gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Tangga Melayang dengan Keunikan Estetika yang Menarik

Wed Sep 20 2023

Mengenal Tangga Melayang dengan Keunikan Estetika yang Menarik

Wed Sep 20 2023


Kok bisa ada tangga melayang? Pastinya udah gak asing lagi kan sama desain tangga yang melayang. Apakah ini yang dinamakan sihir? Bukan dong pastinya, tangga model floating ini bisa dibuat dengan sistem kantilever. 

Apa itu Konstruksi Tangga Melayang?

Bicara tentang apa itu tangga melayang, adapun definisi tangga melayang adalah konstruksi tangga yang dapat berdiri tanpa keberadaan tiang penyangga atau pilar. Tangga melayang sangat populer menggunakan sistem kantilever, dimana sebuah struktur horizontal hanya ditopang di satu sisi saja. 

Oleh karena itu, tangga melayang biasanya ditempatkan menempel ke tembok/dinding. Jangan khawatir, tangga ini tentu sangat aman. Yuk simak beberapa informasi mengenai sistem kantilever pada tangga melayang.

Beberapa Metode Pemasangan Tangga Melayang Kantilever

Rangka anak tangga untuk floating stairs ini bisa menggunakan beton bertulang ataupun baja yang ditanam pada dinding struktural (load-bearing wall). Terdapat beberapa cara untuk memasang kantilever anak tangga ini, mulai dari stair stringers (ibu tangga) yang ditanam di dalam dinding, sampai kantilever baja yang menggantung di dinding.

Ada juga pemasangan dengan struktur hidden stair stringers, dimana kita membutuhkan dinding yang sifatnya berfungsi untuk menahan beban (load bearing), biasanya adalah dinding beton bertulang. Ibu tangga (stringers) yang terbuat dari baja ditanam di dalam dinding. Baja kantilever yang menopang anak tangga menempel pada stringers ini. Umumnya terdapat Penutup anak tangga untuk membuat penampilan lebih rapi yang dipasang diatas baja kantilever.

Bagaimana Kalau Kita Tidak Punya Dinding Struktur?

Kita bisa membuat struktur rangka baja, atau struktur balok beton bertulang yang terhubung dengan struktur asli untuk menjadi penopang dari stair stringers ini. Sistem ini memang sedikit rumit namun cara ini diperlukan untuk kenyamanan serta keamanan tangga.

Pemasangan Kantilever Anak Tangga

Untuk tangga melayang model ini setiap anak tangga yang berupa kantilever baja dibautkan ke dinding secara individual, sistemnya mirip seperti menempelkan rak dinding. 

Terlihat mudah yah kalo sama seperti dengan menempelkan rak dinding, tetapi sebenarnya enggak juga loh karena rak dinding hanya menopang beban yang ringan. Metode ini cocok untuk tangga melayang yang memiliki permukaan yang tidak terlalu lebar, sekitar 90cm. Pijakan anak tangga kemudian ditempel di atas baja kantilevernya.

Gimana, Udah tertarik punya tangga yang estetik? Serahkan pembuatan tangga hunian kamu pada tukang Gravel. Order sekarang dari aplikasi Gravel, ya!


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel