gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Begini Tinggi Keran Yang Benar !

Tue May 16 2023

Begini Tinggi Keran Yang Benar !

Tue May 16 2023


Pernah mengalami keran wudhu ketinggian, sampe wudhu berasa mandi? Atau letak shower yang kependekan sampai saat keramas Anda harus jongkok? Nah tidak semua tinggi keran itu bisa disama ratakan, harus disesuaikan dengan kebutuhannya karena fungsinya yang berbeda-beda.

Ini sebabnya kenapa kita butuh peletakan keran yang tepat. Perencanaan peletakan keran ini gak bisa mendadak baru dipasang pas rumah udah jadi loh! Rencana letak keran/fixture ini harusnya berbarengan dengan perencanaan plumbing atau pemipaan karena akan dipasang sekaligus!

Rincian Tinggi Keran Sesuai Kebutuhan

  • Keran Wastafel/Sink

Wastafel dan sink ini harus nyaman digunakan dalam keadaan berdiri. Idealnya, ketinggian keran ini berada 85cm dari lantai, memperhitungkan ketinggian sink/wastafel yang sekitar 75-77cm.

  • Tinggi Keran Wudhu

Ketinggian keran diukur dari lantai yang sejajar dengan posisi tempat pengguna berdiri. Jika tinggi keran terlalu rendah, posisi wudhu jadi terlalu membungkuk. Sebaliknya, posisi keran yang terlalu tinggi membuat percikan air menjadi terlalu keras dan luas sebarannya. Sebaiknya, tinggi keran wudhu berkisar antara 80-100 cm ya.

Baca juga: Inspirasi Desain Tempat Wudhu di Rumah Anda

  • Keran Bak Mandi

Keran bak mandi sebaiknya menyesuaikan dengan tinggi bak mandinya juga. Keran bak mandi sebaiknya tidak terlalu tinggi dari permukaan air maksimum dalam bak, supaya air yang mengalir tidak memercik terlalu luas saat mengenai permukaan air. Jangan juga terlalu rendah supaya keran tidak terendam air di bak saat penuh. Idealnya, sekitar 10-15 cm dari permukaan bak.

  • Tinggi Keran Shower

Supaya aman dan nyaman, ketinggian kepala shower harus lebih tinggi dari rata-rata tinggi badan manusia. Ukuran yang umum digunakan adalah sekitar 190-220 cm dari lantai. Sedangkan, ketinggian keran shower harus sekitar perut orang dewasa, atau sekitar 90 cm.

  • Bidet / Jetwasher Toilet

Jetwasher ini harus diletakkan di area yang mudah diraih saat kita duduk di toilet. Ketinggiannya berkisar antara 50-75 cm tergantung dengan dimensi toiletnya. Pemipaan jetwasher ini ada yang menjadi satu dengan jalur pipa tangki toilet, ada juga yang terpisah.

Ingat, perencanaan peletakan keran ini gak bisa mendadak baru dipasang pas rumah udah jadi. Mengapa? Karena Anda harus membongkar bangunan jika hunian tersebut sudah jadi. Beda dengan Anda yang sedang membangun atau renovasi rumah, pemasangan keran sesuai tingginya baiknya dapat direncanakan bersamaan dengan rencana plumbing.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel