gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Batu Kumbung: Material Alternatif Pengganti Batu Bata

Mon Oct 30 2023

Batu Kumbung: Material Alternatif Pengganti Batu Bata

Mon Oct 30 2023


Siapa di sini yang pernah dengar material bernama batu kumbung? Bentuknya mirip dengan bata ringan, batu kumbung atau biasa disebut batu putih ini adalah jenis batuan sedimen batu kapur yang banyak ditemukan dan dipakai di wilayah Jawa Timur. Batu kumbung ini dianggap bisa menjadi alternatif pengganti batu bata, lho! Apa benar begitu? Cari jawabannya pada artikel ini!

Baca juga: Finishing dengan Batu Paras Jogja Bermotif

Batu Kumbung Terbuat Dari Apa?

Dalam penelitian ilmiah, Batu kumbung adalah jenis batuan sedimen yakni batuan dari endapan kapur atau batuan dolomite yang ditambang dari perbukitan dan dipotong-potong persegi dengan berbagai ukuran sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Batu kumbung sendiri memiliki rumus kimia CaMg (CO3)2 . Batu kumbung ini dianggap bisa menjadi alternatif pengganti batu bata.  

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual batu bata 2024

Berapa Ukuran Batu Kumbung?

Umumnya batu kumbung ini memiliki dimensi 20x10x8 cm untuk kebutuhan konstruksi dinding, dan ukuran 30x30x30 cm dipakai sebagai pondasi. Namun ukurannya cukup bervariasi tergantung dari produsennya.

Baca juga: Begini Standar Ukuran Bata Ringan yang Tepat!

Pengaplikasian

Batu kumbung cocok untuk dipakai pada bangunan yang memiliki kondisi tanah yang lembab dan mempunyai kadar air yang tinggi. Batu kumbung ini bisa digunakan sebagai konstruksi dinding. Batu kumbung ini teruji memiliki kuat tekan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan batu bata. 

Baca juga: Apa itu dan Apa Fungsi dari Sintered Stone?

Pondasi Pakai Batu Kumbung Apakah Kuat?

Batu kumbung memiliki sifat kuat tekan, tarik, dan geser yang lebih besar daripada batu bata dan batako, dapat memberikan stabilitas yang baik pada pondasi. Namun, pondasi dengan batu kumbung dapat kuat tergantung pada berbagai faktor, termasuk kedalaman pondasi, kualitas batu, dan desain konstruksi secara keseluruhan. 

Batu kumbung yang kuat dapat digunakan dalam pondasi, terutama jika telah diperhitungkan dan direncanakan dengan benar oleh seorang insinyur sipil atau arsitek yang berpengalaman. Penting untuk diingat bahwa pondasi yang kuat sangat penting dalam konstruksi bangunan untuk menjaga stabilitasnya. 

Untuk memastikan bahwa pondasi dengan batu kumbung benar-benar kuat, Anda harus berkonsultasi dengan  profesional konstruksi dan pakar geoteknik yang dapat mengevaluasi kondisi tanah, desain pondasi, dan jenis batu kumbung yang digunakan, serta untuk memastikan pondasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokasi Anda.

Apa Kelebihan Batu Kumbung?

  • Kokoh dan Kuat

Batu kumbung ini dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan batu bata. Kuatnya batu kumbung dibuktikan dari uji kuat tekan yaitu dengan rata-rata 22,5-32,5 kg/cm2, jika dibandingkan dengan batu bata yaitu sekitar 11,2 kg/cm2

  • Pemasangannya Mudah

Karena ukurannya yang terbilang besar menjadikan batu ini dapat dipasang dengan mudah dan cepat. Hemat tenaga, hemat waktu.

  • Mudah Menyatu dengan Material Lain

Keunggulan lainnya yaitu mudah menyatu dengan bahan dasar lain seperti semen, sehingga bisa menghasilkan dinding atau pondasi yang memiliki kekuatan dan kesatuan yang baik.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel