gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Berapa Jumlah Anak Tangga yang Benar Sesuai Anjuran Feng Shui?

Thu Apr 18 2024

Berapa Jumlah Anak Tangga yang Benar Sesuai Anjuran Feng Shui?

Thu Apr 18 2024


banner-pesan-tukang copy.png

Siapa nih yang baru tahu kalo ada cara khusus untuk nentuin jumlah anak tangga dalam sebuah bangunan? Ternyata dalam menentukan desain dan jumlah anak tangga tidak bisa sembarangan, loh. Ada yang bilang jumlah anak tangga harus ganjil atau harus genap, sebenarnya ini hanya mitos. Tentunya bisa dua-duanya, asal metode yang digunakan dalam menentukan jumlah dan desain anak tangga itu benar.

Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Desain anak tangga yang benar ini wajib hukumnya karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan. Bayangkan jika kita jatuh dari tangga karena bentuknya curam, kita bisa terluka sampai parah. Yuk, simak apa saja yang harus diperhatikan supaya tangga tidak curam dan enak dipijak.

Baca Juga: Model Railing Tangga Terbaru

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Berapa Ukuran Anak Tangga yang Ideal? 

Anak tangga ini terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian horizontal yang kita injak, yang disebut antrede atau riser ,dan bagian vertikal yang menjadi bagian langkah naik yang disebut optrede atau tread. Idealnya, dimensi antrede/riser ini sekitar 20-30cm dan optrede/tread sekitar 15-20cm.

Agar seluruh penghuni rumah bisa menginjak anak tangga dengan aman dan nyaman, biasanya ukuran vertikal normal yang diambil adalah angka tengahnya, yaitu sekitar 25 cm. Selain itu, sudut kemiringan tangga juga harus diperhatikan, kemiringan tangga umumnya berkisar antara 30 hingga 40 derajat dari bagian horizontal. yaitu antrede/riser.

Baca juga: Tangga Melayang, Amankah di Aplikasikan untuk Bangunan Bertingkat?

Rumus Menentukan Jumlah Anak Tangga

Berikut rumus umum menghitung jumlah anak tangga:

Tinggi tangga secara keseluruhan (h) dibagi tinggi setiap anak tangga (t). 

Jika anak tangga dalam suatu set tangga lebih dari 12, sebaiknya kita perlu memiliki bordes. Apa itu Bordes? Bordes berfungsi untuk tempat kita beristirahat sejenak supaya ketika naik tangga tidak mudah lelah. Untuk bordes, kita bisa mengurangi jumlah anak tangga 1 buah karena digantikan oleh bordes ini.

Baca Juga: Letak Tangga Menurut Feng Shui

Perhatikan juga faktor lain seperti penyesuaian anak tangga dengan besarnya langkah dari pengguna tangga. Kemudian, faktor keamanan juga perlu dipertimbangkan seperti pegangan tangan yang aman dan tidak mudah slip.

Berapa Banyak Anak Tangga untuk Tinggi 3 Meter?

Jika tinggi antar lantai sudah diketahui dan ketinggian anak tangga sudah ditentukan, maka Anda tinggal menggunakan rumus di atas. 

Untuk bangunan dengan ketinggian antar lantai sekitar 3 meter (300cm) dengan ketinggian anak tangga yang diinginkan  20 cm, maka (h)/(t) = 300cm/20cm = 15 anak tangga.

Berapa Banyak Anak Tangga untuk Tinggi 4 Meter?

Misalkan pengguni rumah memiliki postur tinggi, jadi menginginkan anak tangga berukuran 25 cm. Maka, kita gunakan perhitungannya adalah 400cm dibagi 25cm = 16 anak tangga.

Tertarik untuk membuat tangga dengan jumlah dan desain yang benar? Serahkan pembuatan tangga hunian kamu pada tukang Gravel. Order sekarang dari aplikasi Gravel, ya!


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel