gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Rayap di Kusen Pintu? Ini Cara Mengatasinya!

Mon Jul 22 2024

Rayap di Kusen Pintu? Ini Cara Mengatasinya!

Mon Jul 22 2024


Rayap merupakan serangga yang hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu. Rayap senang berada di tanah atau pada area yang lembab, dan hidup untuk terus memperbesar koloninya.

Baca juga: Desain Pintu Rumah Terpopuler Untuk Berbagai Tipe Rumah

Pada musim hujan koloni rayap ini melakukan ekspansi, dan memilih rumah kita menjadi sarangnya! Rayap ini bisa datang dari tanah dan naik melalui lantai atau sela-sela ubin, dan mulai mencari tempat yang lembab dan dekat dengan kayu untuk mulai membangun sarang.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri Rumah Sehat yang Benar !

Tanda-tanda Serangan Rayap Pada Kusen Pintu

  1. Pintu terasa sulit dibuka-tutup. Karena rayap memakan kayu, kotoran atau 'lumpur' dari rayap tersebut membentuk suatu lingkungan protektif yang menyimpan kelembaban. Hal ini menyebabkan kayu memuai kita sulit membuka atau menutup pintu.
  2. Kusen terasa kopong dan keropos. Rayap biasanya memakan kayu dari dalam ke luar dan meninggalkan lapisan tipis Sehingga, ketika Anda mengetuk atau menekan area kayu yang diserang rayap, maka akan terdengar berongga atau terasa tipis karena sebagian (atau semua) isi kayu tersebut telah digerogoti oleh rayap.

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual kayu triplek 2024

  1. Muncul pasir rayap. Salah satu tanda gejala serangan rayap kayu kering adalah ditemukannya kotoran rayap berwarna coklat seperti pasir di dekat kusen jendela, kusen pintu, atau di dekat plint lantai. Sedangkan serangan rayap tanah ditandai dengan adanya terowongan tanah di sudut-sudut ruangan, bahkan di atas keramik sekalipun!
  2. Ada bunyi berderik dari kusen, furniture, atau plint lantai Kalau tanda-tanda di atas belum muncul namun sudah ada bunyi berderik dari dalam kusen, kita harus waspada! Tandanya rayap sudah mulai makan-makan di dalam.

Baca Juga: Rekomendasi Terpopuler Pintu Kayu Jati yang Elegan

Langkah Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu?

Untuk mengatasi rayap, disarankan untuk menerapkan larutan termitisida atau membuat obat anti rayap alami sendiri. Selain itu, disarankan untuk memanfaatkan sinar matahari di rumah dengan cara membuka jendela dan pintu agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan, karena rayap lebih suka tempat yang lembab dan kurang terkena sinar matahari. 

Penggunaan dehumidifier setelah hujan juga dianjurkan, karena rayap tidak menyukai lingkungan yang kering dan dingin, sehingga ini bisa membantu menurunkan kelembaban di dalam ruangan.


Apakah Ada Efek Samping Dari Penggunaan Obat Pembasmi Anti Rayap?

Tidak ada bukti yang jelas menunjukkan bahwa closet jongkok flush lebih higienis daripada toilet duduk. Kebersihan tergantung pada penggunaan yang tepat, kebiasaan pribadi, dan sanitasi umum. Toilet duduk modern dilengkapi dengan fitur higienis seperti sistem flush yang efektif dan permukaan yang mudah dibersihkan.

Cara Mengusir Rayap dengan Bahan Alami

Terdapat beberapa larutan alami yang mengandung zat yang ampuh dalam mengusir rayap. Kulit jeruk mengandung minyak yang efektif untuk membunuh rayap dengan melarutkan eksoskeleton mereka, mengurangi kelembapan, dan menghancurkan protein hingga menyebabkan kematian. Bahan ini adalah salah satu cara alami yang cukup populer untuk mengusir rayap. Untuk mengatasi serangan rayap pada kusen kayu, Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami lainnya, seperti larutan air garam, air kapur sirih, tembakau, dan air cucian beras. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan minyak tanah dan termisida atau pembasmi rayap kimiawi yang banyak tersedia di pasaran.

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Cek juga sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan dan renovasi properti milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel