gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengapa Rumah Prefab Menjadi Pilihan Terbaik Saat Ini?

Wed May 29 2024

Mengapa Rumah Prefab Menjadi Pilihan Terbaik Saat Ini?

Wed May 29 2024


Ilustrasi Rumah Prefab Modular
Sumber: Pinterest

Pernah dengar istilah rumah prefab atau rumah prefabrikasi?

Rumah prefab atau rumah prefabrikasi telah menjadi salah satu inovasi menarik dalam industri konstruksi modern. Dengan pendekatan yang efisien dan ramah lingkungan, rumah-rumah ini semakin populer di kalangan mereka yang mencari solusi hunian yang cepat dan berkualitas tinggi. Metode prefab atau prefabrikasi melibatkan produksi komponen bangunan di pabrik sebelum dirakit di lokasi akhir. Keunggulan utamanya termasuk penghematan waktu, biaya, dan limbah konstruksi yang dihasilkan. Dari desain yang minimalis hingga desain kreatif yang lebih kompleks, rumah-rumah prefab atau rumah prefabrikasi memberikan pilihan menarik bagi mereka yang ingin menggabungkan gaya hidup modern dengan kemudahan pembangunan.

Baca Juga: Begini Panduan Sukses Membangun Rumah di Lahan Miring

Apa itu Rumah Prefab?

Rumah prefab atau rumah prefabrikasi adalah jenis rumah yang dibangun dengan menggunakan material-material yang telah diproduksi di pabrik, kemudian tinggal dirakit seperti lego di lokasi konstruksi. Rumah prefab seringkali disebut juga dengan nama rumah pre-cast.

konstruksi-rumah-prefabrikasi.webp
Sumber: newhousesource

Pertimbangan Memakai Rumah Prefab

Keunggulan Rumah Prefabrikasi

  • Pengerjaan Cepat dan Efisien

Keuntungan utama dari rumah prefab atau rumah prefabrikasi adalah dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membangun. Pembangunan rumah prefabrikasi bisa dilakukan dalam waktu yang jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan pembangunan rumah konvensional. Hal ini dikarenakan material-material yang dipakai sudah siap digunakan, hanya perlu dirakit di lokasi konstruksi.

  • Harga terjangkau

Bicara apakah rumah prefab lebih murah daripada rumah konvensional? Tentu jawabannya adalah lebih murah rumah prefab. Rumah prefab sering dianggap lebih ekonomis daripada rumah konvensional. Ini karena rumah prefab dibangun dalam pabrik dengan efisiensi biaya yang lebih tinggi. Proses produksi yang terkendali mengurangi pemborosan material dan waktu. Biaya tenaga kerja cenderung lebih rendah karena pekerjaan di pabrik lebih efisien.

  • Tahan Gempa

Rumah prefab dipercaya sebagai rumah yang lebih tahan gempa. Dengan penggunaan material seperti baja ringan dan dinding bata ringan atau precast, rumah ini jadi lebih tahan guncangan jika dibandingkan dengan material-material berat yang dipakai di rumah konvensional.

Baca Juga: Apa itu Rangka Baja Ringan dan Apa Saja Jenisnya?

Kekurangan Rumah Prefabrikasi

  • Desain Kurang Fleksibel

Kekurangan rumah prefabrikasi adalah memiliki keterbatasan dalam desain. Karena material-materialnya diproduksi secara massal di pabrik, hal ini membuat rumah prefab atau rumah prefabrikasi kurang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan desain yang diinginkan.

Baca juga: Begini Standar Ukuran Bata Ringan yang Tepat!

  • Sulit Dimodifikasi

Bukan hanya desain yang kurang fleksibel, jika ada yang ingin dimodifikasi atau renovasi dari rumah ini relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan rumah konvensional.

Penerapan Rumah Prefab di Indonesia

Di Indonesia, rumah prefab atau rumah prefabrikasi ini biasa juga disebut rumah knock down atau rumah modular. Awalnya dibangun di kawasan industri, kawasan bencana, maupun daerah wisata. Namun sekarang sudah banyak yang membangun rumah prefabrikasi di kawasan hunian. 

Rumah Prefab Ramah Lingkungan

Rumah prefab ramah lingkungan merupakan solusi inovatif untuk hunian berkelanjutan. Dibangun dengan material ramah lingkungan seperti kayu daur ulang, bambu, dan baja ringan, rumah prefab meminimalkan emisi karbon dan limbah konstruksi. Proses pembangunannya yang modular dan efisien di pabrik juga menghemat penggunaan energi dan sumber daya alam.


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel