gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pintu Kayu Jati: Keindahan, Ketahanan, dan Kekuatan yang Tak Tertandingi

Wed Mar 20 2024

Pintu Kayu Jati: Keindahan, Ketahanan, dan Kekuatan yang Tak Tertandingi

Wed Mar 20 2024


pintu jati gambar 1 partnership rumah123 x gravel.jpg
Sumber: iStock

Kayu jati dikenal sangat kuat dan awet sehingga ideal dijadikan material untuk membangun rumah. Punya serat dan warna yang cantik membuat tampilannya begitu indah sehingga kerap dimanfaatkan untuk membuat pintu kayu jati.

Tak hanya tahan cuaca, kayu jati juga sangat kuat dari serangan rayap dan jamur. Tak heran bila menggunakan jenis kayu ini sebagai kusen dan pintu disebut sebagai investasi jangka panjang. 

Mengenal Material Kayu Jati

Jati merupakan jenis kayu yang masuk golongan I untuk tingkat keawetan. Kayu ini antirayap karena memiliki pori-pori kecil dibandingkan jenis lainnya sehingga teksturnya padat dan sulit disusupi hewan kecil. Di Indonesia, khususnya Jepara, kayu jati menjadi bahan utama untuk membuat perabot hingga material bangunan rumah. 

Pintu yang dibuat dengan kayu jati dapat ditempatkan di mana saja seperti untuk pintu masuk, pintu kamar tidur, bahkan pintu kamar mandi yang kondisinya lembap sekalipun. Agar kualitasnya terjaga, kamu hanya perlu rutin membersihkannya dari debu dan kotoran. Di sisi lain, bila menempatkannya di area lembap, kamu cukup memulaskan vernis/pernis agar lebih kuat. 

Harga kayu jati memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan material kayu lainnya untuk pintu. Namun, harga itu tentunya sebanding dengan kualitas dan estetika  yang ditawarkan. Tertarik menggunakan pintu kayu jati untuk rumah? Yuk, Simak ragamnya berikut ini. 

Manfaat Memilih Pintu Kayu Jati

Ramah Lingkungan dan Aman: Pintu kayu jati dibuat tanpa melibatkan proses pabrikasi yang berlebihan atau penggunaan bahan kimia yang merugikan, menjadikannya lebih ramah lingkungan dan aman bagi penghuni rumah.

Beragam Model dan Pilihan: Kayu jati tersedia dalam berbagai model dan pilihan di pasaran. Anda dapat menyesuaikan desain pintu dengan tema keseluruhan rumah, bahkan bisa memesan pintu kayu jati sesuai keinginan melalui layanan kustom.

Kualitas Premium dan Tahan Lama: Kayu jati terkenal karena kualitasnya yang unggul dan daya tahannya yang luar biasa. Dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu jati mampu bertahan selama puluhan tahun. Penggunaannya tidak terbatas pada pintu saja, tetapi juga pada furnitur dan material bangunan lainnya.

Ketahanan Terhadap Cuaca Ekstrem: Pintu kayu jati tidak rentan terhadap keropos, serangan hama, atau perubahan bentuk. Kayu ini juga mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem, termasuk panas, hujan, dan salju. Ini membuatnya ideal untuk digunakan sebagai pintu depan rumah atau untuk kebutuhan luar ruangan.

Model Pintu Kayu Jati Terbaru

Pintu Louvre

pintu jati gambar 2 sumber renovatorsparadise - partnership rumah123 x gravel.jpg
Sumber: renovatorsparadise.com.au

Pintu louvre adalah jenis pintu yang terbuat dari bilah-bilah kayu dan memiliki celah kecil sebagai jalur masuk udara dan cahaya dari luar ke dalam ruangan. Desain pintunya memiliki terhubung dengan rangka kayu. 

Kayu jati bisa jadi material yang sangat bagus untuk dijadikan pintu louvre satu daun ataupun dua daun. Bila ingin tampilan yang megah dan kokoh, gunakan desain pintu louvre kayu jati sebagai main entrance rumah.

2. Pintu Lipat

pintu jati gambar 3 - partnership rumah123 x gravel.jpg
Sumber: Shutterstock

Pintu Lipat adalah jenis pintu yang terdiri dari beberapa panel kayu yang disambung dengan engsel lipat. Pintu lipat dengan material kayu jati sangat cocok digunakan sebagai pintu ruang tamu atau pintu teras, karena sistem pembukaannya yang mudah dan fleksibel.

Baca Juga: Pintu Teralis Anti Maling, Solusi Sederhana Keamanan Rumah

3. Pintu Geser

pintu jati gambar 4 - partnership rumah123 x gravel.jpg
Sumber: iStock

Pintu Geser kayu jati merupakan jenis pintu yang terdiri dari satu atau dua panel kayu yang dipasang pada rel. Pintu jenis ini sangat cocok digunakan sebagai pintu ruang tamu atau pintu balkon, karena memiliki sistem pembukaan yang praktis dan mudah digunakan.

4. Pintu Panel

pintu jati gambar 5 - partnership rumah123 x gravel.jpg
Sumber: Shutterstock

Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel