gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Bagaimana Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu ?

Thu Feb 16 2023

Bagaimana Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu ?

Thu Feb 16 2023


Rayap merupakan serangga yang hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu. Rayap senang berada di tanah atau pada area yang lembab, dan hidup untuk terus memperbesar koloninya.

Baca juga: Desain Pintu Rumah Terpopuler Untuk Berbagai Tipe Rumah

Pada musim hujan koloni rayap ini melakukan ekspansi, dan memilih rumah kita menjadi sarangnya! Rayap ini bisa datang dari tanah dan naik melalui lantai atau sela-sela ubin, dan mulai mencari tempat yang lembab dan dekat dengan kayu untuk mulai membangun sarang.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri Rumah Sehat yang Benar !

Tanda-tanda Serangan Rayap Pada Kusen Pintu

  1. Pintu terasa sulit dibuka-tutup. Karena rayap memakan kayu, kotoran atau 'lumpur' dari rayap tersebut membentuk suatu lingkungan protektif yang menyimpan kelembaban. Hal ini menyebabkan kayu memuai kita sulit membuka atau menutup pintu.
  2. Kusen terasa kopong dan keropos. Rayap biasanya memakan kayu dari dalam ke luar dan meninggalkan lapisan tipis Sehingga, ketika Anda mengetuk atau menekan area kayu yang diserang rayap, maka akan terdengar berongga atau terasa tipis karena sebagian (atau semua) isi kayu tersebut telah digerogoti oleh rayap.
  3. Muncul pasir rayap. Salah satu tanda gejala serangan rayap kayu kering adalah ditemukannya kotoran rayap berwarna coklat seperti pasir di dekat kusen jendela, kusen pintu, atau di dekat plint lantai. Sedangkan serangan rayap tanah ditandai dengan adanya terowongan tanah di sudut-sudut ruangan, bahkan di atas keramik sekalipun!
  4. Ada bunyi berderik dari kusen, furniture, atau plint lantai Kalau tanda-tanda di atas belum muncul namun sudah ada bunyi berderik dari dalam kusen, kita harus waspada! Tandanya rayap sudah mulai makan-makan di dalam.

Baca Juga: Rekomendasi Terpopuler Pintu Kayu Jati yang Elegan

Langkah Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu?

Menyemprotkan Larutan Termitisida

Langkah termudah adalah menggunakan obat anti rayap yakni larutan termitisida atau obat anti rayap alami yang dibuat secara mandiri.

Maksimalkan Paparan sinar matahari di rumah!

Rayap menyukai tempat yang lembab dan minim terkena sinar matahari. Buka jendela dan pintu, biarkan panas sinar matahari masuk ke dalam ruangan sehingga rayap tidak betah.

Gunakan Dehumidifier

Rayap tidak suka tempat yang kering dan dingin. Menyalakan dehumidifier setelah hujan bisa membantu menurunkan kelembaban di dalam ruangan.


Apakah Ada Efek Samping Dari Penggunaan Obat Pembasmi Anti Rayap?

Tidak ada bukti yang jelas menunjukkan bahwa closet jongkok flush lebih higienis daripada toilet duduk. Kebersihan tergantung pada penggunaan yang tepat, kebiasaan pribadi, dan sanitasi umum. Toilet duduk modern dilengkapi dengan fitur higienis seperti sistem flush yang efektif dan permukaan yang mudah dibersihkan.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel