gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pintu Emergency Exit di Rumah: Pentingkah untuk Dipertimbangkan?

Tue Feb 13 2024

Pintu Emergency Exit di Rumah: Pentingkah untuk Dipertimbangkan?

Tue Feb 13 2024


Kita sudah familiar dengan adanya emergency exit atau pintu darurat di gedung-gedung tinggi seperti kantor, apartemen, dan hotel. Namun untuk di rumah tinggal masih sangat jarang yang memiliki akses darurat seperti ini, padahal fungsinya penting.

Emergency exit seharusnya bukan hanya untuk bangunan-bangunan besar, tapi juga diterapkan di rumah tinggal karena bisa menyelamatkan penghuninya kalau ada kejadian darurat. Simak penjelasan Gravel soal emergency exit atau pintu darurat.

Baca juga: Desain Pintu Rumah Terpopuler Untuk Berbagai Tipe Rumah

Kenapa Emergency Exit Penting?

Pintu keluar darurat ini penting untuk ada di rumah untuk mengevakuasi ketika terjadi kebakaran, gempa bumi, longsor, atau bencana lainnya yang dapat mengancam jiwa. Dengan adanya emergency exit, diharapkan bisa memudahkan pengguna bangunan tersebut untuk menyelamatkan diri dalam kondisi darurat. Seperti namanya, sebaiknya pintu darurat digunakan dalam keadaan darurat atau saat pintu utama tidak lagi bisa digunakan. 

Lalu, apakah sebaiknya pintu darurat dan pintu utama dipisah? Jawabannya adalah ya. Seperti pada gedung-gedung besar lainnya, pintu darurat bukanlah pintu yang digunakan dalam kegiatan/aktivitas sehari-hari. Nah, kalau sebaiknya berbeda, terus penerapannya seperti apa? Simak penjelasan di bawah.

Emergency Exit untuk di Rumah

Untuk di rumah, emergency exit bisa berupa pintu samping atau pintu belakang yang memiliki akses penyelamatan. Yang penting, pintu untuk masuk ke dalam rumah dan pintu darurat harus berbeda. 

Arah buka pintu juga harus mengarah keluar, supaya ketika kondisi darurat sedang terjadi, pintu tersebut dapat mudah terbuka dengan didorong keluar tanpa harus repot-repot menarik pintu. Selain itu, perhatikan faktor keamanan dari pintu darurat yang telah direncanakan. Jangan sampai, pintu darurat menjadi celah maling untuk masuk ke dalam rumah dengan aman. Pemasangan kamera CCTV pada pintu darurat juga direkomendasikan, untuk keperluan keamanan dan rekam jejak apabila terjadi hal darurat

Untuk Anda yang ingin menambahkan pintu darurat di rumah, manfaatkan jasa tukang dari Gravel. Download aplikasi Gravel dan langsung pesan tukang sekarang. Tukang bangunan Gravel akan bantu Anda dalam mewujudkan keinginan konstruksi rumah Anda.

Apakah Pintu Darurat Bisa dibuka Dari Luar?

Pintu darurat umumnya dirancang untuk hanya dapat dibuka dari dalam guna memastikan keamanan penghuni dalam situasi darurat. Hal ini dilakukan untuk mencegah akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak tepat dari pintu tersebut. Oleh karena itu, dalam kebanyakan kasus, pintu darurat tidak dapat dibuka dari luar tanpa menggunakan alat khusus atau kunci tertentu. Kebijakan ini diimplementasikan sebagai langkah perlindungan untuk memastikan bahwa pintu darurat hanya digunakan dalam keadaan darurat.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel