gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Apa itu Carport? Bedanya Apa dengan Garasi?

Thu Nov 16 2023

Apa itu Carport? Bedanya Apa dengan Garasi?

Thu Nov 16 2023


Carport adalah solusi parkir yang mungkin sering terlupakan, namun sebenarnya sangat berharga. Selain menyediakan perlindungan dari cuaca eksternal, carport juga memiliki keuntungan biaya yang signifikan dan berpotensi untuk meningkatkan nilai properti Anda. Sebagai tambahan, carport bisa menjadi investasi yang cerdas untuk kendaraan Anda. Mari kita simak secara lengkap disini !

Apa itu Carport

Carport adalah struktur atap terbuka yang berfungsi untuk melindungi kendaraan dari sinar matahari, hujan, dan debu. Meskipun sering dianggap sebagai alternatif yang lebih murah dan mudah dibangun daripada garasi, carport sebenarnya memiliki keuntungan dan keunikan tersendiri yang dapat membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk beberapa situasi.

Apa Perbedaan Carport dengan Garasi?

Secara definisi, carport adalah sebuah struktur atap sederhana yang didesain untuk menyediakan tempat parkir kendaraan. Berbeda dengan garasi, carport tidak memiliki dinding yang menyelubungi kendaraan. Hal ini membuat carport menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki ruang parkir terbuka dan lapang, serta lebih mudah dan cepat untuk dipasang.

Keuntungan Memiliki Carport di Rumah

  • Biaya Efisien

Keuntungan pertama yakni carport efisien dalam hal biaya. Karena tidak memiliki dinding dan pintu, carport jauh lebih murah dibandingkan dengan garasi. Bahkan, banyak orang yang memilih untuk membangun carport sendiri, sehingga biaya yang dikeluarkan dapat diminimalisir.

  • Pelindung Kendaraan dari Pergantian Cuaca

Meskipun lebih murah, carport tetap dapat memberikan perlindungan kendaraan Anda dari cuaca. Atap carport yang terbuka dapat membantu mendinginkan mobil Anda pada saat cuaca panas, sementara juga melindunginya dari hujan atau salju. Dalam beberapa kasus, bahkan mungkin lebih efektif dalam melindungi kendaraan dari hujan dan panas terik karena angin yang lebih mudah melewati carport daripada garasi.

  • Tempat Multifungsi

Selain untuk kendaraan, carport juga dapat digunakan untuk keperluan lain. Beberapa orang memanfaatkan carport sebagai tempat berkumpul keluarga dan teman, atau bahkan sebagai ruang untuk bercocok tanam. Dengan berbagai macam desain dan bahan yang dapat digunakan, carport dapat diubah menjadi sebuah tempat yang multifungsi dan menarik.

  • Meningkatkan Nilai Properti

Penting untuk diingat bahwa carport dapat meningkatkan nilai properti rumah Anda. Selain memberikan tempat parkir yang aman untuk kendaraan, carport juga dapat meningkatkan tampilan dan fungsi rumah Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, mempertimbangkan pembangunan carport dapat menjadi keputusan yang baik dan cerdas bagi pemilik rumah.

Memilih Desain Carport yang Tepat

Dalam memilih desain carport yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti ukuran kendaraan Anda, gaya arsitektur rumah Anda, dan faktor cuaca yang terjadi di daerah Anda. Anda juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan, seperti kayu atau besi, dan mempertimbangkan faktor keamanan dan daya tahan.

Cara Merawat Carport

  • Bersihkan carport secara teratur dengan menyapu atau mencuci menggunakan air dan sabun lembut.
  • Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak permukaan carport.
  • Periksa kekuatan struktur secara berkala.
  • Lakukan perawatan rutin, seperti melumasi engsel atau baut yang longgar.
  • Perbaiki segera kerusakan atau korosi yang terlihat pada carport.
  • Hindari menumpuk barang berat atau tajam di atas carport.
  • Jaga agar area sekitar carport tetap bersih dan terjaga.

Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel