gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Apakah Cat Dinding Menggelembung Itu Wajar?

Fri Dec 08 2023

Apakah Cat Dinding Menggelembung Itu Wajar?

Fri Dec 08 2023


Cat dinding yang menggelembung bukanlah masalah yang langka. Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami masalah hunian ini. Area di dinding muncul gelembung-gelembung cat yang pastinya mengganggu penglihatan dan geregetan ingin memecahkannya. Banyak orang berasumsi bahwa itu adalah efek dari pemilihan cat yang kurang bagus, perubahan suhu pada udara, umur cat yang sudah tua. Lalu, apakah beberapa alasan ini benar? 

Baca Juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah 2023

Sebenarnya beberapa alasan diatas mungkin saja benar pada kasus tertentu, tetapi alasan yang tepat bukan hal tersebut. Jadi karena kurang tepat, bisa kita kategorikan mitos yah. Yuk simak fakta - fakta tentang penyebab dan juga solusi dari cat menggelembung.

Baca juga: Intip Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda

Penyebab Cat yang Menggelembung

Ada beberapa penyebab cat dinding menggelembung, termasuk:

  • Pengaplikasian cat pada dinding lembab atau saat sinar matahari langsung terkena.
  • Permukaan dinding yang kurang dibersihkan sebelum pengecatan.
  • Kesalahan pengecatan seperti penggunaan cat alkali di atas cat berbasis air.

Jika menghadapi masalah ini, langkah yang tepat adalah mengikisnya terlebih dahulu. Mengenali kondisi penyebab dan menangani secara tepat akan membantu memperbaiki masalah dengan efektif. Mengakhiri dengan menutupi cat menggelembung dengan cat baru segera adalah solusi yang kurang tepat.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Apakah Ada Jenis Cat yang Lebih Rentan untuk Menggelembung?

Tidak ada jenis cat khusus yang secara kategoris lebih rentan. Namun, beberapa faktor, seperti formula cat, aplikasi, dan kondisi permukaan, dapat mempengaruhi kemungkinan cat menggelembung. Cat berbasis air atau aplikasi berlebihan mungkin rentan, tetapi faktor-faktor lain seperti persiapan permukaan juga berperan. 

Apa Solusi Dari Cat Menggelembung?

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menangani cat dinding yang menggelembung:

  • Kikis bagian cat yang menggelembung dengan menggunakan pisau dempul, jangan sampai ada bagian yang terlewat. Apabila hampir semua bagian tembok menggelembung maka Anda harus mengikis semua. 

Baca juga: Intip Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-Abu Muda

  • Langkah selanjutnya  adalah, mengaplikasikan kompon atau wall sealer pada lubang-lubang yang tadi telah dikikis. Hal ini diperlukan untuk menggantikan lapisan cat yang terangkat, kompon juga dapat menjadi dasar yang bagus untuk sebuah tembok sebelum proses pengecatan.

Baca juga: Rekomendasi Contoh Warna Cat Rumah Minimalis 2023

  • Amplas dinding supaya permukaannya rapi dan kembali halus. Saat pelapisan dinding dengan kompon permukaan dinding menjadi tidak rata dan cenderung kasar. Amplas membuat bagian dinding menjadi halus dan menghindari adanya gumpalan berlebih pada tembok. 
  • Beri cat primer, dan aplikasikan kembali cat finishing sesuai dengan kebutuhan dindingmu. Jadi pada saat proses pengecatan biasakan untuk menggunakan cat primer dan cat finishing agar tembok memiliki layer yang tepat dan bertahan lama.

Baca juga: Begini Cara Memilih Cat Tembok Aesthetic yang Benar

Kalo Anda masih bingung dan punya masalah soal cat tembok yang menggelembung, serahkan saja pada Gravel Maintenance. Ada fitur surveyor juga yang bisa bantu Anda untuk mengkalkulasi dan mengevaluasi masalah pada dinding hunian Anda. Setelah itu tukang berkualitas akan selesaikan masalah dinding Anda.
 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel