gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pondasi Bore Pile: Pengertian dan Fungsi

Mon Mar 25 2024

Pondasi Bore Pile: Pengertian dan Fungsi

Mon Mar 25 2024


Selain ‘cakar ayam’, pondasi yang banyak dikenal orang salah satunya adalah pondasi bore pile. Lantas, jenis pondasi ini sebenarnya apa sih? Simak penjelasan Gravel berikut:

Apa itu Bore Pile?

Pondasi bore pile adalah bentuk pondasi beton berbentuk silinder atau tabung panjang yang tertanam di dalam tanah. Tujuan penggunakan pondasi bore pile adalah agar bangunan dapat berdiri kokoh setelah proses pembangunan selesai. Berbeda dengan tiang pancang, bore pile ini dicor di tempat setelah tanah digali dan tulangan dimasukkan ke dalamnya.

Pada Bangunan Apa Bore Pile Digunakan?

Biasanya pondasi bore pile digunakan untuk mengamankan bangunan bertingkat atau bangunan di area miring atau daerah lereng agar kestabilan bangunan terjaga. Metode bore pile ini digunakan pada pembangunan yang struktur permukaan tanahnya tidak kuat untuk menahan keseluruhan beban bangunan yang akan didirikan. Metode pengerjaannya adalah dengan cara mengebor berulang dengan tingkatan getaran yang rendah. 

Jenis Pondasi Bore Pile

  • Bore Pile Mini Crane: Pondasi bore pile dengan alat mini crane cocok untuk daerah perumahan karena minim getaran. Pengeboran menggunakan metode bor basah memerlukan sirkulasi air yang memadai. Lubang tanah dibuat, lalu besi tulangan dipasang dengan sumber air yang mencukupi.
     
  • Bore Pile Gawangan: Bore pile dengan alat gawangan memiliki lubang galian lebih besar dari bore pile mini crane. Meskipun prosesnya mirip, perbedaannya terletak pada sasis dan tiang gearboxnya. Tambang pada sisi alat menjaga keseimbangan selama pengeboran. Cocok untuk daerah pedalaman dan lahan sempit.
     
  • Strauss Pile :Bore pile manual, disebut juga bor manual, menggunakan tenaga manusia dan metode bor kering. Meskipun melelahkan, alat ini dianggap praktis, sederhana, dan ramah lingkungan karena minim air dan bising.

Kenapa Pakai Bore Pile?

Dibanding pondasi tiang pancang, bore pile tidak menimbulkan getaran besar akibat pemasangan tiang beton yang ditancapkan ke tanah.

Bicara tentang jenis bangunan yang cocok dengan pondasi bore pile, tentu adalah bangunan yang lebih tinggi, di atas 4 lantai. 

Ukuran Pondasi Bore Pile

Pada pembuatan bore pile kita bisa menggali sampai kedalaman lebih dari 10 meter dengan diameter 60 cm bahkan dengan luasan diameter yang lebih besar.

Cara Pembuatan Pondasi Bore Pile

Selayaknya pembuatan pondasi pada umumnya, prinsip pembuatan pondasi ini pada dasarnya sama. Yaitu dengan mengebor tanah hingga kedalaman tertentu, memasukkan tulangan besi ke dalamnya, lalu kemudian dicor. Yang membedakan adalah lubang untuk pondasi bore pile digali dengan menggunakan mini crane yang tergolong alat berat.

Proses Pengujian dan Evaluasi Kualitas Pondasi Bore Pile

Proses pengujian dan evaluasi kualitas pondasi bore pile melibatkan penggunaan alat seperti statik load test dan sonic integrity test untuk menguji kekuatan dan integritas bore pile. Selain itu, pemeriksaan visual dan pengambilan sampel tanah juga dilakukan. Hasil pengujian tersebut dievaluasi untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan spesifikasi teknis yang ditetapkan.

Berapa Biaya Pembuatannya?

Biaya pembuatan pondasi bore pile bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi proyek, ukuran dan kedalaman bore pile, jenis tanah, dan biaya tenaga kerja di daerah tersebut. Perkiraan biaya rata-rata berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000 per meter, namun biaya tersebut dapat berbeda tergantung pada kompleksitas proyek dan spesifikasi teknis yang terlibat.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Kondisi & Tarif Tol Purbaleunyi Terbaru (Update Mei'24)

Kamis, 16 Mei 2024

image

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Banggai Laut

Rabu, 15 Mei 2024

image

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Singkawang

Rabu, 15 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel