gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pedoman Pencahayaan Rumah yang Optimal

Wed Mar 13 2024

Pedoman Pencahayaan Rumah yang Optimal

Wed Mar 13 2024


Pencahayaan adalah elemen penting dalam interior rumah Anda. Biar pencahayaan di rumah makin oke dan menambah kenyamanan. Yuk, simak tips bagaimana cara membuat pencahayaan di rumah bisa bikin suasana hati makin baik.

Baca Juga: Untung Rugi Mengaplikasikan Roller Blind di Jendela

Kriteria Pencahayaan Rumah yang Baik

pencahayaan-rumah

1. Memilih Lampu yang Tepat 

Lampu yang tepat dapat meningkatkan kualitas pencahayaan rumah dan menghemat biaya listrik rumah Anda. Berikut tiga langkah memilih lampu yang tepat:

  • Perhatikan tipe lampu. Ada tiga jenis lampu: lampu incandescent, lampu fluorescent, dan lampu LED. Lampu LED adalah pilihan terbaik karena efisien energi dan umurnya yang lebih panjang
  • Perhatikan kecerahan lampu yang diukur dalam lumen. Semakin tinggi jumlah lumen, semakin cerah lampu
  • Perhatikan warna cahaya. Cahaya putih hangat memberikan suasana yang lebih nyaman dan cocok untuk ruang keluarga, sedangkan cahaya putih dingin cocok untuk dapur dan kamar mandi

Baca: Cara Menghitung Titik Lampu yang Dibutuhkan

2. Mengandalkan Berbagai Sumber Cahaya 

Jika hanya mengandalkan satu sumber cahaya dalam satu ruangan, ruangan akan terasa flat dan beberapa sudutnya menjadi gelap. Gunakan beberapa sumber cahaya untuk menampilkan ruang yang lebih hidup dan terang.

3. Gunakan Lampu yang Efisien dan Cocok di Dalam Rumah 

Lampu LED adalah pilihan terbaik untuk efisiensi energi. Mereka dapat bertahan hingga 25 kali lebih lama dan dapat menghemat hingga 90% energi dibandingkan lampu pijar tradisional. Lampu neon compact (CFL) juga merupakan pilihan yang baik karena menggunakan 70-80% energi yang lebih sedikit daripada bohlam tradisional biasa. Namun, yang harus diperhatikan pada CFL adalah kandungan merkurinya dan harus dibuang dengan benar.

Teknik Pencahayaan Aktif & Pasif

Teknik pencahayaan aktif dan pasif merupakan dua pendekatan utama dalam menciptakan pencahayaan ruangan. Keduanya memegang peranan penting dalam desain ruang untuk mencapai keseimbangan pencahayaan yang optimal.

  • Teknik Pencahayaan Aktif
    Teknik pencahayaan aktif melibatkan upaya untuk memanfaatkan cahaya alami dari luar ruangan dengan mengarahkannya ke titik yang diinginkan melalui rekayasa alur cahaya. Beberapa contoh teknik pencahayaan alami aktif meliputi:
    • Light Shelf: Penggunaan penyangga cahaya untuk memantulkan dan mendistribusikan cahaya alami ke dalam ruangan
    • Prismatic Skylight: Penggunaan material prisma untuk mengarahkan cahaya matahari ke dalam ruangan
    • Light Tube: Tabung yang mengarahkan cahaya matahari dari atap ke ruangan di bawahnya

 

  • Teknik Pencahayaan Pasif
    Pencahayaan alami pasif, sebaliknya, tidak melibatkan rekayasa alur cahaya. Intensitas cahaya dan arahnya tergantung sepenuhnya pada sumber cahaya alami. Secara prinsip, teknik pencahayaan pasif mirip dengan jendela, di mana cahaya alami masuk tanpa pengaturan khusus.

Cara Merancang Sistem Pencahayaan Rumah yang Baik

Merancang sistem pencahayaan yang baik melibatkan pengaturan cahaya yang optimal di seluruh ruangan. Gravel punya tips agar cahaya ruangan lebih optimal: 

  1. Gunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin, misal dengan jendela besar, tirai tipis, dan cermin untuk memantulkan cahaya
  2. Gunakan kombinasi lampu langit-langit dan lampu meja atau lampu dinding untuk memberikan cahaya yang cukup di seluruh ruangan
  3. Gunakan saklar ganda untuk mengontrol pencahayaan yang berbeda sesuai kebutuhan

Maksimalkan Pencahayaan Alami di Dalam Rumah

Pencahayaan alami memberikan banyak manfaat, termasuk menghemat biaya listrik dan meningkatkan kesehatan. Pertama, gunakan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Pastikan jendela selalu bersih agar cahaya matahari dapat masuk dengan optimal. Kedua, gunakan tirai tipis untuk memungkinkan cahaya matahari masuk dengan bebas. Ketiga, tambahkan cermin ke dinding yang menghadap jendela untuk memantulkan cahaya matahari ke seluruh ruangan. Keempat, pilih warna dinding dan furnitur yang cerah untuk memantulkan cahaya alami dan membuat ruangan terlihat lebih cerah.

Pemilihan dan penggunaan pencahayaan rumah yang tepat dapat memberikan banyak manfaat untuk rumah Anda. Memilih jenis lampu yang tepat, mengatur pencahayaan yang optimal, dan memaksimalkan pencahayaan alami dapat membuat rumah Anda lebih nyaman dan hemat energi. Ingat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahlinya. Di Gravel tersedia tukang listrik yang sudah pasti ahli dan terampil, siap untuk memberikan pelayanan terbaik soal kelistrikan di rumahmu!


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel