gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Jenis Renovasi Apartemen

Fri Mar 15 2024

Mengenal Jenis Renovasi Apartemen

Fri Mar 15 2024


Punya apartemen pribadi dan ingin melakukan renovasi? Jangan langsung renovasi! Cek dulu peraturan-peraturan yang ditentukan oleh pengelola gedung. Para penghuni memiliki hak untuk melakukan perbaikan dan perombakan di unit mereka, dengan syarat tidak mengganggu kenyamanan penghuni lainnya. Ada hal-hal penting yang perlu dipahami terutama tentang apa saja yang menjadi tanggung jawab pengelola gedung dan apa yang menjadi tanggung jawab penghuni.

Baca Juga: Apakah Low Rise Apartment Lebih Murah Dibanding Apartemen Biasa?

Jenis Renovasi di Apartemen

Perbaikan Apartemen oleh Pengelola Gedung

Saat Anda tinggal di sebuah apartemen, Anda biasanya akan dikenakan biaya servis atau pemeliharaan. Beberapa diantaranya yakni;

  • Perbaikan dan pemeliharaan struktur bangunan
  • Perbaikan dinding
  • Perbaikan jaringan listrik
  • Perbaikan jaringan pipa di seluruh gedung (plumbing)

Jadi, jika ada kerusakan seperti bocornya plafon, stop kontak yang tidak berfungsi, atau kebocoran pipa di kamar mandi, Anda seharusnya segera melaporkannya kepada pengelola gedung. Mereka akan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan.

Renovasi Apartemen oleh Penghuni

Untuk renovasi apartemen yang bersifat sekunder, seperti perubahan tata letak interior atau peningkatan estetika unit, tanggung jawab sepenuhnya ada pada penghuni. Namun, penting untuk tetap memberi tahu pengelola gedung tentang rencana renovasi Anda. Hal ini disyaratkan agar renovasi mematuhi standar yang telah ditetapkan oleh pengelola dan tidak mengganggu penghuni lainnya.

Beberapa contoh renovasi interior yang menjadi tanggung jawab penghuni termasuk pembuatan dapur set, penggantian lantai keramik, atau pemasangan partisi ruangan. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pengelola gedung sebelum memulai proyek renovasi Anda. 

Tinggal di apartemen memang berbeda dengan tinggal di rumah tapak, karena dalam apartemen, ada aturan dan tanggung jawab bersama yang harus diikuti demi menjaga kenyamanan bersama dan kualitas hunian. Dengan pemahaman yang baik mengenai pembagian tanggung jawab ini, Anda dapat menjalani proses renovasi dengan lancar dan menghindari potensi konflik dengan pengelola gedung dan tetangga sekitar.

Apabila Anda berencana melakukan renovasi maupun perbaikan rumah atau apartemen, Gravel dapat membantu Anda. Pilih tukang sesuai kebutuhan Anda di aplikasi Gravel sekarang!  


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel