gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Cara Membuat Garasi Mobil Sederhana Anti Gagal!

Thu Jul 18 2024

Cara Membuat Garasi Mobil Sederhana Anti Gagal!

Thu Jul 18 2024


Garasi atau carport penting untuk dimiliki jika Anda memiliki kendaraan bermotor. Selain untuk melindungi kendaraan, pastinya Anda tidak mau mobil, motor, atau kendaraan lain milik Anda mengganggu tetangga dengan parkir di sembarang tempat, menghalangi jalan atau parkir di depan rumah tetangga tanpa izin. Dan yang paling penting, sayang juga punya mobil tapi kena panas hujan terus menerus.

Berapa Ukuran Garasi yang Ideal?

Ukuran garasi ideal adalah yang pertama perlu Anda ketahui sebelum membuat garasi mobil sederhana. Kebanyakan mobil memiliki lebar sampai 2.1 meter, panjang hingga 5.8 meter (untuk mobil besar) dan tinggi sampai 1.8 meter. Sisakan area kurang lebih 50 cm di sisi kanan dan kiri mobil sebagai ruang untuk keluar masuk mobil. Dengan perhitungan ini, rata-rata ukuran garasi adalah sekitar 3 x 6 meter.

Baca juga: Perbedaan Carport dan Garasi: Apa itu?

Tips Membuat Garasi Mobil Sederhana 

Pembuatan garasi tidak sesulit yang dikira, namun syarat utamanya jelas: ada lahan yang tersedia untuk dijadikan garasi. Agar pembuatan garasi sesuai ekspektasi, ayo simak tips Gravel berikut ini.

  • Pastikan Garasi Menampung Semua Kendaraan Anda

Sebelum membuat garasi, pastikan dulu ukuran mobil, motor, sepeda atau kendaraan lain yang Anda punya. Pertimbangkan ukuran garasi, pastikan muat ketika pintu kendaraan dibuka. Kalo terlalu sempit, bisa-bisa malah gak bisa keluar dari mobil.

Baca Juga: Apa itu Self Healing Concrete?

  • Hindari Penggunaan Material Lantai yang Licin

Untuk lantai garasi, Anda harus pintar dalam memilih materialnya. Pilih penutup lantai yang tidak licin agar ban kendaraan tidak mudah selip. Beberapa material yang bisa kamu pakai di antaranya adalah:

  1. Keramik unglazed
  2. Plester semen
  3. Concrete Block/Paving Block
  4. Batu Koral Sikat
  5. Batu alam 
  • Pilih Material Atap: Transparan atau Tertutup

Pilihan material atap garasi atau carport bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kalau ingin area rumah lebih terang, bisa pakai atap yang sifatnya transparan seperti polikarbonat, fiberglass, atau kaca. Kalau ingin mobil terhindar dari panas, bisa pakai atap yang tertutup seperti kayu, tensile membrane, dan material tertutup lainnya.

  • Jangan Lupa Rencanakan Aksesnya

Selain material dan ukuran garasi, jangan lupa rencanakan akses garasi atau carport. Pastikan aksesnya mudah untuk kendaraan keluar masuk dan berbelok ke jalanan. Jangan sampai letaknya bikin Anda selalu kerepotan saat harus mengeluarkan kendaraan. Sediakan juga ruang untuk membuka semua pintu mobil serta membuka dan menutup pintu garasi.

Setelah empat poin di atas sudah terpenuhi, saatnya mewujudkan rencana membuat garasi sederhana di rumah. Biar pengerjaannya lancar, rapi dan sesuai ekspektasi, pastikan menggunakan tukang dari Gravel yang terbukti pengalamannya. 


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel