gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Perekat Keramik Lantai: Kenali Kelebihannya Agar Tidak Salah Pilih!

Thu Dec 07 2023

Perekat Keramik Lantai: Kenali Kelebihannya Agar Tidak Salah Pilih!

Thu Dec 07 2023


Apa itu Perekat Keramik Lantai?

Perekat keramik lantai atau tile adhesive adalah lem khusus yang digunakan untuk merekatkan keramik agar kuat, sekaligus untuk melindungi keramik dari kerusakan. 

Memilih perekat keramik lantai yang tepat sangat penting untuk kerapian dan kekuatan pasangan keramik lantai. Tapi, dengan sekian banyak perekat keramik lantai, mana yang harus kita pilih?

Cara Memilih Perekat Keramik Lantai 

Dalam memilih dan menggunakan perekat keramik lantai, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah agar daya tahan keramik terjaga, pengaplikasiannya mudah, dan mudah juga pemeliharaannya. 

Berikut faktor memilih perekat keramik lantai yang harus diperhatikan: 

  • Pilih jenis perekat keramik mudah digunakan. Dapat diaplikasikan pada alas tanpa mengendur, mengembung atau pecah ketika digunakan pada keramik yang berat.
  • Daya rekatnya tinggi, agar memperkecil kemungkinan keramik lepas.
  • Waktu pengeringannya terukur agar proses pemasangan keramik dapat berjalan lancar dan cepat selesai. 
  • Daya tahan tinggi dan turun menjaga kekuatan keramik agar tidak mudah rusak.

Jenis Perekat Keramik

Perekat keramik lantai tersedia dalam beberapa jenis, ada yang berbasis semen dan berbasis resin. Perekat berbasis semen biasanya lebih murah, namun cenderung lebih rapuh dan mudah pecah. Sedangkan perekat berbasis resin, cenderung lebih fleksibel dan tahan lama.

Selain itu, perekat keramik lantai juga punya waktu pengeringan yang berbeda-beda. Selain tergantung pada jenis dan merek perekat yang digunakan, kondisi di lokasi pemasangan juga sangat berpengaruh. Biasanya, perekat keramik lantai dapat mengering dalam waktu 24-48 jam.

Cara Pengaplikasian Perekat Keramik Lantai

Permukaan lantai yang akan ditempeli keramik harus dibersihkan dari minyak, kotoran, dan bahan lainnya yang bisa mengurangi daya rekat perekat keramik lantai. Pastikan permukaan lantai sudah rata, supaya pemasangan keramik bisa rapi nantinya.

Perekat keramik lantai harus diaplikasikan dengan roskam bergerigi supaya distribusi perekatnya merata sempurna, dan keramik bisa melekat lebih kuat. Setelah perekat keramik lantai diaplikasikan, pastikan untuk membiarkan perekat mengering dengan sempurna sebelum melakukan aktivitas apapun di atasnya.

Baca juga: Begini Cara Pemilihan Keramik Lantai Motif Kayu yang Benar!

Cara Pemakaian Perekat Keramik Lantai di Area Khusus

Untuk pemakaian di luar ruangan seperti pada teras, pastikan untuk memilih perekat keramik lantai yang tahan cuaca dan tahan air, supaya pasangan keramik tidak cepat rusak.

Untuk pemakaian pada area dengan tingkat kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau dapur, ada jenis perekat keramik lantai yang dirancang khusus untuk ini lho! Pastikan untuk memilih jenis perekat yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memilih dan menggunakan perekat keramik lantai yang tepat, Anda dapat memastikan hasil yang maksimal dan tahan lama!

Penulis: Galuh Zulaikha
 


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel