gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Panduan Menempatkan Jendela Dapur Dekat Kompor

Mon Jul 17 2023

Panduan Menempatkan Jendela Dapur Dekat Kompor

Mon Jul 17 2023


Salah satu pertimbangan penting dalam desain dapur adalah penempatan jendela di dekat area kompor. Keputusan ini dapat mempengaruhi aspek fungsionalitas, keamanan, dan estetika ruang dapur. Dalam menempatkan jendela dapur dekat kompor, perlu dipertimbangkan berbagai faktor untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penggunaan ruangan tersebut.

Baca juga: Apa Saja Material Table Top Dapur yang Terbaik?

Keuntungan Menempatkan Jendela Dapur Dekat dengan Kompor

Jika Anda ingin mempertimbangkan memasang jendela pada dapur Anda yang berdekatan dengan kompor, berikut ini adalah beberapa keuntungannya;

  1. Pencahayaan alami: Jendela dapur yang dekat dengan kompor dapat memberikan pencahayaan alami yang lebih baik saat memasak. Cahaya matahari yang masuk melalui jendela dapat membuat ruangan terasa lebih terang dan nyaman.

Baca Juga: Untung Rugi Mengaplikasikan Roller Blind di Jendela

  1. Ventilasi tambahan: Jendela dekat kompor dapat membantu meningkatkan ventilasi dapur. Udara segar dari luar dapat masuk melalui jendela, membantu mengurangi kelembapan dan bau yang dihasilkan selama memasak.
  2. Pemandangan luar ruangan: Jika dapur Anda berada di tempat dengan pemandangan yang indah, memiliki jendela dekat kompor dapat memberikan pemandangan luar ruangan yang menyenangkan saat memasak atau membersihkan.

Meskipun ada beberapa keuntungan ini, penting untuk mempertimbangkan risiko dan keamanan yang terkait dengan jendela dapur yang dekat dengan kompor.

Baca juga: Memilih Keramik Backsplash di Dapur? Jangan Salah Jenis!

Pedoman Jarak Aman Memasang Jendela Dapur Dekat Kompor

Ada beberapa aturan dan pedoman tentang jarak yang aman antara jendela dapur dan kompor. Meskipun aturan ini dapat bervariasi tergantung pada peraturan lokal atau tipe bangunan, beberapa pedoman umum meliputi:

  • Minimal 30-45 cm: Sebagian besar ahli merekomendasikan agar terdapat jarak minimal 30-45 cm antara jendela dan permukaan kompor untuk menghindari risiko paparan panas yang berlebihan.
  • Pertimbangkan perlindungan tambahan: Jika jendela berada dalam jarak yang lebih dekat dengan kompor, pertimbangkan untuk menggunakan perlindungan tambahan seperti pelindung panas atau bahan tahan panas di sekitar jendela.
  • Ikuti petunjuk produsen: Selalu periksa petunjuk produsen perangkat kompor Anda, karena mungkin ada rekomendasi khusus tentang jarak yang aman antara kompor dan jendela.

Jenis Jendela yang Aman untuk Ditempatkan di Dekat Area Kompor

Berikut adalah beberapa jenis jendela yang aman untuk ditempatkan di dekat area kompor:

  • Jendela kaca tempered: Jendela kaca tempered (kaca tahan panas) memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu tinggi dan perubahan suhu yang cepat. Ini menjadikannya pilihan yang aman untuk ditempatkan di dekat kompor.
  • Jendela kaca keramik: Jendela kaca keramik memiliki sifat tahan panas yang baik dan dapat menahan suhu tinggi hingga 760 derajat Celcius. Mereka juga tahan terhadap perubahan suhu yang cepat dan tidak mudah pecah.
  • Jendela aluminium: Jendela aluminium merupakan pilihan yang baik karena aluminium tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah terbakar. Selain itu, aluminium memiliki kekuatan struktural yang baik.

Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel