gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Rangka Baja Ringan: Jenis dan Manfaatnya

Mon Oct 30 2023

Rangka Baja Ringan: Jenis dan Manfaatnya

Mon Oct 30 2023


Rangka Baja Ringan Gambar Utama.jpg
Shutterstock

Dalam dunia konstruksi, penggunaan bahan yang kuat namun ringan menjadi salah satu faktor penting untuk membangun bangunan yang kokoh namun tetap efisien. Salah satu bahan yang sedang populer digunakan dalam konstruksi bangunan adalah rangka baja ringan. Yuk, kenali lebih dalam!

Rangka baja ringan terbuat dari baja dengan massa ringan. Biarpun begitu, baja ini memiliki kekuatan yang tinggi. Bahan ini diproduksi melalui proses cold-forming, di mana baja ditekan dan dibentuk dengan mesin sehingga membentuk profil yang diinginkan. 

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual baja ringan 2024

Bicara tentang rangka atap baja ringan pakai apa materialnya, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan atap dari bahan Polikarbonat atau Serat (Fiber). Keduanya mudah diinstalasi dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.
 

Nah, rangka baja ringan dapat digunakan untuk berbagai macam konstruksi, seperti struktur gudang atau bangunan komersial. Namun, baja ringan sangat umum digunakan sebagai rangka untuk atap. 

Jenis Baja Ringan

Baja Ringan Kanal C

Disebut sebagai kanal C memiliki bentuk menyerupai huruf C dan berfungsi sebagai penyusun rangka atap dan kanopi rumah. Pasalnya kanal C dikenal akan kekuatannya dan bisa menahan atap, kanopi, dan langit-langit rumah. 

Baja Ringan Hollow

Rangka Baja Ringan Gambar 1.jpg
iStock

Jenis lainnya adalah baja ringan hollow yang berbentuk balok dengan bagian dalamnya kosong. Baja ringan hollow terbuat dari material galvanis. Harga baja ringan hollow disebut cukup murah. Namun, kekurangannya ialah baja ini lebih cepat korosi dibandingkan bahan lainnya. Fungsi baja ringan hollow antara lain sebagai bahan baku atap, kanopi, dan plafon. 

Baja Ringan Reng

Reng adalah baja ringan dalam bentuk bilah-bilah yang dipasang melintang sebagai sangkutan genteng atau seng pada kasau.

Baja Ringan Kaso

Jenis baja ringan kaso atau truss berfungsi sebagai rangka atap dan komponen penguat tiang dan kuda-kuda. Baja ringan ini memiliki ketebalan yang kuat dan mengandung banyak zinc

Baja Ringan Spandek

Spandek merupakan baja ringan yang berbentuk lembaran dan bergelombang. Biasa jenis baja ringan ini digunakan sebagai penutup atau lapisan luar kerangka atap dan dinding. 

Rangka Baja Ringan Gambar 2 .jpg
iStock

Baja Ringan Bondek

Bondek adalah jenis baja ringan yang sering digunakan sebagai rangka atap atau sebagai pelapis dan pembungkus untuk menahan beban dan tekanan beton. 

Kelebihan Rangka Baja Ringan

  • Kuat dan Kokoh

Meskipun terbuat dari bahan yang ringan, rangka baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi dan mampu menahan beban yang berat. Selain itu, rangka baja ringan memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang.

  • Tidak Mudah Lapuk atau Dimakan Rayap

Rangka baja ringan tidak mudah lapuk atau dimakan rayap, sehingga lebih tahan lama dan meminimalisir biaya perawatan bangunan. Hal ini berbeda dengan penggunaan kayu sebagai bahan rangka, yang rentan terhadap serangan rayap atau jamur.

Baca Juga: Begini Keunggulan Penerapan Kanopi Kayu pada Hunian

  • Mudah Dipasang dan Efisien
     
Rangka Baja Ringan Gambar 3.jpg
iStock

Rangka baja ringan dapat dipasang dengan cepat dan mudah, sehingga menghemat waktu dan biaya dalam proses konstruksi. Selain itu, bahan ini lebih efisien dalam penggunaan material, karena lebih sedikit limbah yang dihasilkan dibandingkan dengan penggunaan kayu sebagai bahan rangka.

  • Ramah Lingkungan

Penggunaan rangka baja ringan juga ramah lingkungan, karena mengurangi penebangan pohon untuk dijadikan kayu sebagai bahan rangka. Selain itu, rangka baja ringan dapat didaur ulang setelah masa pemakaian.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel