gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Desain Tempat Wudhu yang Mewah dan Nyaman untuk Rumah Anda

Mon May 27 2024

Desain Tempat Wudhu yang Mewah dan Nyaman untuk Rumah Anda

Mon May 27 2024


Desain tempat wudhu yang baik adalah sesuatu yang penting bagi setiap muslim yang ingin menjalankan ibadah salat dengan benar. Di bawah ini, Gravel akan memberikan beberapa tips untuk mendesain tempat wudhu yang fungsional dan estetik di rumah atau apartemen Anda, serta contoh layout yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Layout Desain Tempat Wudhu

Berikut adalah contoh layout desain tempat wudhu yang dapat digunakan sebagai referensi

desain tempat wudhu
  • Tempat Wudhu dengan Batu 

Gunakan batu koral yang bisa memberikan jalan air untuk mengalir. Gunakan juga corak warna batu koral yang sesuai dengan desain tempat wudhu Anda. 

  • Tempat Wudhu dengan Wastafel 

Pilih wastafel yang tahan air dan mudah dibersihkan. Anda juga dapat memilih wastafel dengan desain yang estetik dan sesuai dengan tema rumah atau apartemen Anda.

Baca Juga: Apakah Low Rise Apartment Lebih Murah Dibanding Apartemen Biasa?

  • Tempat Wudhu dengan Cermin

Pasang cermin di atas wastafel untuk memudahkan penggunaan tempat wudhu. Cermin juga dapat memberikan kesan lebih luas pada ruangan.

  • Tempat Wudhu dengan Pencahayaan Alami 

Anda bisa menggunakan pencahayaan alami untuk tempat Wudhu Anda untuk memberi kesan asri dan adem. Biasanya ini lebih mudah dipilih untuk tempat wudhu outdoor. 

  • Tempat Wudhu Minimalis

Dengan fokus pada penggunaan ruang yang efisien. Anda dapat mempertimbangkan pemasangan keran yang menghemat air, lantai yang mudah dibersihkan, dan perabot yang ringkas. Gunakan palet warna netral atau alami untuk menciptakan suasana yang tenang dan damai, dan tambahkan pencahayaan alami jika memungkinkan. 

Tips Desain Tempat Wudhu

  • Material yang tahan air dan mudah dibersihkan

Pastikan material yang dipilih tahan air dan mudah dibersihkan. Anda juga dapat menggunakan bahan yang tidak mudah tergores seperti keramik atau granit.

  • Buat ruang yang cukup

Pastikan ruang tempat wudhu memiliki ukuran yang cukup untuk digunakan dengan nyaman. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ruangan yang ada. Sesuaikan juga dengan pilihan penempatan tempat wudhu, indoor/outdoor. 

  • Pasang keran yang mudah dioperasikan

Pasang keran yang mudah dioperasikan untuk memudahkan penggunaan. Hindari keran yang terlalu rentan mengalirkan air dalam volume terlalu besar.  Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan keran dengan sensor untuk meminimalisir kontak dengan keran.

  • Desain yang sesuai dengan tema rumah atau apartemen

Pilihlah desain yang sesuai dengan tema rumah atau apartemen Anda. Anda dapat memilih desain yang minimalis atau desain yang lebih dekoratif tergantung pada selera Anda.

  • Tidak Terlalu Dekat Dengan Toilet 

Selain itu, keberadaan toilet yang terlalu dekat dengan tempat wudhu juga perlu dihindari. Ini bukan hanya masalah ketenteraman, tetapi juga masalah kebersihan. Menjaga jarak yang tepat antara tempat wudhu dan toilet, dapat meminimalkan risiko air cipratan dari toilet mencampur ke dalam tempat wudhu. Ini akan menjaga tempat wudhu tetap suci dan sesuai dengan tuntunan agama.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel