gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Struktur Shear Wall: Deskripsi, Fungsi, dan Keunggulannya

Mon Jul 22 2024

Struktur Shear Wall: Deskripsi, Fungsi, dan Keunggulannya

Mon Jul 22 2024


Apa itu Shear Wall?

Shear wall atau dinding geser adalah struktur beton bertulang berbentuk slab yang dipasang secara vertikal. Shear wall ini dirancang supaya bisa menahan beban atau gaya lateral (beban arah horizontal), baik yang disebabkan oleh angin maupun gempa bumi. Umumnya, shear wall dipakai pada gedung bertingkat tinggi, karena semakin tinggi bangunan, semakin besar pula gaya geser dari angin maupun gempa yang bekerja pada bangunan tersebut.

Pemasangan shear wall diketahui dapat ditempatkan di beberapa tempat. Misalnya sebagai dinding terluar, maupun dinding dalam seperti pada dinding lift atau tangga.

Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Baca juga: Apa itu Pondasi Bore Pile?

Apa Fungsi Shear Wall?

Fungsi utama shear wall adalah menjaga kestabilan bangunan tinggidalam merespon gaya lateral, supaya dapat mencegah goncangan berlebih yang diakibatkan oleh gempa bumi dan angin. Selain itu dinding geser ini dapat memberi kekakuan lateral pada struktur dan meningkatkan daya beban pikul dari dinding.

banner-maintenance copy.png

Bagaimana Pembangunan Struktur Shear Wall?

Dinding geser dianggap lebih kaku jika dibandingkan dengan elemen rangka biasa, sehingga dapat menahan beban lateral yang lebih besar. Plat lantai yang berperan sebagai diafragma horizontal meneruskan beban lateral secara merata ke dinding geser yang dijepit oleh pondasi atau basement.

banner-konsultasi.png

Peletakan shear wall pada bangunan tergantung dari beberapa faktor seperti tinggi bangunan, bentuk bangunan, kesimetrisan bangunan, hingga asumsi dari perencana bangunan.i. Jadi, jangan heran kalau di bangunan tinggi biasanya ada dinding yang tebal banget, karena fungsinya ternyata penting banget!

Apa Beda Shear Wall dengan Tembok Biasa?

Perbedaan antara shear wall dan tembok biasa terletak pada kekakuan dan kemampuan menahan beban lateral. Shear wall dirancang khusus untuk menahan beban gaya lateral seperti angin dan gempa, dengan struktur yang lebih kaku. Sementara itu, tembok biasa memiliki fungsi utama sebagai pemisah ruangan dan tidak memiliki kekakuan serta daya tahan yang sama dalam merespons gaya lateral.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Berapa Ketebalan Ideal Shear Wall?

Nominal tebal minimum dari shear wall diketahui harus 8 inci (203 mm). Tebal shear wall tentu dapat dikecualikan jika diaplikasikan pada bangunan satu lantai. Estimasi ketebalan yang diizinkan adalah minimum sebesar 6 inci (152 mm).


 


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel