gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Arsitektur Klenteng Sanggar Agung

Mon Jun 10 2024

Arsitektur Klenteng Sanggar Agung

Mon Jun 10 2024


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, klenteng merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan klenteng baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar ratusan bangunan klenteng yang beroperasi di Indonesia.

Dimana Lokasi Klenteng Sanggar Agung Berada?

Klenteng Sanggar Agung diketahui berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Sukolilo No.100. Jika diurut rutenya, klenteng di Surabaya ini hanya berjarak sekitar 8,5 km atau sekitar 20 menit dari pusat kota Surabaya. Klenteng ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian serta berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan Klenteng Sanggar Agung

Bicara siapa yang membangun Sanggar Agung, klenteng Sanggar Agung dibangun pada 1997 oleh keluarga Soetiadji Yudho. Klenteng ini dikembangkan dengan gaya arsitektur kombinasi yang menggabungkan arsitektur jawa, bali, dan Tionghoa. Bicara tentang keunikan arsitekturnya, klenteng ini justru lebih banyak mengambil unsur jawa (joglo) dan Bali dibanding unsur klenteng tionghoa tradisional untuk menonjolkan kekhasan dari Indonesia. Warna dari klenteng ini didominasi oleh warna merah dimana sangat identik dengan warna otentik etnis tionghoa. Bangunan klenteng diketahui dilengkapi dengan sejumlah komponen seperti area peribadatan, ornamen-ornamen etnis tionghoa, dan sejumlah fasilitas umum. 

Spesifikasi Klenteng Sanggar Agung

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan klenteng Sanggar Agung memiliki luas sebesar 4.000 m2 yang terdiri dari bangunan klenteng dan sejumlah area terbuka yang fungsional. Bicara spesifikasinya, bangunan klenteng Sanggar Agung terdiri dari sebuah bangunan utama yakni klenteng itu sendiri.

Fakta-Fakta Seputar Klenteng Sanggar Agung

Daya Tarik Wisata di Surabaya

Selain sebagai tempat peribadatan umat Konghucu, Buddha, dan Taoisme, Klenteng Sanggar Agung juga difungsikan sebagai ikon pariwisata di daerah Surabaya. Adapun harga tiket masuk Sanggar Agung yakni Rp5000 - Rp10000

Dibangun di Tepi Laut

Meskipun bukan satu-satunya klenteng di Indonesia yang dibangun di tepi laut, klenteng ini justru terlihat dibangun di atas laut dikarenakan dikelilingi oleh hutan bakau di sekelilingnya.

Tempat Ibadah Sembahyang Umat Khonghucu di Surabaya

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Klenteng Sanggar Agung diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk persembahyangan umat Khonghucu di Surabaya baik secara reguler atau pada acara-acara besar.

Rekomendasi Klenteng dan Vihara Dengan Arsitektur Terbaik Terpopuler


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel