membangun taman di depan rumah selain untuk menyalurkan hobi bangun taman rumah minimalis menjadikan hunian Anda tampak asri, adem, dan semakin bikin betah. Hal pertama yang perlu Anda siapkan untuk memiliki taman rumah minimalis adalah lahan. Biasanya dengan lahan 3x4 meter sudah mumpuni untuk dibangun. 

Baca juga: Ini Dia Tanaman Pembersih Udara Anti Polusi Jakarta

Rekomendasi Inspirasi Taman Rumah Minimalis

  • Memanfaatkan Teras Rumah 

Lokasi yang paling strategis dan sering dijadikan taman rumah adalah teras rumah. Apalagi teras rumah menjadi salah satu ruang yang biasanya lebih luas dibandingkan tempat lainnya. Anda bisa memanfaatkan teras rumah untuk jadi inspirasi taman rumah minimalis atau taman mungil. Hiasi dengan pot tanaman dengan berbagai ukuran dan warna pot dual tone.

taman-rumah-minimalis
  • Pasang Rumput 

Taman identik dengan warna hijau, ini dia mengapa Anda bisa buat taman depan rumah minimalis dengan menanam rumput. Banyak jenis rumput yang bisa Anda pilih, seperti rumput jepang, rumput gajah besar, rumput teki dan lain-lain. Anda bisa mengecek ke penjual rumput terpercaya untuk cara perawatan dan penanaman agar hasil maksimal. 

  • Hiasi dengan Pot Kecil

Pot besar memang bisa menampung tanaman dengan ukuran yang tergolong besar. Tapi bagaimana jika lahan terbatas sementara ingin mengoleksi berbagai jenis tanaman? Jawabannya adalah dengan menghiasi taman dengan pot-pot kecil. Anda bisa pilih warna pot warna putih atau earth tone untuk menjadikan taman depan rumah tak hanya indah tapi juga rapi meski potnya banyak. 

pot-kecil-taman-rumah-minimalis
  • Gunakan Pot Gantung

Selain dengan pot kecil, Anda juga bisa hidupkan taman depan rumah dengan kehadiran pot gantung. Pot gantung bisa Anda dapatkan dengan berbagai macam model dan ukuran, pastikan Anda pilih yang sesuai dengan ukuran tali yang akan dipasang. 

pot-gantung-taman-rumah minimalis

(Sumber: Freepik)

  • Pakai Kerikil dan Bebatuan 

Ini dia dua elemen yang sering jadi jagoan untuk membangun taman minimalis depan rumah. Menggunakan kerikil atau bebatuan bisa meningkatkan keindahan dan bisa jadi sarana untuk berjemur atau refleksi di pagi hari di atas batu. Anda bisa jadikan batu untuk jalan setapak maupun terpasang mengelilingi taman. 

  • Pakai Elemen Air 

Kehadiran suara gemercik air bisa membangkitkan kesegaran. Munculkan nuansa ini lewat kolam ikan taman rumah minimalis. Tak perlu terlalu besar, mulai dari ukuran 1x1 meter kolam ikan dalam rumah minimalis sudah bisa dibangun. Jangan lupa tambahkan elemen hijau di sekitar kolam agar semakin cantik. 

Kolam-ikan-taman

(Sumber: Temonggo)

  • Pakai Pohon Berukuran Besar

Jika ternyata lahan untuk taman Anda berukuran luas mengapa tidak menanam pohon dengan ukuran sedang hingga besar? Anda bisa menanam pohon cemara, pohon mangga, pohon ketapang kencana dan lainnya. Rumah pun jadi semakin sejuk dan udara semakin segar. 

Pohon-ketapang

(Sumber: Pinterest Dat Le)

  • Pakai Jalan Setapak 

Letakan beberapa kotak keramik atau buat jalur kecil dari bebatuan akan menambah estetis di tamah rumah minimalis Anda. Pilihan batu juga beragam dapat disesuaikan dengan konsep taman. 

taman minimalis photonblastunsplash.jpg
  • Tanam Kaktus atau Sukulen

Keuntungan jenis tanaman kaktus atau sukulen adalah perawatannya mudah. Selain itu, banyakannya jenis dan ukuran tanaman ini akan menambah keragaman varietas tamanan di taman minimalis rumah Anda. 

taman minimalis leonardo-iheme-unsplash.jpg
  • Tanam Bunga

Untuk bunga yang kaya warna, Anda dapat memilih Adenium, Krisan, atau Dahlia. Untuk bunga yang harum,  Kamboja, Kenanga atau Melati adalah pilihan yang cantik. Semuanya cenderung tahan cuaca dan mudah perawatannya. 

taman minimalis ripon-kumar-unsplash.jpg

Bagaimana Cara Menciptakan Kesan Luas pada Taman Rumah Minimalis yang Terbatas?

Untuk menciptakan kesan luas pada taman rumah minimalis yang terbatas, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, pilihlah tanaman yang tidak terlalu besar atau lebar, sehingga tidak memakan banyak ruang. Gunakan tanaman dengan bentuk vertikal, seperti tanaman menjulang atau tanaman rambat, untuk memberikan efek ketinggian. Selain itu, pilihlah furnitur taman yang ringkas dan multifungsi, seperti bangku penyimpanan atau meja lipat. Gunakan cermin taman atau elemen reflektif lainnya untuk mencerminkan cahaya dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Penggunaan penerangan yang baik juga dapat memberikan efek taman yang terlihat lebih besar pada malam hari.

Nah, itu dia inspirasi taman rumah minimalis. Bagaimana? Jadi semakin ingin membangun taman di rumah? Jangan lupa konsultasikan ke ahlinya ya untuk hasil terbaik. 


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel