gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pondasi Rumah Tahan Gempa: Simak Kriterianya!

Thu Apr 27 2023

Pondasi Rumah Tahan Gempa: Simak Kriterianya!

Thu Apr 27 2023


Ancaman bencana gempa bumi merupakan bencana alam yang tidak terelakkan terjadi di bumi Indonesia. Bencana gempa bumi hadir di Indonesia dikarenakan letak Indonesia yang dikelilingi oleh 3 lempeng yakni lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Australia yang seringkali bergerak. Berkaca dengan keberadaan gempa bumi di Indonesia, banyak kerugian materiil yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Salah satu yang paling parah adalah kerusakan bangunan atau hunian.

Untuk menanggulangi dan meminimalkan dampak bencana gempa bumi, dewasa ini terdapat inovasi rumah tahan gempa yang disediakan untuk masyarakat yang berada di kawasan rawan gempa. Tidak hanya itu, sejumlah bangunan modern di beberapa wilayah sudah mengadopsi pondasi rumah tahan gempa.

Baca Juga: Apa itu Kolom Praktis dan Fungsinya?

Apa itu Pondasi Rumah Tahan Gempa?

Pondasi rumah tahan gempa adalah pondasi yang dirancang untuk menahan getaran dan guncangan akibat gempa bumi. Pondasi rumah tahan gempa harus dirancang dan dibangun dengan tepat agar dapat menahan beban gempa dan mencegah kerusakan pada struktur bangunan dan kecelakaan yang mungkin terjadi.

Manfaat Penggunaan Pondasi Rumah Tahan Gempa?

Manfaat dari menggunakan pondasi rumah tahan gempa adalah dapat mengurangi kerusakan pada struktur bangunan dan mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi akibat gempa bumi. Dengan menggunakan pondasi yang kuat dan kokoh, rumah dapat tetap berdiri dan aman untuk ditinggali meskipun terjadi gempa bumi.

Kriteria Pondasi Rumah Tahan Gempa

Pondasi yang Simetris

Pondasi yang simetris dapat menahan beban lebih seimbang jika dibandingkan dengan pondasi yang tidak simetris. Pembebanan menjadi lebih terstruktur dan merata pada setiap bagiannya.

Kondisi Tanah Untuk Ditanam Pondasi

Sebagai faktor eksternal, baiknya Anda mengecek kondisi tanah tempat Anda ingin membangun. Tanah yang baik adalah tanah yang padat dan keras untuk menanam pondasi. Namun, jika tidak memungkinkan atau memiliki kondisi tanah lunak, untuk pondasi rumah tahan gempa disarankan menggunakan pondasi pelat beton agar kuat dalam menahan beban.

Baca juga: Ini Dia Cara Membuat Sumur Resapan Mudah

Konsistensi Penempatan Pondasi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika kondisi tanah rumah Anda mixed (tanah keras dan tanah lunak), baiknya untuk menempatkan pondasi di tanah yang keras. Jangan sekali-kali menempatkan pondasi setengah di tanah keras dan setengah di tanah lunak. Hal ini akan menimbulkan potensi keretakan yang sangat besar.

Kedalaman Pondasi Rumah Tahan Gempa yang Sama

Dalam memasang pondasi rumah tahan gempa, Anda harus memastikan kondisi kedalaman tanah yang sama. Lebih baik lagi jika Anda melakukan pengikatan di antara pondasi tersebut untuk  hasil yang lebih kuat dan stabil dalam merespons gempa bumi.

Baca juga: Anti Mampet: Ini Dia Cara Membuat Septic Tank

Desain Rumah Tahan Gempa

  • Rumah Dome / Rumah Teletubbies
  • Rumah Instan Sederhana Sehat / RISHA PUPR
  • Rumah Instan Konvensional / RIKO
  • Rumah Tanpa Kayu
  • Rumah Instan Kayu / Rumah RIKA
  • Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa / Barrataga
  • Rumah Unggul Sistem Panel Instan / RUSPIN
  • Rumah Tahan Gempa Ferosemen
  • Rumah Panggung 

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Saluran Air Yang Tersumbat

Cara Menghitung Beban Gempa Pada Pondasi Rumah Tahan Gempa?

Untuk menghitung beban gempa pada pondasi rumah tahan gempa, perlu dilakukan analisis struktur bangunan untuk menentukan besarnya percepatan tanah saat terjadi gempa bumi di lokasi tersebut. Data tersebut kemudian digunakan untuk menghitung gaya inersia yang bekerja pada struktur bangunan dan beban gempa yang harus ditahan oleh pondasi.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel