gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Sekilas Arsitektur Klenteng Hok Lay Kiong

Fri Jul 19 2024

Sekilas Arsitektur Klenteng Hok Lay Kiong

Fri Jul 19 2024


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, klenteng merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan klenteng baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar ratusan bangunan klenteng yang beroperasi di Indonesia.

Dimana Lokasi Klenteng Hok Lay Kiong Berada?

Klenteng Hok Lay Kiong diketahui berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Kenari 1 No.1, Margahayu, Bekasi Timur. Jika diurut rutenya, klenteng di Bekasi ini hanya berjarak sekitar 5,5 km atau sekitar 15 menit dari pusat kota Bekasi. Klenteng ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian.

Pembangunan Klenteng Hok Lay Kiong

Bicara siapa yang membangun Hok Lay Kiong, klenteng Hok Lay Kiong dibangun pada 1800an oleh sejumlah masyarakat Tionghoa di Bekasi. Klenteng ini dikembangkan dengan gaya arsitektur tradisional tionghoa yang tidak pernah diubah sedikit pun sejak dibangun. Warna dari klenteng ini didominasi oleh warna merah dimana sangat identik dengan warna otentik etnis tionghoa. Bangunan klenteng diketahui dilengkapi dengan sejumlah komponen seperti area peribadatan, ornamen-ornamen etnis tionghoa, dan sejumlah fasilitas umum. 

Spesifikasi Klenteng Hok Lay Kiong

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan klenteng Hok Lay Kiong memiliki luas kurang lebih 700 m2. Bicara spesifikasinya, bangunan klenteng Hok Lay Kiong terdiri dari sebuah bangunan yakni klenteng itu sendiri

Fakta-Fakta Seputar Klenteng Hok Lay Kiong

Salah Satu Ikon di Bekasi

Selain sebagai tempat peribadatan umat Buddha, Taoisme dan Konghucu, Hok Lay Kiong juga difungsikan sebagai ikon pariwisata di daerah Bekasi. Adapun harga tiket masuk Hok Lay Kiong yakni gratis. 

Klenteng Tertua di Bekasi

Melihat dari tahun didirikannya, klenteng berusia 300 tahun ini diketahui merupakan klenteng tertua yang ada di Bekasi.

Makna Nama Hok Lay Kiong

Bicara tentang makna nama, Hok Lay Kiong adalah bermakna 'istana yang mendatangkan rezeki'. 

Tempat Ibadah Sembahyang Umat Khonghucu di Bekasi

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Klenteng Hok Lay Kiong diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk persembahyangan umat Khonghucu di Bekasi baik secara reguler atau pada acara-acara besar.

Rekomendasi Klenteng dan Vihara Dengan Arsitektur Terbaik Terpopuler

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Cek juga sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan dan renovasi properti milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel