gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Bebas Berantakan! Cara Mengebor Tembok yang Praktis dan Tepat

Wed Apr 17 2024

Bebas Berantakan! Cara Mengebor Tembok yang Praktis dan Tepat

Wed Apr 17 2024


Kalau ingin memasang kabinet dapur atau rak gantung, tentunya kita perlu melubangi atau menancapkan paku untuk pasang penyangga di tembok. Salah satu caranya adalah dengan mengebor tembok. Bagaimana cara mengebor yang benar dengan hasil yang rapi? Berikut teknik mengebor yang benar: 

Baca juga: Model Tembok Kamprotan yang Estetik

Persiapan Sebelum Mengebor Tembok

Sebelum mulai pengeboran tembok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pastikan titik yang di bor tidak bersinggungan dengan jalur listrik, air bersih atau utilitas rumah lain. Misalnya, tidak mengebor persis di atas stop kontak, atau dekat dengan keran air.
  2. Hindari mengebor di bagian struktur. Bagian-bagian struktur ini biasanya ada di sudut dinding dan di bagian kolom/tiang. Bagian struktur bangunan biasanya terbuat dari besi tulangan dan beton dimana sulit ditembus oleh aktivitas pengeboran.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Dinding Rembes yang Benar!

Yang Perlu Diperhatian Saat Mengebor Tembok

Saat mengebor tembok, perhatikan beberapa hal penting berikut: 

  1. Kenakan Pengaman

Pastikan untuk mematuhi aturan keselamatan dan memakai peralatan pelindung diri seperti kacamata, telinga, dan masker debu saat mengebor. Hindari penggunaan aksesoris, seperti cincin atau lainnya, untuk mencegah alat meleset saat pengeboran.

  1. Persiapkan Alat Bor

Gunakan mata bor sesuai kebutuhan. Pastikan terpasang benar dan kencang. Jika menggunakan bor tangan, pastikan tangan bebas dari gerakan yang tidak stabil.

  1. Tentukan Lokasi Mengebor

Tentukan lokasi yang akan dibor dan garis arah bor. Pastikan bor akan tidak terhambat oleh peralatan lain atau benda-benda yang berada di sekitarnya. Di bagian tembok yang akan dibor, tandai dengan selotip kertas menyilang, supaya temboknya tidak retak

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Tembok Retak yang Benar !

  1. Pastikan listrik memadai dan tidak pada area basah

Colokkan bor sebelum digunakan dan cek area sekitar sumber listrik aman, tidak ada air atau basah. Hal ini penting untuk keamanan dan keselamatan selama proses pengeboran. 

  1. Aplikasikan Pengeboran

Nyalakan alat bor dan pastikan bor berputar dengan kecepatan yang tepat. Tekan bor ke tembok dengan tekanan yang sesuai dan mulailah mengebor. Jangan memaksakan bor untuk membuat lubang yang lebih besar dari yang diinginkan. Setelah melalui tembok, matikan bor dan lepaskan dari tembok.

  1. Bersihkan Sisa Pengeboran

Saat mengebor tentu akan ada debu dari material dinding. Bersihkan debu yang tercipta saat mengebor dan pastikan lubang yang dibuat bersih dan bebas dari sisa-sisa material.

Cara Mengebor Tembok Rapi Tidak Berantakan

Mengebor tembok dengan hasil yang rapi  memerlukan teknik yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pilih Posisi Pengeboran yang Tepat: Posisi yang benar memastikan presisi dan efektivitas, menjaga ketajaman mata bor, dan mengurangi kebutuhan penggantian.
  • Gunakan Mata Bor yang Sesuai: Untuk mengebor tembok atau dinding, gunakan mata bor khusus untuk dinding bata/hebel/beton. Atur tekanan sesuai tingkat kekerasan dinding, misal hebel tidak sekeras batu bata atau beton, jadi tekanannya dikurangi.
  • Mulai dengan Ukuran Kecil: Untuk presisi, mulailah dengan mata bor berdiameter kecil dan bertahap naikkan ukurannya sampai mencapai diameter lubang yang diinginkan.
  • Atur Kecepatan Mesin Bor: Sesuaikan kecepatan putar mesin bor sesuai dengan ukuran mata bor; gunakan kecepatan tinggi untuk mata bor kecil, terutama saat mengebor besi.
  • Pilih Tipe Bor yang Sesuai: Untuk pengeboran beton, pilihlah bor dengan fitur impact yang memiliki gerakan memutar dan memukul. Ini efektif untuk menembus beton. Saat mengebor bata atau hebel, gunakan bor biasa tanpa fitur impact untuk mencegah kerusakan dan memastikan lubang yang rapi dan presisi.

Bagaimana Cara Menambal Lubang Bor di Tembok?

Menambal lubang bor di tembok adalah proses mudah yang bisa dilakukan sendiri dengan beberapa alat dan bahan sederhana. Pertama, bersihkan lubang bor dari debu dan kotoran. Kemudian, isi lubang dengan pasta penambal menggunakan pisau dempul, pastikan terisi merata dan sedikit menonjol. Ratakan dan haluskan pasta penambal setelah kering dengan ampelas halus. Terakhir, cat tembok (opsional) jika lubang masih terlihat.

Dengan mengikuti tips mudah mengebor tembok yang disebutkan di atas, Anda dapat memastikan bahwa pekerjaan Anda berjalan dengan lancar dan hasil akhir yang memuaskan. Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan keselamatan dan memakai peralatan pelindung diri saat mengebor untuk memastikan keselamatan Anda.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel