gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Plafon Ambruk di Kantor Baim Wong, Apa Saja Penyebab Plafon Ambruk?

Wed Jan 31 2024

Plafon Ambruk di Kantor Baim Wong, Apa Saja Penyebab Plafon Ambruk?

Wed Jan 31 2024


Plafon ambruk bukanlah kejadian yang langka, dan baru-baru ini, kantor baru milik Baim Wong juga mengalami kejadian serupa. Meskipun plafon ambruk terkadang dianggap sebagai masalah umum pada bangunan tua, kejadian ini juga bisa terjadi pada bangunan yang relatif baru. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab plafon ambruk, terutama pada bangunan baru.

Penyebab-plafon-ambruk

(Sumber: Fin.co.id)

Salah satu penyebab utama plafon ambruk pada bangunan baru adalah pemasangan yang tidak tepat. Rangka plafon dan bidang plafon harus terpasang dengan benar ke struktur bangunan. Jika rangka plafon tidak cukup kuat atau bidang plafon tidak terpasang dengan benar, plafon bisa ambruk tiba-tiba. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pemasangan plafon dilakukan dengan tepat sesuai dengan spesifikasinya.

 

14-DES-2023_5.png

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kekuatan rangka plafon. Plafon masa kini memiliki beragam jenis dengan bobot dan dimensi yang berbeda. Jika rangka plafon tidak cukup kuat untuk menopang berat papan plafon, maka plafon bisa ambruk. Pemilihan rangka plafon yang sesuai dengan jenis plafon dan perhitungan bobot yang tepat adalah langkah krusial untuk mencegah kejadian ini.

Plafon yang rusak akibat kelembaban juga dapat menjadi penyebab ambruk, terutama pada plafon jenis gipsum. Meskipun bangunan relatif baru, plafon dapat menjadi lembab dan menyerap air jika terjadi kebocoran. Proses penyerapan air ini dapat merusak struktur plafon dan menyebabkan kelemahan, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan plafon lepas dari rangka plafonnya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa atap dan dinding bangunan terhindar dari kebocoran yang dapat merusak plafon.

Untuk menghindari plafon ambruk akibat penyebab di atas, perlu dilakukan pemasangan plafon dengan memperhatikan spesifikasi yang telah ditetapkan. Rangka plafon harus dipilih dengan dimensi yang sesuai dengan jenis plafon, dan pemasangan harus dilakukan dengan jarak yang seragam. Selain itu, menjaga kekeringan bangunan dan menghindari kebocoran akan membantu mencegah plafon dari kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban.

Dengan memahami penyebab plafon ambruk dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai, dapat meminimalkan risiko terjadinya kejadian ini pada bangunan baru. Keberhasilan pemasangan, pemilihan material yang tepat, dan perawatan bangunan secara menyeluruh adalah kunci untuk menjaga integritas plafon dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Dengan demikian, menjaga keamanan dan kualitas bangunan adalah investasi jangka panjang yang penting.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel