gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pengertian Exhaust Fan, Jenis & Manfaatnya

Mon Nov 13 2023

Pengertian Exhaust Fan, Jenis & Manfaatnya

Mon Nov 13 2023


Pernah merasa pengap ketika berada di kamar mandi atau dapur tanpa jendela ventilasi? Mungkin ruangan-ruangan tersebut butuh exhaust fan. 

banner-pesan-tukang copy.png

Apa itu Exhaust Fan?

Pengertian exhaust fan itu sendiri merupakan alat penyedot udara yang membantu mengeluarkan udara yang lembap atau terkontaminasi untuk keluar. Khususnya untuk ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk. 

Baca juga: Dimana Lokasi Pemasangan Outdoor AC yang Benar?

Exhaust fan atau juga biasa disebut blower ini akan mengganti udara kotor yang telah keluar dengan udara baru. Sehingga udara segar dapat kembali terhirup dan tentunya hal tersebut  berpengaruh pada kualitas kesehatan penghuni rumah. Exhaust fan biasa dipasang di kamar mandi, dapur, atau ruangan yang tidak memiliki ventilasi. 

exhaust-fan .jpeg

(Sumber: Getty Images - Saduegra)

Baca juga: Kegunaan Alumunium Foil Pada Atap

Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi atau Dapur 

Sebenarnya exhaust fan ini termasuk kipas angin juga. Letak perbedaannya dengan kipas angin biasa adalah exhaust fan cara kerjanya adalah dengan menyedot udara dan membuangnya lewat saluran untuk dibuang ke luar ruangan atau ke ruangan terbuka di luar rumah. 

banner-maintenance copy.png

Untuk menemukan titik keluar yang baik, Anda harus mencari rute terpendek dan paling lurus dari exhaust fan menuju ke udara luar. Jarak yang ideal biasanya 1-2 meter sehingga udara lembap atau kotor dapat keluar dengan mudah. Pipa yang terlalu panjang atau berkelok akan membuat saluran exhaust jadi tidak efisien. Outlet dari saluran exhaust ini bisa menembus tembok atau atap. Sedangkan salurannya disembunyikan di atas plafon supaya lebih rapi. 

Pasanglah dengan cermat dan pastikan ada cukup ruang untuk melakukan transisi dari rumah kipas ke saluran. Selain itu, hal yang perlu dipastikan lainnya adalah tutup ventilasi bersih dari penghalang dan area-area rental, misalnya pipa air atau aliran listrik. Pemasangan yang rapi dan tepat akan menentukan tingkat kenyamanan dan keberfungsian dari exhaust fan.

Web Banner_Gravel Borongan.png

Baca juga: Begini Cara Menambal Plafon Gypsum yang Bolong di Rumah

Jenis Exhaust Fan 

Jika sebelumnya sudah memahami pengertian exhaust fan dan kegunaannya di kamar mandi dan di dapur. Sebenarnya ada beragam jenis exhaust fan lainnya. Apa saja jenisnya dan di mana saja penempatannya? 

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png
  • Exhaust Fan Inline

Jenis exhaust fan ini terdiri dari saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. Biasa dipasang di gedung tapi juga dapat dipasang di rumah jika Anda membutuhkannya. Exhaust ini dipasang di ruangan yang tidak memiliki akses ke ruangan terbuka, sehingga punya jalur sendiri. 
 

in-line-exhaust dan-thelightingoutlet.jpeg

(Sumber: Pinterest - Thelightingoutlet)

  • Exhaust Fan di dinding 

Seperti namanya, exhaust fan ini dipasang di dinding dan bisa ditempatkan di ruang makan atau area dapur. Jenis exhaust fan ini memungkinkan udara di dalam ruangan keluar langsung melalui kipas itu sendiri. 

  • Exhaust Fan Eksterior

Jenis exhaust fan ini cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin menghindari kebisingan karena diletakan di luar ruangan. 

  • Exhaust Fan Kompor (cooker hood)

Cooker hood adalah jenis exhaust fan ini diletakan langsung di atas kompor. Berguna untuk membuang atau menyedot uap, bau, dan asap dari proses masak. 
 

narrow-white-glossy-hood-hob-with-backlight-against-background-white-tiles.jpg
  • Exhaust Fan Jendela

Jenis exhaust fan ini bisa ditempatkan di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar. Jangan lupa arahkan kipas ke area ruang terbuka. Anda bisa memasangnya di jendela dengan syarat ukuran 3-7 mm. 

Baca juga: Jenis Plafon Rumah Terbaru 2024

Anda perlu memahami bahwa efektivitas blower akan dipengaruhi oleh ukuran ruangan dan kecepatan aliran udara yang diperlukan dari ruangan yang dipasang exhaust fan. Hasil kinerjanya pun ditentukan dari benar tidaknya titik pemasangan. 

bathroom-ventilation-fan-modern-interior-design-apartment-photo.jpg

Nah itu dia pengertian exhaust fan, manfaat, dan jenisnya. Upayakan pilih exhaust fan yang bagus sebelum mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat dan semakin sehat dengan kualitas udara yang lebih baik, ya.

Baca juga: Begini Cara Membuat Peredam Suara Sendiri di Rumah


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel