gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Perlu Tahu! Penyebab & Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Thu Mar 21 2024

Perlu Tahu! Penyebab & Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Thu Mar 21 2024


Keramik kamar mandi yang bocor adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Yang merepotkan adalah kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada dinding atau lantai, mengakibatkan kebocoran air, dan bahkan meningkatkan risiko kecelakaan di kamar mandi. Untungnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa langkah sederhana. Simak 5 tips sederhana untuk mengatasi keramik kamar mandi bocor ala Gravel.

4 Penyebab Keramik Kamar Mandi Bocor

Ciri-ciri keramik kamar mandi bocor adalah dari lantai kamar mandi keluar air atau rembes. Apabila kamar mandi berada di atas, rembesan airnya bisa bocor ke mana-mana dan berdampak ke plafon di lantai bawahnya. 

Kenapa kamar mandi rembes atau lantainya keluar air? Berikut beberapa faktor biang keroknya: 

  1. Kualitas keramik rendah - Keramik yang tipis, mudah retak dan pecah mengakibatkan air merembes ke lapisan bawah keramik.
  2. Kondisi lantai kamar mandi rusak - Penyebabnya bisa dari plesteran yang rusak, retak, bahkan lantai amblas, jadi otomatis permukaan keramik bocor.
  3. Pemasangan keramik tidak rapi - Rekatan semen yang kurang kuat atau posisi keramik tidak simetris juga bisa menyebabkan keramik bocor.
  4. Salah pakai waterproofing - Pemilihan waterproofing atau lapisan anti bocor yang tidak sesuai untuk fungsi kamar mandi membuat waterproofing cepat aus, lapisannya cepat rusak, sehingga rembes ke keramik kamar mandi.

Baca juga: 6 Rekomendasi Jenis Lantai Kamar Mandi yang Estetik

Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor Secara Mudah

  • Identifikasi Penyebab Kerusakan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab kerusakan pada keramik. Kerusakan bisa saja terjadi karena usia, keausan, pemasangan yang buruk, atau adanya kebocoran di area sekitarnya. Dengan mengidentifikasi penyebabnya, Anda dapat memahami sumber masalah dan lebih mudah mencari solusi yang tepat.

Baca juga: Cara Perbaikan Atap Bocor

  • Periksa dan Bersihkan Area yang Rusak

Sebelum memperbaiki keramik yang bocor, pastikan untuk membersihkan area tersebut terlebih dahulu. Hapus semua kotoran dan sisa-sisa material lain yang mungkin menghambat proses perbaikan. Jika diperlukan, gunakan pembersih khusus untuk menghilangkan noda atau kerak pada keramik.

  • Gunakan Sealant atau Lem Khusus

Jika keramik mengalami retak kecil atau hanya bocor di area tertentu, gunakan sealant atau lem khusus yang tahan air untuk memperbaikinya. Pastikan area yang akan diperbaiki bersih dan kering sebelum mengoleskan sealant. Kemudian, biarkan sealant mengering sepenuhnya sesuai petunjuk produsen sebelum menggunakannya kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat Secara Mudah

  1. Ganti Keramik yang Rusak

Jika keramik kamar mandi mengalami kerusakan parah atau bocor pada banyak area, langkah terbaik adalah menggantinya dengan yang baru. Lepaskan keramik yang rusak dengan hati-hati dan pastikan untuk membersihkan permukaan bawahnya dari sisa perekat lama sebelum memasang keramik yang baru.

  • Panggil Profesional

Jika Anda tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukan perbaikan sendiri, jangan ragu untuk memanggil profesional. Jasa tukang pemasangan keramik atau tukang tata letak dapat membantu mengatasi masalah ini dengan lebih cepat dan efisien. Lewat layanan Gravel maintenance, Anda dapat dengan mudah melakukan perbaikan keramik kamar mandi. Anda juga dapat dengan mudah menggunakan fitur surveyor untuk membantu anda menganalisa kerusakan lainnya pada kamar mandi Anda. Setelah itu surveyor akan membantu mulai dari perencanaan, penggunaan material, dan hal lainnya sampai urusan konstruksi Anda selesai.

Selalu ingat untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengikuti petunjuk produsen secara tepat. Dengan mengatasi keramik kamar mandi yang bocor dengan tepat, Anda dapat menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kamar mandi Anda untuk waktu yang lebih lama.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel