gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Tangga Melayang: Estetika & Unik, Tapi Bisakah Diterapkan di Semua Bangunan?

Fri May 31 2024

Tangga Melayang: Estetika & Unik, Tapi Bisakah Diterapkan di Semua Bangunan?

Fri May 31 2024


Kok bisa ada tangga melayang? Pastinya udah gak asing lagi kan sama desain tangga yang melayang. Apakah ini yang dinamakan sihir? Bukan dong pastinya, tangga model floating ini bisa dibuat dengan sistem kantilever. 

Baca juga: Begini Jumlah Anak Tangga Menurut Feng Shui yang Benar!

Apa itu Konstruksi Tangga Melayang?

Bicara tentang apa itu tangga melayang, adapun definisi tangga melayang adalah konstruksi tangga yang dapat berdiri tanpa keberadaan tiang penyangga atau pilar. Tangga melayang sangat populer menggunakan sistem kantilever, dimana sebuah struktur horizontal hanya ditopang di satu sisi saja. 

Oleh karena itu, tangga melayang biasanya ditempatkan menempel ke tembok/dinding. Jangan khawatir, tangga ini tentu sangat aman. Yuk simak beberapa informasi mengenai sistem kantilever pada tangga melayang.

Jenis-jenis Tangga Melayang

Berikut adalah beberapa jenis tangga melayang yang populer:

1. Tangga Melayang dengan Kabel Baja:

  • Jenis tangga melayang ini menggunakan kabel baja yang tersembunyi di dalam struktur tangga untuk menopang anak tangga
  • Kabel baja dihubungkan ke dinding atau langit-langit, dan mereka menahan berat tangga dan orang yang menggunakannya
  • Tangga melayang dengan kabel baja adalah pilihan yang populer karena kuat, tahan lama, dan dapat disesuaikan dengan berbagai gaya dekorasi

2. Tangga Melayang dengan Batang Logam:

  • Jenis tangga melayang ini menggunakan batang logam padat yang tersembunyi di dalam struktur tangga untuk menopang anak tangga
  • Batang logam dihubungkan ke dinding atau langit-langit, dan mereka menahan berat tangga dan orang yang menggunakannya
  • Tangga melayang dengan batang logam adalah pilihan yang populer karena kokoh, tahan lama, dan memiliki tampilan yang modern

3. Tangga Melayang Konsol:

  • Jenis tangga melayang ini menggunakan konsol yang dipasang di dinding untuk menopang anak tangga
  • Konsol biasanya terbuat dari kayu, logam, atau beton
  • Tangga melayang konsol adalah pilihan yang populer karena mudah dipasang dan memiliki tampilan yang minimalis

4. Tangga Melayang Spiral:

  • Jenis tangga melayang ini memiliki bentuk spiral yang melingkar ke atas
  • Tangga melayang spiral biasanya terbuat dari logam atau kayu
  • Tangga melayang spiral adalah pilihan yang populer karena menghemat ruang dan memiliki tampilan yang elegan

5. Tangga Melayang Kaca:

  • Jenis tangga melayang ini menggunakan anak tangga kaca yang transparan
  • Anak tangga kaca biasanya ditopang oleh kabel baja atau batang logam yang tersembunyi
  • Tangga melayang kaca adalah pilihan yang populer karena memberikan tampilan yang ringan dan lapang

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Melayang

Berikut kelebihan dan kekurangan tangga melayang yang perlu Anda pertimbangkan:

Kelebihan Tangga MelayangKekurangan Tangga Melayang
  • Estetika modern dan unik
  • Membutuhkan perhitungan struktur yang cermat
  • Memberikan kesan ruang lebih lapang
  • Biaya pembuatan lebih tinggi
  • Hemat ruang karena minim struktur penopang
  • Kurang ideal untuk anak-anak dan lansia
  • Mudah dibersihkan
  • Membutuhkan bahan berkualitas tinggi

 

 Metode Pemasangan Tangga Melayang Kantilever

Rangka anak tangga untuk floating stairs ini bisa menggunakan beton bertulang ataupun baja yang ditanam pada dinding struktural (load-bearing wall). Terdapat beberapa cara untuk memasang kantilever anak tangga ini, mulai dari stair stringers (ibu tangga) yang ditanam di dalam dinding, sampai kantilever baja yang menggantung di dinding.

Ada juga pemasangan dengan struktur hidden stair stringers, dimana kita membutuhkan dinding yang sifatnya berfungsi untuk menahan beban (load bearing), biasanya adalah dinding beton bertulang. Ibu tangga (stringers) yang terbuat dari baja ditanam di dalam dinding. Baja kantilever yang menopang anak tangga menempel pada stringers ini. Umumnya terdapat Penutup anak tangga untuk membuat penampilan lebih rapi yang dipasang diatas baja kantilever.

Bagaimana Kalau Kita Tidak Punya Dinding Struktur?

Kita bisa membuat struktur rangka baja, atau struktur balok beton bertulang yang terhubung dengan struktur asli untuk menjadi penopang dari stair stringers ini. Sistem ini memang sedikit rumit namun cara ini diperlukan untuk kenyamanan serta keamanan tangga.

Pemasangan Kantilever Anak Tangga

Untuk tangga melayang model ini setiap anak tangga yang berupa kantilever baja dibautkan ke dinding secara individual, sistemnya mirip seperti menempelkan rak dinding. 

Terlihat mudah yah kalo sama seperti dengan menempelkan rak dinding, tetapi sebenarnya enggak juga loh karena rak dinding hanya menopang beban yang ringan. Metode ini cocok untuk tangga melayang yang memiliki permukaan yang tidak terlalu lebar, sekitar 90cm. Pijakan anak tangga kemudian ditempel di atas baja kantilevernya.

Gimana, Udah tertarik punya tangga yang estetik? Serahkan pembuatan tangga hunian kamu pada tukang Gravel. Order sekarang dari aplikasi Gravel, ya!


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel