gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Dak Keraton: Kelebihan dan Kekurangan dalam Penerapannya

Wed Apr 03 2024

Dak Keraton: Kelebihan dan Kekurangan dalam Penerapannya

Wed Apr 03 2024


Web Banner_Gravel Borongan.png

Apa itu Dak Keraton?

Dak keraton ini sebenarnya adalah singkatan dari ‘keramik beton’. Dak keramik beton ini terbuat dari material tanah liat yang dibakar. Sepintas, bentuknya seperti bata merah yang berlubang, namun dak keraton mempunyai cara pengaplikasian yang berbeda dengan bata merah. 

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Dak keraton ini digunakan untuk sebagai dak lantai atas. Dak keraton ini dapat dirangkai dengan tulangan baja, dengan cara memasukkan tulangan beton pada rongga keramik beton. Sela-sela keramik beton ini kemudian diisi dengan cor beton agar lebih kuat dan menjadi satu kesatuan. Dengan volume yang sama, dak keraton ini lebih ringan dibanding cor beton konvensional. 

banner-maintenance copy.png

Baca juga: Intip Inspirasi 5 Model Dak Teras Atap Minimalis Modern Disini!

Keunggulan Mengaplikasikan Dak Keraton

Keramik Beton memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

  • Tahan Lama

Keramik Beton dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan material bangunan lainnya, karena memiliki ketahanan terhadap korosi dan serangan kimia.

banner-pesan-tukang copy.png

  • Kekuatan 

Keramik Beton memiliki kekuatan yang luar biasa, sehingga dapat menahan beban berat. Sudah teruji kekuatannya melalui serangkaian loading test. Dengan ketebalan dak 15cm dan bentang 3,6 meter, dak keraton mampu menahan beban hingga 500kg/m2, sehingga cocok untuk menambah lantai pada rumah tinggal!

Baca juga: Pakai Kanopi Transparan Bikin Rumah Jadi Estetik!

  • Dak Beton Mudah Dipasang

Pemasangannya pun lebih cepat, karena keramik beton tinggal dirangkai dengan besi tulangan dan hanya mengecor sedikit di sela-selanya.

  • Awet

Dak keramik Beton tidak mudah rusak, sehingga juga tahan lama dalam waktu yang relatif panjang.

Baca juga: Inspirasi Kanopi Gantung Terkini 2023!

  • Tahan cuaca

Dak keramik beton tidak akan minim kerusakan akibat kondisi cuaca, seperti hujan, bahkan dalam jangka waktu yang lama.

  • Lebih Hemat

Pengecoran penunjang dak beton ini pun tidak membutuhkan banyak bekisting dan penyangga, sehingga pastinya lebih hemat.

Kelemahan Mengaplikasikan Dak Keraton

  • Tidak Bisa Menahan Beban Terlalu Berat

Meskipun memiliki kekuatan yang lumayan. Dibanding dengan cor beton konvensional, satu-satunya kelemahan dak beton ini memang tidak bisa menahan beban terlalu berat, sehingga hanya cocok untuk bangunan bertingkat rendah saja. Dak keramik beton yang banyak dipakai untuk rumah tinggal ini kekuatannya setara dengan dak beton K175 atau K200.Tidak seperti dak beton konvensional, dak keraton memiliki maksimum bentang 4 meter sehingga tidak cocok untuk bangunan bentang lebar. Untuk rumah tinggal, bentang 4 meter tergolong cukup.

Penggunaan Dak Keraton dalam Arsitektur Modern

Dak keraton tidak hanya menjadi pilihan praktis dan ekonomis untuk struktur lantai atas, tetapi juga telah menjadi elemen penting dalam desain arsitektur modern. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan dak keraton dalam proyek arsitektur modern.

  • Estetika Tampak Modern: Dak keraton memberikan tampilan yang bersih dan modern pada bangunan, menyatu dengan gaya arsitektur kontemporer.
  • Fleksibilitas Desain: Keraton tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, memungkinkan arsitek untuk menciptakan desain yang unik dan inovatif.
  • Kepedulian Lingkungan: Dak keraton sering kali dipilih karena sifatnya yang ramah lingkungan. Bahan dasarnya yang terbuat dari tanah liat merupakan sumber daya alam yang melimpah dan dapat didaur ulang.
  • Kestabilan Termal: Dak keraton memiliki kemampuan menahan perubahan suhu yang ekstrem, menjadikannya pilihan yang ideal untuk iklim tropis seperti di Indonesia.

Bagaimana Harga dan Estimasi Biaya Pembuatan Dak Keraton?

Harga dan estimasi biaya pembuatan dak keraton dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran bangunan, kompleksitas desain, lokasi geografis, dan biaya bahan dan tenaga kerja di daerah tersebut. Secara umum, dak keraton cenderung memiliki biaya yang relatif tinggi dibandingkan dengan jenis atap tradisional lainnya. Estimasi biaya pembuatan dak keraton per meter persegi dapat berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada faktor-faktor tersebut. Penting untuk mendapatkan penawaran dari beberapa kontraktor atau ahli atap untuk mendapatkan estimasi biaya yang lebih akurat sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel