gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mudah dan Praktis: Kamar Mandi Dalam Kamar yang Nyaman!

Fri Jul 26 2024

Mudah dan Praktis: Kamar Mandi Dalam Kamar yang Nyaman!

Fri Jul 26 2024


Apa itu kamar mandi dalam kamar dan mengapa banyak pemilik rumah menginginkannya mungkin menjadi sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan. Apalagi mengingat mulai banyaknya penghuni rumah yang mengaplikasikannya dibanding dengan kebiasaan memisahkan kamar dengan kamar mandi.

Memiliki kamar mandi dalam kamar memiliki banyak manfaat. Selain memiliki privasi yang lebih baik karena penggabungannya, kamar mandi dalam kamar juga memberikan kenyamanan dan kemudahan akses untuk rutin membersihkannya setiap hari. Tidak hanya itu, dengan memiliki kamar mandi dalam kamar, Anda dapat meningkatkan nilai properti rumah dan memberikan sentuhan mewah pada ruangan tidur Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Berapa Ukuran Ideal Kamar Mandi dalam Kamar?

Bicara tentang berapa ukuran ideal kamar mandi dalam kamar, minimal yakni 1,5 x 1,5 m.  Tidak hanya berkenaan dengan luasan kamar tidur 12 m2, ukuran ini sesuai dengan standar untuk kamar mandi dalam kamar tidur yang simpel.

Nah, membuat kamar mandi di dalam kamar tidur kalau salah penanganan malah bisa bikin lembab dan mengundang jamur buat ruang sekitarnya juga. Karena letaknya yang di dalam ruangan lain, banyak yang harus diperhatikan supaya tidak salah langkah. Berikut adalah cara merancangnya !

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual pipa 2024

Bagaimana Cara Merancang Kamar Mandi dalam Kamar yang Baik dan Benar?

  • Rencanakan Layout & Luas Kamar Mandi Dalam Kamar

Keberadaan kamar mandi pasti akan bikin kamar tidur makin kelihatan penuh dan sempit. Setidaknya, kita butuh luasan 2x2 meter untuk kamar mandi dan toilet yang nyaman di kamar, dan masih menyisakan ruang sekitar 12m2 sebagai kamar tidur yang tidak terasa sesak. Pastikan ada ruangan yang cukup untuk menambah kamar mandi di dalam kamar ya.

  • Ventilasi yang baik dan Sinar Matahari

Dalam merancang kamar mandi dalam kamar, yang paling utama tentu saja perhatikan bukaan ventilasi dan sinar matahari. Berikan sebanyak mungkin ventilasi udara dan sinar matahari ke dalam ruangan kamar mandi/toilet supaya tidak bau dan tidak lembab, dan lengkapi dengan exhaust fan. Baiknya untuk menghubungkan bukaan ini dengan udara dari arah luar rumah

  • Merencanakan Pemipaan Saluran Air Bersih dan Kotor

Perencanaan sistem pemipaan juga memegang peran penting dalam mewujudkan kamar mandi yang tidak lembab. Pastikan saluran air bersih dan kotornya tidak mengganggu jalur pipa yang sudah ada. Pastikan juga kapasitas septic tank mampu menampung limbah dari kamar mandi baru ini!

Baca juga: Cara Membuat Septic Tank yang Benar

  • Jangan Lupakan Waterproofing

Kamar mandi di dalam kamar berpotensi membawa kelembaban dan resiko rembesan air di dinding. Gunakan metode waterproofing yang benar supaya dinding kamar tidak mudah rusak dan berjamur!

Ukuran Standar Kamar Mandi dalam Kamar Tidur

Ukuran standar kamar mandi dalam kamar tidur dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti luas kamar tidur, anggaran, dan kebutuhan individu.

Namun, secara umum, berikut adalah beberapa ukuran standar yang umum digunakan:

  • Kamar mandi kecil: 1,5 m x 1,5 m. Ukuran ini ideal untuk kamar tidur kecil atau untuk kamar mandi yang hanya digunakan untuk keperluan dasar seperti mandi dan toilet.
  • Kamar mandi sedang: 2 m x 2 m. Ukuran ini cukup untuk menampung shower, toilet, dan wastafel.
  • Kamar mandi besar: 2,5 m x 2,5 m atau lebih. Ukuran ini memungkinkan ruang untuk bathtub, shower, toilet, wastafel, dan bahkan lemari penyimpanan.

Perlu diingat bahwa ini hanya ukuran standar, dan Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Kamar Mandi dalam Kamar

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi, penting untuk membersihkan area seperti toilet, wastafel, dan shower secara rutin menggunakan pembersih yang sesuai. Penggunaan sikat gigi disarankan untuk menjangkau sela-sela dan sudut yang sulit dibersihkan. Ventilasi yang baik harus dijaga untuk mencegah kelembaban berlebih yang dapat menyebabkan jamur. 

Kaca dan cermin perlu dibersihkan dengan pembersih kaca untuk menghilangkan noda dan meningkatkan kilau. Lantai dan dinding sebaiknya dibersihkan dengan penyeka mandi atau lap basah. Handuk dan kain mandi harus dicuci dan diganti secara berkala. Selain itu, penting untuk segera memeriksa dan memperbaiki kerusakan atau kebocoran pada pipa dan keran. 

Untuk membersihkan kerak, gunakan sikat atau pembersih khusus. Area sekitar wastafel dan area basah lainnya harus tetap bersih dan kering, serta penggunaan penyegar udara atau pengharum dapat membantu menjaga kamar mandi tetap segar dan harum.
 


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel