gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Arsitektur Klenteng Sam Poo Kong

Mon Aug 14 2023

Pembangunan dan Arsitektur Klenteng Sam Poo Kong

Mon Aug 14 2023


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, klenteng merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan klenteng baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar ratusan bangunan klenteng yang beroperasi di Indonesia.

Dimana Lokasi Klenteng Sam Poo Kong Berada?

Klenteng Sam Poo Kong diketahui berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat. Jika diurut rutenya, klenteng di Semarang ini hanya berjarak sekitar 5 km atau sekitar 15 menit dari pusat kota Semarang. Klenteng ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian dan berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan Klenteng Sam Poo Kong

Bicara siapa yang membangun Sam Poo Kong, klenteng Sam Poo Kong dibangun pada 1724 oleh Wang Jing Hong . Klenteng ini dikembangkan dengan gaya arsitektur oriental yang memadukan arsitektur tradisional tionghoa dengan arsitektur jawa (joglo) . Warna dari klenteng ini didominasi oleh warna merah dimana sangat identik dengan warna otentik etnis tionghoa. Bangunan klenteng diketahui dilengkapi dengan sejumlah komponen seperti area peribadatan, ornamen-ornamen etnis tionghoa, dan sejumlah fasilitas umum. 

Spesifikasi Klenteng Sam Poo Kong

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan klenteng Sam Poo Kong memiliki luas sebesar 3,2 hektare yang terdiri dari bangunan klenteng dan sejumlah area terbuka yang fungsional. Bicara spesifikasinya , bangunan klenteng Sam Poo Kong terdiri dari 6 bangunan. Adapun bangunan-bangunan tersebut antara lain yakni;

  • Bangunan kelenteng Utama
  • Kelenteng Dewa Bumi
  • Klenteng Kyai Juru Mudi
  • Klenteng Kyai Nyai Tumpeng dan Kyai Tjundrik Bumi
  • Klenteng Kyai Jangkar
  • Gua Pemujaan Sam Poo Kong

Fakta-Fakta Seputar Klenteng Sam Poo Kong

Merupakan Daerah Tujuan Wisata di Semarang

Selain sebagai tempat peribadatan umat Buddha, Taoisme, dan Konghucu, Sam Poo Kong juga difungsikan sebagai ikon pariwisata di daerah Semarang Adapun harga tiket masuk Sam Poo Kong yakni mulai dari Rp15.000.

  • Akulturasi Budaya Indo-Tionghoa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, klenteng sam poo kong diketahui mengadopsi dua gaya arsitektur etnis yakni tionghoa dan jawa. Pencampuran dua gaya arsitektur berdasarkan etnis ini diketahui merupakan wujud dari akulturasi budaya.

  • Diambil Dari Nama Laksamana Cheng Ho

Nama Sam Poo Kong sendiri diambil dari nama lain pelaut tiong hoa terkenal yakni Laksamana Cheng Ho

Tempat Ibadah Sembahyang Umat Khonghucu di Semarang

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Klenteng Sam Poo Kong diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk persembahyangan umat Khonghucu di Semarang yang diselenggarakan tahunan seperti tahun 2023 ini.

Rekomendasi Klenteng dan Vihara Dengan Arsitektur Terbaik Terpopuler


Kamu Mungkin Suka

image

Rumah Putih Grezenberg Kaliurang: Bukti Sejarah Kekokohan Bangunan Kolonial

3 Oktober 2023

image

Pembangunan dan Spesifikasi Gereja Blenduk Semarang

29 September 2023

image

Pembangunan dan Spesifikasi Gereja Mawar Sharon Surabaya

29 September 2023

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 831 1468 0068
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2023 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel